NEWS

Suzuki New Baleno, Facelift dengan Banyak Fitur Baru

Suzuki New Baleno, Facelift dengan Banyak Fitur Baru Suzuki New Baleno, Facelift dengan Banyak Fitur Baru

PT SIS secara resmi memperkenalkan Suzuki New Baleno facelift pada Agustus 2022 di event GIIAS. Hatchback satu ini kabarnya mendapat banyak pembaruan.

Penyegaran terakhir Baleno yakni pada tahun 2019. Kali ini memang bukan peluncuran generasi teranyar, tetapi perubahannya cukup signifikan.

Suzuki masih mempertahankan desain liquid flow-nya, tetapi dengan tampilan yang fresh dan modern. Dapur pacunya pun menggunakan mesin baru.

Untuk tahu lengkapnya, langsung saja simak review Suzuki New Baleno berikut ini.

Spesifikasi

Mobil Suzuki New Baleno facelift tersedia dalam tujuh pilihan warna dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis tujuh percepatan.

Seperti beberapa facelift Suzuki yang lain, New Baleno akhirnya dibekali mesin tipe K15B berkapasitas 1,5 L yang terbukti efisien.

Mesin dengan 4 silinder dan 16 valves ini, dapat memuntahkan daya sampai dengan 103 HP dan torsi maksimum 138 Nm.

Upgrade dari sisi mesin benar-benar memberi suntikan tenaga yang lebih besar.

Sebelumnya beberapa jagoan Suzuki sudah lebih dahulu merasakan keandalan K15B, antara lain New Ertiga dan XL7 Alpha FF.

Akan tetapi, pemasangan K15B ke New Baleno diklaim menghasilkan performa yang lebih baik karena bobotnya ringan dan compact.

Spesifikasi

New Baleno

Tipe Mesin

K15B

Isi Silinder (cc)

1,462

Daya Maksimum (HP/rpm)

103/6.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

138/4.400

Performa

Tarikan mesin K15B di Suzuki New Baleno 2022 sangat halus dan responsif. Bahkan untuk akselerasi 0-100 km/jam kemungkinan mengungguli New Ertiga.

Perkiraan waktu tempuh 0-100 km/jam New Baleno antara 10-11 detik. Jadi, untuk kebutuhan harian dalam kota, mobil ini sudah lebih dari cukup.

Selain itu, efisiensi K15B juga semakin mengukuhkan New Baleno sebagai hatchback paling irit di kelasnya.

Hasil uji coba di trek perkotaan dengan kecepatan standar 20-an km/jam mencatatkan konsumsi BBM 15,9 km/liter.

Bodi yang compact dan bantingan suspensi empuk membuat New Baleno sangat lincah di jalanan. Di sisi lain mesinnya begitu bertenaga.

Performa

New Baleno

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10-11

Konsumsi BBM (km/liter)

15,9

Kapasitas tangki (liter)

37

Eksterior

Pada facelift kedua di generasi ini, Suzuki Baleno hatchback 2022 melakukan ubahan besar-besaran. Salah satu yang paling menonjol yaitu dari sisi eksterior.

Desain liquid flow masih belum berubah, tetapi jika diperhatikan tampilannya jadi terlihat modern.

Liquid flow adalah bahasa desain yang diusung Suzuki untuk Baleno sejak generasi terakhir. Desain ini mendukung manuver yang lebih dinamis.

Pertama, ukuran grill semakin besar dan meninggalkan pola honeycomb. Kemudian model bumper depannya kini berubah lebih tajam.

Pembaruan selanjutnya diberikan pada headlamp dan foglamp yang sudah LED projector. Di headlamp terdapat tiga signature LED berbentuk seperti cakar.

Untuk bagian samping, upgrade paling kentara, yaitu bagian velg. Selebihnya hanya ada penambahan ornamen chrome di jendela dan fitur spion elektrik.

Sementara bagian belakangnya dibekali desain bumper baru serta roof-end spoiler. New Baleno sekarang sudah memiliki sensor dan kamera parkir.

Eksterior

New Baleno

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.990 x 1.745 x 1.485

Ground Clearance (mm)

160

Jarak Poros Roda (mm)

2.520

Interior

New Baleno berkapasitas lima penumpang. Meskipun tidak terlalu besar, Suzuki mengklaim kabin New Baleno tetap lega. Sisa untuk bagasinya pun masih luas.

Suzuki Baleno interior terbaru lebih fokus pada modernisasi fitur. Misalnya seperti head-up display (HUD) yang informatif di depan setir.

Selanjutnya, dasbor mengalami perubahan drastis dibandingkan dengan facelift pertama. Terdapat head unit 6,8 inci yang dapat terintegrasi dengan HP Anda.

Pada setirnya, selain teleskopik terdapat cruise control dan tombol fungsi lainnya. Dengan begini, menjadi sangat praktis sehingga pengemudi bisa lebih fokus ketika menyetir.

Pada baris belakang, ruang untuk kaki cukup luas. Kelengkapannya meliputi door pocket, cup holder hingga slot USB untuk pengisian daya.

Fitur Keamanan

Total New Baleno memiliki 10 fitur keamanan, mulai kursi penumpang, mesin, bodi, hingga APAR.

Baleno facelift dilengkapi enam buah airbags, seat belt dan isofix untuk penumpang anak kecil di dalamnya.

Sistem pengeremannya pun lengkap, ditambah HHC untuk kondisi menanjak dan ESP untuk menjaga stabilitas saat berbelok.

Platform Heartect semakin meningkatkan keamanan dengan bodi yang ringan dan kokoh. Bahkan Suzuki juga memikirkan agar dapat meminimalkan dampak jika terjadi tabrakan dengan pejalan kaki.

Terakhir, untuk mengamankan mobil dari potensi pencurian, mesin New Baleno tidak akan menyala tanpa kunci aslinya.

Harga

Harga New Suzuki Baleno 2022 manual adalah kisaran Rp262 jutaan, sedangkan varian otomatisnya dibanderol kisaran Rp274 jutaan. Anda bisa menambah aksesori, seperti floor mat, mud flap, door visor, dan lain sebagainya dengan tambahan biaya.

Jika tertarik membawa pulang unit Suzuki New Baleno, pertimbangkan program kredit mobil Suzuki dari MUF Online Auto Show (MOAS). Tersedia pilihan cicilan dengan bunga ringan atau pembiayaan sistem syariah.

< Kembali