NEWS

Review Yamaha Xabre : Tangguh dan Nyaman

Review Yamaha Xabre : Tangguh dan Nyaman Review Yamaha Xabre : Tangguh dan Nyaman

Kompetisi di kelas naked sport bike kian ramai dengan kehadiran Yamaha Xabre. Motor sport naked yang pertama rilis di Thailand ini menjadi salah satu tunggangan yang mendapat sambutan luas di masyarakat.

Nantinya, Yamaha Xabre akan bertarung memperebutkan pasar dengan Honda CB150, Suzuki GSX, hingga sesama Yamaha dari varian Vixion dan Byson.

Lalu, seperti apa spesifikasi Yamaha Xabre sebagai modal berkompetisi tersebut? Bagaimana performanya, serta apa saja fitur dan kelebihannya?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Yamaha Xabre

Seperti sportbike lain dari Yamaha, tipe Xabre juga mengusung mesin 4 tak dengan noken as tunggal (SOHC) sebagai dapur pacunya. Tipe mesin ini membuat tarikan Xabre tetap kuat dan stabil di segala tingkat kecepatan.

Meski mengandalkan mesin SOHC, bukan berarti Xabre bakal boros. Teknologi injeksi dari Yamaha menjamin pasokan tenaga yang responsif dengan BBM yang irit.

Selain itu, Yamaha Xabre telah dipersenjatai dengan forged piston dan silinder diasil seperti pada mesin motor balap. Ini membuat mesin Xabre dapat 3x lebih kuat, ringan, dan awet hingga 5 tahun atau 50.000 km.

Di atas kertas, performa Yamaha Xabre seharusnya cukup mumpuni untuk menduduki jajaran motor sport naked terbaik. Dengan perbandingan kompresi mesin 10,4: 1, daya maksimumnya mencapai 12,0 kW di 8.500 rpm.

Begitu juga dengan torsi maksimalnya yang mencapai 14,3 Nm pada 7.500 rpm. Hanya terpaut sedikit dari kakaknya, Yamaha R15, yang mencapai torsi maksimum 14,7 Nm di 8.500 rpm.

Spesifikasi Mesin

Xabre

Tipe Mesin

4-stroke, 4 valve, SOHC

Kapasitas

150 cc

Sistem Bahan Bakar

Fuel injection

Daya maksimum

12,0 Kw/8.500 rpm

Torsi maksimum

14,3 Nm/7.500 Rpm

 

Performa

Lantas, bagaimana dengan performa Yamaha Xabre 150 cc di jalan?

Dari hasil pengetesan, akselerasi Yamaha Xabre tak kalah jauh dari kakaknya, Yamaha R15 dari tipe fairing sportbike. Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari posisi 0, Xabre hanya membutuhkan 4,51 detik.

Ini berarti selisihnya hanya terpaut 0,06 detik dari R15 yang mencapai 4,45. Dengan kata lain, perbedaannya nyaris tak terdeteksi.

Selain itu, konsumsi BBM-nya juga terbilang irit meski termasuk ke dalam varian motor sport. Untuk penggunaan dalam kota, 1 liter BBM Ron 92 mampu mencapai jarak 37,5 km.

Bahkan, untuk penggunaan luar kota, jarak tempuh dengan 1 liter BBM Ron 92 mencapai 44,5 km. Luar biasa irit, bukan?

Performa

Xabre

Akselerasi 0-60 km/jam

4,55 detik

Konsumsi BBM dalam kota

37,5 km

Konsumsi BBM luar kota

44,5 km

 

Desain Yamaha Xabre

Dari segi desain, Yamaha R15 tampak bongsor lebar mencapai 795 dan tinggi 1.065 mm. Selain itu, tinggi jok dan jarak terendah ke tanahnya juga cukup lumayan untuk kelas motor sport.

Dimensi

Xabre

Panjang (mm)

1.959

Lebar (mm)

795

Tinggi (mm)

1.065

Wheelbase (mm)

1.350

Ground Clearance (mm)

164

Seat Height (mm)

805

Berat Isi (kg)

135

 

Ini membuat posisi pengendara lebih tegak dan nyaman untuk perjalanan jauh. Dalam pengujian untuk touring di atas 100 km, rasa pegal justru lebih tidak terasa daripada saat menggunakan motor sport tipe fairing.

Posisi jok yang lebih tinggi dan kurang condong ini juga membuat penumpang lebih nyaman daripada saat boncengan di tipe motor sport lain.

Salah satu yang terlihat menonjol adalah tampilan suspensi Yamaha Xabre yang mewah dan gahar. Dengan sepuhan warna emas, suspensi teleskopik upside-down ini memberikan tampilan yang terlihat mahal.

Selain itu, lampu depan headlight Yamaha Xabre telah menggunakan full LED. Ini membuatnya terlihat lebih mewah sekaligus awet dan tahan lama.

Kenyamanan Berkendara

Yamaha tampaknya lebih berfokus pada kemampuan dan fungsi Xabre sebagai naked sport bike. Efeknya, tak tampak fitur tambahan yang membuat Yamaha Xabre istimewa.

Meski begitu, kenyamanan mengendarai Xabre dari sisi handling, akselerasi, suspensi yang empuk, hingga posisi jok dan stang yang ergonomis jelas terasa. Ini kelebihan Yamaha Xabre di kelas motor sport naked.

Kelebihan

Dari uraian di atas, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri di setiap segi.

Kesimpulannya bisa Anda lihat di tabel berikut.

Model

Xabre

Keunggulan

Desain ergonomis,

handling stabil dan mantap,

suspensi upside down mewah dan empuk,

full LED headlamp.

 

Harga Yamaha Xabre

Sebagai varian naked, Yamaha Xabre 2021 dibanderol dengan harga yang lebih rendah dari tipe fairing. Harga motor Yamaha Xabre cukup terjangkau mulai dari Rp 30 juta-an.

Ingin memiliki Xabre dengan cara yang lebih terjangkau? Manfaatkan saja fasilitas pembiayaan dari MUF Online Autoshow (MOAS). Dengan cicilan mulai dari Rp 1,1 juta-an, Anda sudah bisa membawanya pulang.

Jangan lewatkan juga promo kredit motor Yamaha yang disajikan MUF Online Autoshow. Segera hubungi call center 1500824 atau melalui online chat dan dapatkan berbagai penawaran menarik.

< Kembali