NEWS

Suzuki Jimny 5 Doors, SUV Legendaris Lebih Panjang & Luas

Suzuki Jimny 5 Doors, SUV Legendaris Lebih Panjang & Luas Suzuki Jimny 5 Doors, SUV Legendaris Lebih Panjang & Luas

Suzuki Jimny 5 Doors dari generasi keempat yang telah lama dinantikan akhirnya meluncur di Tanah Air pada Februari 2024.

Ini merupakan versi panjang dari SUV offroad legendaris, Jimny 3 Doors. Ruang kabinnya lebih luas, tangguh, dan juga membawa fitur-fitur canggih.

Setelah hadir di IIMS 2024, antusiasme tinggi penggemar Jimny di Indonesia sampai membuat PT SIS kewalahan memenuhi semua pesanan.

Bagi Anda yang juga tertarik memesan, simak dulu review Suzuki Jimny 5 Doors berikut untuk mengetahui apa saja keunggulannya.

Spesifikasi

Mesin Suzuki Jimny 5 Doors adalah K15B 1.5 L, sama halnya dengan Jimny 3 Doors, bahkan juga menjadi andalan MPV Suzuki Ertiga. Mesin ini dapat mencapai puncak tenaga di angka 101 HP dan torsi 130 Nm.

Keluaran tenaganya kemudian disalurkan melalui penggerak part-time 4WD dengan sistem All Grip Pro. Apa itu?

All Grip Pro adalah fitur unggulan Jimny yang memungkinkan pengendara memilih mode penggerak sesuai kebutuhan dan kondisi medan jalan.

Sementara transmisinya tersedia dalam dua varian, yaitu manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Setiap varian harganya sedikit berbeda.

Spesifikasi

Jimny (5 Doors)

Tipe Mesin

K15B 1.5L

Isi Silinder (cc)

1.462

Daya Maksimum (HP)

101

Torsi Maksimum (Nm)

130

Performa

Sejauh ini belum ada uji coba resmi untuk Suzuki Jimny 5 Doors 2024, tetapi kemampuannya diperkirakan tidak jauh berbeda dengan model tiga pintu.

Akselerasi 0-100 kpj varian manual mencatatkan waktu 13,64 detik, sedangkan varian otomatis 15,73 detik. Catatan waktu tersebut masih bisa lebih baik jika menggunakan mode 4L saat gigi rendah.

Pada puncaknya, Anda bisa mencapai top speed hingga 135 kpj dengan Suzuki Jimny. Mungkin memang bukan yang tercepat, tetapi ini sesuai dengan karakteristik Jimny yang fokus pada kemampuan offroad.

Pertanyaan selanjutnya, apakah Jimny 5 pintu boros bahan bakar?

Kabar baiknya, menurut angka WLTP, konsumsi BBM-nya rata-rata antara 14,08 kpl hingga 12,99 kpl, tergantung jenis transmisi dan gaya berkendara Anda.

Performa

Jimny (5 Doors)

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

13,64–15,73

Kecepatan Maksimum (kpj)

135

Konsumsi BBM rata-rata (km/liter)

14,08–12,99

Kapasitas tangki (liter)

40

Eksterior

Di Indonesia, Anda bisa memilih enam warna Suzuki Jimny 5 Doors single tone atau tiga pilihan warna dual tone. Selisih harganya cuma sekitar 3 jutaan.

Warna-warna yang tersedia memang berbeda dengan model 3 pintu. Namun, perbedaan utamanya adalah dimensi, di mana model 5 pintu lebih panjang 34 cm.

Ini terjadi setelah Suzuki menambahkan dua pintu untuk memudahkan akses ke bagian belakang dan juga agar ruang penyimpanan lebih luas.

Tenang, walaupun agak lebih panjang, ukurannya tetap compact karena masih di bawah 4 meter. Desain eksterior khas Jimny-nya pun tidak berubah.

Secara keseluruhan, hanya ada perubahan pada grille. Kali ini Suzuki mengadopsi warna abu-abu dengan tambahan aksen chrome.

Terakhir, dari sisi samping perubahan lainnya adalah jendela vertikal kecil di bagian ujung belakang, hasil dari penambahan panjang. Selebihnya, kurang lebih sama seperti Jimny model 3 pintu.

Sasis ladder frame dan ground clearance yang tinggi menambah kehandalan mobil ini di jalur offroad.

Eksterior

Jimny (5 Doors)

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.965 x 1.645 x 1.720

Ground Clearance (mm)

210

Wheelbase (mm)

2.590

Velg (inci)

15

Interior

Sesuai perkiraan, tujuan menambahkan dua pintu belakang adalah supaya ruang interior Suzuki Jimny 5 Doors lebih luas demi kenyamanan penumpang.

Ruang tambahan tersebut mengakomodasi jok baris kedua yang kini lebih besar, tebal, dan empuk.

Kemudian, konsol tengah juga mendapat perubahan kecil. Pada model 5 pintu, terdapat tombol untuk mengontrol jendela pintu belakang.

Bergeser ke depan, desain dasbor tidak berbeda, sederhana, namun fungsional. Perbedaannya hanya pada ukuran head unit yang semakin besar, yakni 9 inci.

Kelengkapan lainnya di interior Jimny meliputi power window, colokan 12 volt, USB type-A, dan masih banyak lagi.

Fitur Keamanan

Di sisi lain, Jimny 5 Doors menjadikan aspek keamanan sebagai prioritas. Itulah alasan mobil ini dilengkapi berbagai fitur keamanan canggih.

Fitur yang pertama yaitu enam airbags di bagian depan, samping, dan tirai kabin. Ditambah, Jimny 5 pintu juga memiliki Tect Body, teknologi rangka mobil yang dapat menyerap dan mendistribusikan energi benturan secara efektif.

Bagi pengemudi, ada pula beberapa fitur yang memudahkan Anda antara lain:

  • HSA
  • HDC
  • brake LSD
  • ESP

Pada saat hendak melakukan parkir, Anda juga akan mendapat bantuan Rear View Camera dan 4 Spots Parking Sensor.

Fitur Jimny

5 Doors

3 Doors

Panjang

3.965 mm

3.625 mm

Radius Putar

5,7 m

4,85 m

Warna grille

Abu-abu

Hitam

Head Unit

9 inci

6,8 inci

Harga

Rentang harga Suzuki Jimny 5 Doors di dealer mulai Rp465 jutaan hingga Rp478 jutaan. Varian transmisi otomatis berwarna dual tone menjadi varian yang paling mahal.

Tunggu apa lagi? Segera ajukan kredit Suzuki Jimny 5 pintu untuk merasakan sensasi berkendara yang khas dengan SUV ikonik satu ini. MUF Online Autoshow (MOAS) menawarkan pembiayaan dengan bunga rendah dan angsuran bulanan yang ringan.

< Kembali