Saat pertama kali dikenalkan pada awal 2020 lalu, publik mengecap Suzuki XL7 ini sebagai transformasi Suzuki Ertiga. Mengapa demikian? Jika dilihat sekilas, mobil ini seperti Ertiga dengan body SUV dan ground clearance yang lebih tinggi.
Namun pihak Suzuki tentu saja menampik hal tersebut. Mereka mengklaim bahwa ada banyak komponen yang sangat berbeda antara XL7 dan Ertiga.
Mesin
Pada bagian dapur pacu, mobil Suzuki XL7 menggunakan mesin K15B. Sebuah mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga 102,7 hp dan torsi mencapai 138 Nm.
Tak heran jika banyak yang menjuluki mobil ini transformasi Ertiga, pasalnya mesin yang digunakan sama dengan mesin Ertiga dan Suzuki Jimny.
Pihak Suzuki mengklaim bahwa bagian tersebut memiliki perbedaan di Body Control Module (BCM) dan Engine Control Module (ERM).
Mesin XL7 cukup andal digunakan untuk perjalanan jauh karena mampu menampung bahan bakar hingga 45 liter.
Terdapat dua opsi transmisi untuk XL 7. Anda bisa memilih transmisi manual dengan 5 kecepatan atau transmisi otomatis dengan 4 kecepatan.
Dimensi & Exterior
Dibandingkan pemain SUV lain, XL7 tampak lebih compact.
Jika dibandingkan dengan Ertiga, dimensinya 55mm lebih panjang, 40 mm lebih lebar dan 20 mm lebih tinggi.
Penampakan bagian depannya cukup gagah dan tampak berotot. Pihak Suzuki menyebutnya dengan muscular design.
Headlampnya menggunakan lampu LED dan foglamp menggunakan halogen.
Menghadirkan over fender berwarna hitam sepanjang body seakan ingin menegaskan bahwa mobil ini benar-benar tipe SUV.
Bagian belakangnya masih cukup kental nuansa kekarnya. Hanya saja desain lampunya masih menggunakan desain milik Ertiga. Hanya saja mobil ini sudah menggunakan lampu LED.
Untuk warna Suzuki XL7, ada beberapa varian yang bisa Anda pilih, diantaranya: Rising orange + black (Alpha), Brave Khaki + Black (Alpha), Prime Cool Black (all variant), Prime Snow White (Alpha), Pearl Snow White (Zeta & Beta), Pearl Burgundy Red (Zeta & Beta), Metallic Magma Grey (Seta & Beta).
Interior
Suzuki XL7 interiornya masih terlalu mirip Ertiga. Terutama layout dashboard. Hanya bagian ornamen di tengah dashboard yang diganti serat karbon, lainnya sangat mirip. Warnanya juga dibuat hitam supaya lebih sporty.
Setirnya dibalut dengan kulit supaya terasa nyaman dan tampak mewah. Tampak semakin mewah dengan desain stir flat bottom. Bagian stir juga ada tombol untuk mengatur audio dan bluetooth.
Kursinya masih menggunakan bahan fabric yang bagi sebagian orang hal ini dinilai masih perlu ditingkatkan.
Cabin juga cukup luas, namun bagian row ke 3 terasa sedikit lebih sempit jika diduduki orang dewasa.
Bagasinya tidak terlalu luas jika dibandingkan mobil lain di kelasnya. Tapi karena kursi bagian belakang bisa dilipat hingga sejajar dengan bagasi. Hal itu cukup memudahkan saat loading barang.
Fitur Tambahan
Mobil ini cukup banyak fiturnya.
Sasis Heartect membuat mobil ini lebih ringan dan nyaman untuk bermanuver.
Untuk fitur keamanan, mobil ini dilengkapi dengan airbag di bagian depan. Hill hold control jadi fitur keamanan untuk menjaga mobil ini saat menanjak.
Fitur NVA dan Tect body juga membuat mobil ini lebih aman saat terjadi benturan. Disamping itu, fitur tersebut juga membuat sasis lebih senyap saat dikendarai.
Untuk sisi entertainment, terdapat stunning audio touch screen 8 inch
Untuk seri Alpha, bagian spion tengah sudah menggunakan teknologi Smart E-Mirror. Anda bisa menggunakannya untuk parkir dan merekam aktifitas dalam kabin.
Tentu masih ada banyak fitur penunjang lainnya.
Berikut kisaran harga Suzuki XL7 OTR
Itu dia review tentang Suzuki XL7. Meski dinilai masih membutuhkan peningkatan di beberapa bagian, namun low SUV ini dianggap cukup layak dengan profil harganya. Selain XL7, peminat juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Suzuki di MUF Online Autoshow.