NEWS

Suzuki New Baleno vs Toyota New Yaris GR Sport, Fitur vs Gaya

Suzuki New Baleno vs Toyota New Yaris GR Sport, Fitur vs Gaya Suzuki New Baleno vs Toyota New Yaris GR Sport, Fitur vs Gaya

Memilih antara Suzuki New Baleno vs Toyota New Yaris GR Sport akan cukup sulit. Ini karena baik spesifikasi maupun fitur keduanya tidak beda jauh.

Kehadiran Suzuki New Baleno Facelift dengan tambahan fitur baru membuatnya semakin kompetitif dengan pesaingnya, Toyota Yaris. Apalagi dengan harga yang lebih ekonomis, New Baleno bisa jadi opsi yang lebih menarik.

Review komparasi Toyota New Yaris GR Sport vs Suzuki New Baleno mengulas perbandingan kedua mobil dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa,
  • Desain dan fitur, serta
  • Rekomendasi pembelian

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Bertarung di kelas city hatchback, baik New Baleno maupun Yaris GR Sport menggunakan mesin 1.5L dengan 4 silinder inline, 16 katup. Hasilnya, baik daya maupun torsi yang disemburkan pun tak jauh beda.

Yaris GR Sport 2022 memang sedikit unggul dengan maksimal daya 107 PS dan torsi 140 Nm. Namun, New Baleno 2022 menempel erat dengan daya 104 PS dan torsi 138 Nm.

Spesifikasi

New Baleno

Yaris GR Sport

Jenis Mesin

K15B

G16E-GTS

Tipe Mesin

In-line 4 cylinder, 16 valve

In-line 4 cylinder, 16 valve, DOHC

Isi Silinder (cc)

1.462

1.496

Daya Maksimum (PS/rpm)

104/6.000

107/6.000

Torsi Maksimum (Kgm/rpm)

138/4.400

140/4.200

Performa

Di atas kertas, performa kedua mobil tampaknya tak akan beda jauh dengan Yaris bakal lebih unggul. Akan tetapi, hasil pengujian justru menunjukkan sebaliknya.

Meski tak selisih jauh, Suzuki Baleno 2022 Indonesia justru lebih unggul dalam uji akselerasi 0-100 km/jam. Catatan waktu tempuhnya berada di bawah 11 detik, sedangkan Yaris GR Sport tembus 11,2 detik.

Tak hanya itu, konsumsi BBM New Baleno 2022 juga lebih irit dengan menembus angka 15 km/liter. Walau memang banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM, tapi setidaknya lebih unggul dari Yaris GR Sport yang mencatatkan angka 13 km/liter.

Performa

New Baleno

Yaris GR Sport

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10-11

11,2

Konsumsi BBM (km/liter)

15

13

Kapasitas tangki (liter)

37

42

Angka tersebut bukan berarti Toyota New Yaris GR Sport buruk, hanya saja mesin K15B New Baleno memang exceptional. Karena itu tak heran New Baleno Facelift ini kembali jadi opsi utama masyarakat urban di kelas mobil mungil hatchback.

Walau demikian, New Yaris GR Sport masih lebih unggul di segi transmisi dengan 5-percepatan manual dan 7-percepatan CVT. Adapun New Baleno hanya punya transmisi manual 4-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Desain Eksterior

“Sebagai kompetitor di kelas hatchback, baik Suzuki New Baleno maupun Toyota New Yaris GR Sport mengusung desain yang agresif dan sporty.”

Masih menggunakan filosofi liquid flow, New Baleno 2022 tampil lebih agresif dengan garis desain yang lebih tegas.

Grill depan memiliki detail menarik dengan logo Suzuki yang tampak superior di tengahnya. Desain headlampnya juga melebar ke samping, menimbulkan kesan agresif yang sulit dibendung.

Di sisi lain, New Yaris GR Sport tampil garang dengan grill trapezoid yang lebar dan tinggi. Desain headlamp yang sipit kian menegaskan kesan sporty dan berani yang dimiliki.

Tak banyak perbedaan di sisi samping. Ukuran velg sama 16” dan spion electric foldable jadi ciri yang sama. Meski demikian, molding Yaris GR Sport tampak lebih ramai dan kreatif.

