NEWS

Suzuki Smash FI, Motor Bebek 16 Juta, Tarikan Dahsyat dan Irit

Suzuki Smash FI, Motor Bebek 16 Juta, Tarikan Dahsyat dan Irit Suzuki Smash FI, Motor Bebek 16 Juta, Tarikan Dahsyat dan Irit

New Suzuki Smash FI 2021 kini semakin kompetitif setelah mendapatkan penyegaran dari pabrikannya. Penyegaran ini membuat New Smash FI semakin kompetitif, bahkan dibandingkan dengan kelas matic sekalipun.

Mengusung tagline “Tarikannya Dahsyat”, Suzuki berusaha memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna motor bebek kelas pemula.

Seperti apa spesifikasi dan performa New Smash FI 2021 kini? Apa saja fitur dan kelebihannya?

Simak ulasannya.

Spesifikasi New Suzuki Smash FI

Bertarung di kelas 115 cc, mesin 4 tak, SOHC, berpendingin udara dari Smash FI tergolong standar. Apalagi, ukuran riil-nya hanya 113 cc.

Namun, penggunaan Leap Technology dalam mendesain mesin tersebut membuat efektivitas tenaganya sangat optimal. Terlebih lagi dengan transmisi bahan bakar super FI yang menggunakan 7 sensor, efisiensi bahan bakarnya pun kian berlipat.

Hal ini makin sempurna dengan pemilihan mesin tipe square yang memberikan tarikan berimbang, baik di rpm tinggi maupun rendah.

Spesifikasi Mesin

New Smash FI

Tipe Mesin

4 Tak, SOHC, pendingin udara

Kapasitas

113 cc

Diameter x langkah

51 x 55,4

Sistem Bahan Bakar

Super Fuel injection

Performa

Dengan spesifikasi Suzuki Smash FI yang meyakinkan, daya maksimum tercapai di 6,0 Kw pada 8.000 rpm. Adapun torsi maksimumnya di 9,1 Nm pada 6.000 rpm.

Performa Mesin

New Smash FI

Perbandingan Kompresi

9,4 : 1

Daya Maksimum

6,0 kW/8.000 rpm

Torsi Maksimum

9,1 Nm/6.000 rpm

Sekilas, angka ini tidak tampak begitu istimewa. Namun, performa pada saat pengujiannya justru melampaui banyak rival lainnya.

Sebagai bukti, untuk akselerasi 0-60 km/jam saja, New Smash FI hanya membutuhkan waktu 5,9 detik. Begitu juga akselerasi 0-80 km/jam, hanya butuh 12,2 detik bagi New Smash FI untuk menjangkaunya.

Angka ini cukup atraktif mengingat rerata kompetitornya di kelas yang sama membutuhkan waktu 0,5 - 1 detik lebih lama.

Akan tetapi, saat kecepatan tinggi, performanya agak kurang memuaskan. Hal ini tampak dari top speed yang hanya 100,9 km/jam dan butuh 33,5 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam.

Perbandingan

New Smash FI

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

5,9

Akselerasi 0-80 km/jam (detik)

12,2

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

33,5

Top speed (km/jam)

100,9

Konsumsi BBM (km/liter)

66,7

Kapasitas tangki (liter)

3,7

Meski demikian, konsumsi BBM Smash FI yang mencapai lebih dari 60 km/jam jelas menjadi salah satu daya tarik utama. Ini karena pengguna motor bebek kelas new entry sangat memperhatikan soal keawetan mesin dan konsumsi bahan akar.

Desain dan Kenyamanan Berkendara

Dimensi Suzuki Smash FI tergolong ramping dengan PxLxT = 1.910 x 680 x 1.085 mm. Selain lebih aerodinamis, jarak wheelbase 1.220 mm juga membuat posisi stang lebih ergonomis dan nyaman buat pengendara.

Dimensi

New Smash FI

P x L x T (mm)

1.910 x 680 x 1.085

Wheelbase (mm)

1.220

Ground Clearance (mm)

145

Seat Height (mm)

-

Berat Isi (kg)

94

Dari segi desain, Suzuki Smash FI New 2021 tampak lebih segar dengan desain body strip yang baru. Bagian speedometernya pun terlihat modern dengan bentuk dasar asimetris.

Fasad lain yang menarik adalah pelindung knalpot yang menggunakan sepuhan warna krom metalik. Ini membuatnya tampak lebih elegan dan premium.

Selain itu, ukuran  bagasi 8,2 liter juga tergolong cukup besar, khususnya bagi motor bebek di kelas new entry.

Sudah mesin tangguh, bahan bakar irit, fungsi serbaguna, jelas Suzuki Smash FI termasuk dalam kandidat juara motor bebek kelas 115 cc.

Keunggulan New Suzuki Smash FI

Kesimpulan dari uraian di atas, kelebihan Suzuki Smash FI adalah sebagai berikut.

Keunggulan

New Smash FI

Poin

Tarikan dahsyat di putaran rendah, super irit BBM,

Desain ergonomis dan nyaman bagi pengendara,

Tampilan speedometer modern, harga murah

Harga Suzuki Smash FI 2021

Harga New Suzuki Smash FI 2021 tergolong sangat murah, mulai dari hanya Rp 16 juta-an. Angka ini bahkan lebih murah dari motor matic yang spesifikasi dan performanya masih di bawah New Smash FI.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik, Anda bisa memilikinya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan kredit motor Suzuki Smash baru mulai dari Rp 700 ribu-an serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika memesan sekarang juga.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Suzuki yang disajikan MOAS.

Jadi, tak perlu berlama-lama bingung mencari motor bebek apa yang paling irit dan bandel? Langsung saja hubungi call center kami di 1500824 untuk booking Suzuki Smash FI dan jadwalkan test ride di dealer terdekat di kota Anda.

Call center