NEWS

Review Suzuki SX4 S-Cross : Crossover Tangguh Bergaya Mewah

Review Suzuki SX4 S-Cross : Crossover Tangguh Bergaya Mewah Review Suzuki SX4 S-Cross : Crossover Tangguh Bergaya Mewah

Mengusung tagline “The New Tough Crossover”, Suzuki SX4 S-Cross merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang mencari crossover 5 penumpang yang tangguh dan gaya.

Desain yang kompak khas hatchback berpadu dengan spesifikasi tangguh khas SUV. Ini memberikan Anda nuansa berkendara ala sedan namun tetap handal untuk medan yang menantang.

Seperti apa spesifikasi dan desain SUV kompak Garapan Suzuki ini? Apa saja fitur dan kelebihannya?

Simak ulasannya.

Spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross 2021

Bertarung di kelas crossover,  spesifikasi mesin SX4 S-Cross terbilang cukup mumpuni dengan mesin 1.491 cc, 16 katup, DOHC.

Tarikannya memang tidak sekuat mesin yang telah menggunakan teknologi turbo. Namun, daya maksimal 109 PS/6.000 rpm dan torsi maksimal 138/4.400 rpm lebih dari cukup untuk menjalankan fungsinya sebagai compact SUV.

Spesifikasi Mesin

SX4 S-Cross

Seri mesin

M15A

Tipe mesin

16 katup, DOHC, VVT

Isi silinder (cc)

1.491

Daya maksimum (PS/rpm)

109 / 6.000

Torsi maksimum (Nm/rpm)

138 / 4.400

Sistem bahan bakar

Multipoint injection

Performa

Di lapangan, performa Suzuki SX4 S-Cross 2021 saat pengujian memang tidak mengecewakan, meski juga tidak lebih menonjol dari kompetitor lain.

Akselerasi SX4 S-Cross dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 12,5 detik. Cepat, namun tidak istimewa.

Begitu juga dengan konsumsi BBM yang mencapai 13 km/liter untuk dalam kota dan 20 km/liter untuk perjalanan luar kota. Tergolong standar untuk pemakaian stop and go, namun sangat irit dan unggul di kecepatan tinggi.

Perbandingan

SX4 S-Cross

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

12,5

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

13

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

20

Kapasitas tangki (liter)

48

Dimensi

Dengan dimensi Suzuki SX4 S-Cross yang terbilang standar, faktanya ternyata tergolong cukup berat. Bobotnya mencapai 1.670 kg dimensi PxLxT = 4.300 x 1.785 x 1.595 mm.

Secara ukuran merupakan standar hatchback, namun bobotnya sekitar 200-300 kg lebih berat dari beberapa kompetitornya.

Dimensi

SX4 S-Cross

P x L x T (mm)

4.300 x 1.785 x 1.595

Bobot (kg)

1.670

Ground Clearance (mm)

185

Wheelbase (mm)

2.600

Ini mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa performa Suzuki SX4 S-Cross terbilang standar meski dengan spesifikasi mesin yang lumayan.

Selain itu, desain dan fiturnya yang termasuk lengkap bisa jadi berhubungan dengan beratnya yang ekstra.

Desain Eksterior

Bagian depan eksterior Suzuki SX4 S-Cross sangat mewakili kesan tangguh dari SUV ini.

Desain front grille yang lebar dan tinggi dengan deretan garis vertikal memberikan kesan tangguh sesuai tagline-nya.

Di sisinya, headlamp LED projector dengan auto leveling dan headlights on terpasang sempurna di bawah lekuk kap yang berotot. Tampilannya jadi makin garang, khas SUV.

Meski begitu, bagian sisi dan belakang (rear) terlihat standar tanpa fasad yang istimewa. Hanya roof rails dan skid plate dengan aksen silver yang membuatnya tampak lebih elegan dan premium.

Desain Interior

Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross paling utama justru tampak di desain interior dan fitur-fiturnya.

Jarak poros roda yang cukup panjang (2.600 mm) memberikan ruang kabin yang lapang. Meski diisi 5 orang, ruang untuk kaki maupun kepala masih terasa lebar dan nyaman.

Tak hanya ruang penumpang, luas bagasi pun cukup besar, mencapai 430 liter. Fitur 60:40 rear seat back membuat interior kabin lebih fungsional dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Selain lapang, kesan stylish dan mewah juga hadir dengan adanya leather premium dan desain dashboard yang modern.

Desain head unit touchscreen dan MID tampak simpel namun atraktif. Begitu juga dengan wheel steering yang telah mengadopsi fitur Tilt dan Telescopic, jadi sangat nyaman bagi pengemudi.

Fitur Suzuki SX4 S-Cross 2021 dari Keamanan hingga Kenyamanan

Untuk keamanan, SX4 S-Cross telah menggunakan built Monocoque dan Tect Body. Dengan demikian, impact benturan akan terdistribusi ke seluruh body mobil dan mengurangi tekanan pada penumpang.

Selain itu, ada juga dual SRS airbag untuk keamanan lebih lanjut pengemudi dan penumpang di bagian depan.

Adapun untuk pencegahan, teknologi Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution aktif mencegah mobil dari slip. Sebagai pelengkap, fitur isofix child seat memberikan keamanan ekstra bagi balita selama berkendara.

Selain fitur keamanan tersebut, fitur lain seperti auto climate A/C dan audio switch control dengan 4 speaker dan 2 tweeter membuat perjalanan terasa nyaman.

Terlebih bagi pengemudi, adanya auto rain sensor, start/stop button, hingga cruise control menjadikan SX4 S-Cross salah satu crossover paling enak untuk perjalanan jauh.

Harga Suzuki SX4 S-Cross 2021

Dari review Suzuki SX4 S-Cross di atas, jelas crossover ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memadukan kelengkapan fungsi, efektivitas fitur, dan kecanggihan desain.

Meski secara performa sedikit di bawah kompetitor, namun secara harga vs value, jelas melebihi ekspektasi Anda.

Harga New Suzuki SX4 S-Cross dibanderol mulai dari Rp 320 juta-an. Dengan fitur yang lengkap dan desain yang cakap, nilai ini jelas sebanding dengan manfaat dan keunggulan yang Anda dapatkan.

Untuk mendapatkan harga SX4 S-Cross terbaik, Anda bisa memesannya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan DP murah mulai dari 15% dan bunga ringan dari 2,3%, serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Suzuki yang disajikan MOAS.

Mau mencoba dulu sebelum membeli? Daftarkan diri Anda untuk test drive Suzuki SX4 S-Cross di dealer terdekat di kota Anda melalui customer service kami selama jam kerja.

Call center