Di sisi belakang, kesan sporty juga lebih terlihat pada Yaris GR Sport. Mulai dari desain bumper yang lebih atraktif, rear spoiler, hingga shark fin antenna bawaan. Sementara New Baleno masih menggunakan desain konvensional pada antena dan bumper belakangnya.

Secara keseluruhan, eksterior New Baleno 2022 masih khas hatchback, sedangkan eksterior Toyota New Yaris GR Sport sudah mendapatkan pengaruh desain SUV.

Desain Interior

“Desain yang compact dan sporty menjadi ciri khas dari interior Suzuki New Baleno dan Toyota New Yaris GR Sport.”

Meski berukuran mungil, ruang kabin kedua mobil terasa cukup nyaman untuk menampung 5 orang. New Baleno sedikit unggul di sisi tinggi dan lebar, sedangkan Yaris GR Sport agak lebih panjang dimensinya.

Dimensi

New Baleno

Yaris GR Sport

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.990 x 1.745 x 1.484

4.145 x 1.710 x 1.435

Ground Clearance (mm)

160

140

Jarak Poros Roda (mm)

2.520

2.550

Curb weight (kg)

1.430

1.045

Baik New Baleno maupun Yaris GR Sport memiliki dasbor dengan tampilan sporty dan padat.

Head display Yaris lebih besar berukuran 7” daripada milik New Baleno yang berukuran 6,8”. Keduanya mampu terkoneksi dengan smartphone untuk sistem audio dan infotainment, tapi hanya Yaris GR Sport yang memiliki fitur rear parking camera.

Kemudi kedua mobil sudah tilt & telescopic serta lengkap dengan tombol kontrol yang bervariasi. Lapisan leather premium juga membungkus kemudi kedua mobil.

Sedikit perbedaan, pada New Baleno sudah terdapat tombol cruise control, sedangkan New Yaris GR Sport punya tombol paddle shift untuk akselerasi yang lebih halus.

Selain itu, fitur kedua mobil relatif sama. Untuk kenyamanan, New Baleno menyediakan pengatur AC dan port USB charging bagi penumpang belakang. Adapun Yaris GR Sport menambahkan fitur air purifier yang membuat udara kabin lebih segar dan bebas polutan.

Fitur Keamanan

“Baik New Baleno 2022 maupun Yaris GR Sport 2022 sudah memiliki fitur keselamatan aktif dan pasif standar, tapi belum yang canggih.”

Fitur keselamatan aktif pada New Baleno 2022 meliputi Braking System (ABS+EBD+BA) serta stability dan hill hold control. Semua itu memiliki padanan yang sama pada Yaris GR Sport dengan tambahan rear parking camera.

Adapun untuk fitur keselamatan pasif New Baleno 2022 ada platform HEARTECT, 6 SRS airbag, force limiter seat belt, desain isofix. Semua itu juga ada padanannya di Yaris GR Sport dengan sedikit perbedaan berupa 7 SRS airbag.

Namun, fitur New Baleno sudah ada cruise control standar yang bisa Anda aktifkan lewat kemudi. Cukup membantu jika Anda gunakan hatchback ini untuk perjalanan panjang lewat tol.

Harga

Harga Suzuki New Baleno 2022 sangat menarik karena memiliki banderol hanya Rp270 jutaan untuk tipe tertinggi. Bandingkan dengan harga Toyota New Yaris GR Sport 2022 yang dibanderol Rp295 jutaan untuk varian terendah.

Ini artinya, bahkan varian tertinggi New Baleno punya harga yang lebih rendah daripada varian terendah New Yaris GR Sport. Walaupun kedua mobil memiliki fitur yang bisa dibilang setara.

Karena itu, rekomendasinya kembali pada selera. Jika Anda ingin lebih gaya dan sporty dengan fitur sesuai di atas, maka New Yaris GR Sport mungkin lebih cocok.

Namun, jika Anda lebih peduli pada fitur dan performa tanpa ambil pusing soal gaya, New Baleno 2022 mungkin lebih menarik. Terlebih harganya lebih rendah sekitar Rp20 jutaan.

Makin pusing mau memilih Suzuki New Baleno vs Toyota New Yaris GR Sport? Langsung saja konsultasikan kebutuhan mobil Anda pada MUF Online Auto Show (MOAS) melalui WA 0821-1182-4010. Kami akan membantu Anda memilih dan memiliki mobil impian Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Suzuki dan kredit mobil Toyota yang disajikan MOAS.

< Kembali