NEWS

Suzuki S-Presso : City Car Cita Rasa SUV, Kompak dan Tangguh

Suzuki S-Presso : City Car Cita Rasa SUV, Kompak dan Tangguh Suzuki S-Presso : City Car Cita Rasa SUV, Kompak dan Tangguh

Mengusung slogan “Gear to Outplay”, Suzuki S-Presso menawarkan desain yang kompak khas city car dengan performa yang tangguh ala SUV.

Diimpor secara utuh (completely built up, CBU) dari India, mobil garapan Suzuki yang berada di kisaran Rp100 jutaan ini memang memiliki keunikan tersendiri.

Seperti apa kelebihan dari spesifikasi, performa, desain, dan fiturnya? Simak review Suzuki S-Presso berikut.

Spesifikasi

Spesifikasi Suzuki S-Presso mengusung mesin 998 cc dengan 3 silinder in-line. Karakter mesinnya tergolong square dengan bore x stroke yang tidak beda jauh (73 x 79,5 mm).

Dengan spesifikasi tersebut, S-Presso mampu memuntahkan daya maksimum hingga 68 PS di 5.500 rpm dan torsi maksimum 90 Nm di 3.500 rpm.

Angka ini tergolong standar. Kompetitornya di segmen city car 1.000 cc, Renault Kwid, juga sama-sama memiliki daya maksimal 68 PS dan torsi 91 Nm.

Spesifikasi

S-Presso

Tipe Mesin

K10B Engine, 3 silinder inline

Isi Silinder

998 cc

Daya Maksimum

68 PS/5.500 rpm

Torsi Maksimum

90 Nm/3.500 rpm

Performa

Di atas kertas, spesifikasi mesin S-Presso memang tidak mengecewakan, pun tidak juga bisa dibilang istimewa.

Pada pengujian di jalanan, akselerasinya juga tergolong standar dengan butuh 5,01 detik untuk mencapai kecepatan 60 km/jam.

Adapun di putaran atas, untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, Anda hanya perlu memacunya selama 13,4 detik saja.

Angka ini juga cukup bersaing dengan kompetitornya, Renault Kwid yang mencatatkan 5,1 detik dan 12,9 detik.

Namun, konsumsi BBM Suzuki S-Presso tergolong irit dengan mencatatkan hingga 19 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Bahkan, pemakaian luar kota mampu mencatatkan hingga 25 km/liter.

Performa

S-Presso

Akselerasi 0-60 km/jam

5,01 detik

Akselerasi 0-100 km/jam

13,40 detik

Kapasitas tangki

27 liter

Konsumsi BBM dalam kota

11-19 km/liter

Konsumsi BBM luar kota

25 km/liter

Namun, yang mungkin cukup mengganggu adalah bunyi noise saat Anda memacu mobil ini di kecepatan tinggi. Karena itu, penggunaan city car ini memang lebih cocok di wilayah urban.

Eksterior

Desain Suzuki S-Presso menjadi salah satu faktor yang banyak mendapatkan pujian.

Pilihan warna yang segar dengan desain yang kompak ala SUV menjadikannya tampak sporty dan stylish, kombinasi yang banyak dicari masyarakat urban.

Fasad depan menampilkan bentuk trapezoid yang dominan, mulai dari bemper berwarna silver, grill krom, hingga penutup radiator. Headlamp-nya juga terlihat matching dengan turn light signal yang terpasang.

Di belakang sudah terpasang high mount lamp dan rear combination lamp serta defogger untuk membuat perjalanan lebih aman dan nyaman. Selain itu, desain rear spoiler serta skid plate di depan, samping, dan belakang membuat city car in makin terlihat sporty.

Interior

Tak hanya bagian luar yang tampak sporty, desain interior Suzuki S-Presso pun terlihat stylish.

Bagian dasbor terlihat menonjol dengan ornamen silver berbentuk round di bagian tengah. Tak seperti mobil lain, digital meter cluster tak terletak di belakang kemudi, tapi di tengah-tengah dasbor. Posisinya di atas head unit 6,8” yang sudah touch screen.

Head unit ini sudah dilengkapi dengan fitur infotainment dengan konektivitas Bluetooth. Speaker-nya berlokasi di pojok bawah depan yang membuat Anda dapat terhibur sepanjang perjalanan.

Meski tergolong city car, ukuran kabin terasa pas untuk 4 orang. Ground clearance juga cukup tinggi ala SUV dengan ukuran 180 mm.

Yang paling mengesankan adalah banyaknya kompartemen penyimpanan di mobil model hatchback ini. Dari depan hingga belakang ada saja ruang untuk menyimpan barang. Bahkan, bagasinya bisa Anda perluas dengan melipat kursi belakang jika butuh penyimpanan lebih besar.

Dimensi

S-Presso

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.565 x 1.520 x 1.565

Ground Clearance (mm)

180

Jarak Poros Roda (mm)

2.380

 

Fitur Keamanan

Untuk ukuran city car di bawah Rp200 juta, Suzuki S-Presso cukup mumpuni dengan rangka HEARTEC, fitur ABS, parking sensor, dan dual SRS airbag. Selain itu, ada juga fire extinguisher yang berukuran mini tapi cukup fungsional.

Yang sangat membantu, ternyata sudah ada fitur Isofix, 3 point seat belts untuk setiap penumpang, dan immobilizer bawaan. Ini tentu menjadi poin tambahan yang menarik bagi Anda yang sudah punya keluarga kecil.

Harga

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, harga Suzuki S-Presso 2022 sangat menggiurkan karena hanya sekitar Rp150 jutaan. Untuk varian MT di Rp155 jutaan, dan varian AGS di Rp164 jutaan.

Anda juga bisa mendapatkan penawaran terbaik jika memesan lewat MUF Online Auto Show (MOAS). Dengan bunga rendah dan cicilan ringan, city car sporty dan stylish ini bisa langsung masuk garasi rumah Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Suzuki yang disajikan MOAS.

Chat WA 0821-1182-4010 untuk info test drive dan pemesanan Suzuki S-Presso melalui MUF Online Auto Show.