Subaru WRX Wagon membangkitkan ikon rally legendaris, lalu memadukannya dengan kepraktisan mobil keluarga.
Hadir di Indonesia sejak 2023 dalam dua trim, yakni GTS dan tS, WRX Wagon memang menyuguhkan pengalaman berkendara yang tidak seperti MPV biasa.[1]
Mari cari tahu lebih lanjut tentang apa yang membuatnya begitu menarik.

Baik Subaru WRX Wagon tS Eyesight sebagai varian tertinggi maupun GTS, dibekali mesin Boxer 2.4L turbocharged bertenaga 271 hp dan torsi 350 Nm.
Konfigurasi flat-four atau boxer engine memberi keunggulan dari sisi kestabilan serta distribusi bobot yang rendah.
Output mesin ini disalurkan ke seluruh roda melalui sistem AWD simetris yang sudah jadi identitas Subaru.
Namun, transmisinya bukan sekadar CVT konvensional. Mereka menyebutnya Subaru Performance Transmission (SPT).
Intinya, sistem ini dirancang untuk mengubah karakter CVT dengan mensimulasikan perpindahan gigi layaknya DCT yang sporty.[2]
Menariknya lagi, karakter CVT tersebut dapat berubah tergantung pada mode berkendara yang Anda aktifkan dan seberapa dalam pedal gas diinjak.
Hasilnya? Anda mendapatkan sensasi berkendara yang sangat adaptif dalam berbagai kondisi.
|
Spesifikasi |
WRX Wagon |
|
Tipe Mesin |
2.4L Turbocharged Boxer |
|
Isi Silinder (cc) |
2387 |
|
Daya Maksimum (PS) |
275 |
|
Torsi Maksimum (Nm) |
350 |

Subaru WRX Wagon AWD bukan tipe mobil yang “ngamuk” di putaran bawah, tetapi sangat andal untuk overtake di tol atau jalan perkotaan.
Angka akselerasi 0–100 kpj hanya 6,2 detik. Cepat, tetapi yang lebih penting mobil ini menyalurkan tenaganya secara linier, tenang, dan tidak bikin panik.
Sementara itu, konsumsi BBM Subaru WRX Wagon berdasarkan pengetesan pihak ketiga tercatat 8,6 kmpl untuk rute dalam kota dan 13,6 kmpl untuk rute tol.[3]
Meskipun angka-angka performa dasar identik, pengalaman berkendaranya terasa sangat berbeda antara varian tS dan GTS.
Khusus Subaru WRX Wagon tS (tuned by STI), Anda akan mendapatkan rasa berkendara yang lebih agresif.
Hal ini berkat penambahan suspensi adaptif yang membuat setelannya bisa disesuaikan, dari Normal sampai mode Sport.
|
Performa |
WRX Wagon |
|
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
6,2 |
|
Kecepatan Maksimum (kpj) |
215 |
|
Konsumsi BBM dalam kota (kmpl) |
8,6 |
|
Konsumsi BBM luar kota (kmpl) |
13,6 |
|
Kapasitas tangki (liter) |
63 |

Dimensi Subaru WRX Wagon untuk kedua varian tidak berbeda, panjangnya 4.755 mm dan wheelbase 2.670 mm.
Sementara dari sisi tampilan, implementasi konsep “BOLDER” menghasilkan siluet wagon yang sporty, modern, dan maskulin.[4]
Bagian depan memiliki air scoop di atas kap yang sudah jadi ciri mobil WRX. Bedanya dengan WRX Sedan, pada model Wagon ini bumpernya terlihat bersih tanpa cladding tambahan.[5]

Kemudian dari sisi samping, Subaru menggunakan velg dual-tone berdiameter besar. Pada trim tS, desain velg-nya agak berbeda dengan GTS.
Di luar itu, varian tertinggi juga mendapat identitas unik berupa emblem “STI” yang tersemat di gril depan dan pintu bagasi.
Terakhir, bukaan pintu bagasinya menggunakan hands-free elektrik. Fitur ini sangat memudahkan akses ke area penyimpanan belakang.
|
Eksterior |
WRX Wagon |
|
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
4.755 x 1.795 x 1.500 |
|
Ground Clearance (mm) |
140 |
|
Wheelbase (mm) |
2.670 |
|
Velg (inci) |
18 |

Seperti dugaan Anda, interior Subaru WRX Wagon layaknya mobil balap, terutama varian tS.
Sensasi tersebut dapat langsung Anda rasakan begitu duduk di kursi pengemudi. Posisinya rendah sehingga memberikan visibilitas optimal. Itu berkat desain pilar A yang ramping.

Perbedaan paling mencolok adalah desain jok. Subaru WRX Wagon GTS menggunakan jok kulit premium, yang sebenarnya sudah cukup elegan. Namun, tS satu level di atasnya dengan Ultrasuede, material khas mobil sport kelas atas.
Tujuan penggunaan material tersebut bukan hanya supaya terlihat sporty, tetapi juga memberi grip lebih baik ketika bermanuver cepat.

Selanjutnya, instrument cluster digital berukuran 4,2 inci menyajikan informasi berkendara secara jelas di hadapan pengemudi. Selain itu, terdapat layar sentuh berukuran 11,6 inci yang menjadi pusat hiburan sekaligus pengaturan AC digital.

Akan tetapi, lantaran WRX Wagon bukan sepenuhnya mobil balap, kenyamanan penumpang belakang tetap mendapat perhatian khusus.[6]
Ruang baris kedua lega dengan headroom dan legroom yang memadai. Ada ventilasi AC khusus, port USB, dan kursinya bisa dilipat dengan rasio 40/20/40 untuk bagasi ekstra.

Terakhir, faktor keselamatan menjadi prioritas lain Subaru.
Dari berbagai kelengkapannya, Subaru WRX Wagon Indonesia dibekali sistem keselamatan aktif EyeSight generasi ke-4 yang berbasis dua kamera stereo.[7]
Fitur-fitur utamanya mencakup ACC, LDP, LCC, AES, PCB, hingga Lead Vehicle Start Alert.[8]
Ditambah lagi dengan adanya beberapa fitur keselamatan preventif dan pasif seperti airbag untuk meningkatkan perlindungan bagi seluruh penumpang.
Harga Subaru WRX Wagon di Indonesia saat ini sudah naik dari harga awal rilis.[9] Semua tipe dibanderol di atas Rp1 miliar kecil.
Varian GTS mulai Rp1 miliar lebih 10 jutaan, sedangkan untuk varian tS Anda perlu menambah sekitar 50 jutaan lagi atau sekitar Rp1,06 miliar.
Jika Anda menginginkan wagon berperforma tinggi yang nyaman untuk keluarga sekaligus menyenangkan untuk trackday, harga tersebut sangatlah sepadan.
Segera ajukan kredit Subaru WRX Wagon dari MUF Online Autoshow (MOAS) dengan pilihan cicilan yang fleksibel dan proses cepat.