NEWS

Tips Supaya Pengajuan Cicilan Motor Mudah Disetujui

Tips Supaya Pengajuan Cicilan Motor Mudah Disetujui Tips Supaya Pengajuan Cicilan Motor Mudah Disetujui

Bagaimana cara agar pembiayaan cicilan motor yang Anda ajukan bisa mudah disetujui? Kredit kendaraan motor sendiri merupakan salah satu jenis kredit yang memiliki banyak peminat. Hal ini tidak lepas kenyamanan dan praktisnya motor saat digunakan, baik untuk bekerja maupun untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Tips Mengajukan Cicilan Motor

Sayangnya, tidak semua pengajuan kredit kendaraan ini akan langsung disetujui. Ada juga beberapa pengajuan yang ditolak karena alasan tertentu. Lantas bagaimana tips supaya cicilan kendaraan motor bisa disetujui oleh dealer melalui perusahaan pembiayaan atau kreditur? Supaya pengajuan kredit kendaraan roda dua bisa lancar dan disetujui segera, Anda bisa langsung simak tips berikut ini :

1. Memiliki Penghasilan yang Tetap

Dalam hal ini akan dilihat bagaimana penghasilan Anda per bulannya. Jika ada penghasilan tetap, maka pemberi kredit akan merasa lebih yakin untuk memberikan kredit karena Anda dianggap mampu membayar biaya cicilan motor setiap bulannya. Pihak kreditur biasanya memiliki kebijakannya sendiri dalam memperhitungkan batas penghasilan yang harus dimiliki calon kreditur.

Jika Anda tidak memiliki penghasilan yang tetap, maka pengajuan juga akan sulit dilakukan karena kemungkinan ditolak lebih besar. Jika memang Anda belum memiliki penghasilan yang tetap serta keuangan masih belum stabil, maka sebaiknya proses pengajuan kredit juga ditunda dulu.

Karena jika Anda nekat mengajukan kredit saat penghasilan tidak tetap, hal ini juga akan memberatkan Anda terutama karena cicilan harus dibayar setiap bulannya.

2. Uang Muka yang Dibayarkan

Berapa uang muka yang sudah Anda siapkan untuk mengajukan kredit kendaraan roda dua? Uang muka sendiri adalah pembayaran secara tunai yang dilakukan saat seseorang ingin membeli barang secara kredit. Biasanya, semakin besar uang mukanya, maka kemungkinan kredit akan disetujui juga semakin besar.

Semakin besar uang muka atau down payment-nya, maka beban cicilan menjadi semakin rendah. Alhasil, kemungkinan Anda bisa membayar cicilan motor sampai lunas juga lebih tinggi. Besarnya uang muka yang dibayarkan juga berpotensi lebih mudah disetujui karena dianggap sebagai bentuk keseriusan dari pihak pembeli.

3. Memiliki Berkas Data yang Lengkap

Agar pengajuan kredit bisa lancar, tentu dibutuhkan data pendukung yang lengkap sesuai yang diminta. Adapun beberapa data yang biasanya diminta antara lain adalah adanya KTP, kartu keluarga, serta berbagai data pendukung lainnya seperti surat nikah, surat keterangan domisili dan lain sebagainya.

Anda juga perlu mencantumkan slip gaji untuk menunjukkan jika Anda memiliki penghasilan yang tetap. Slip gaji menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk mengukur kemampuan Anda membayar cicilan motor nantinya. Apa saja berkas data yang perlu diserahkan, bisa Anda tanyakan dulu kepada pihak kreditur.

Apalagi, setiap kreditur tentunya memiliki kebijakannya masing-masing terkait dengan persyaratan mengajukan kredit di tempatnya. Semakin lengkap berkas yang diminta, maka semakin cepat juga proses pengajuan kredit dilakukan.

4. Tidak Memiliki Riwayat Kredit yang Buruk

Ada baiknya jika Anda segera menyelesaikan masalah kredit macet atau masalah lainnya terkait pembiayaan kredit yang mungkin Anda miliki. Karena jika memiliki masalah dengan kredit sebelumnya, maka kemungkinan pengajuan kredit Anda diterima juga akan semakin kecil. Inilah kenapa ada baiknya jika Anda memiliki status bebas kredit macet sebelum melakukan pengajuan.

Jika memiliki riwayat kredit yang buruk meski sudah punya penghasilan tetap sekalipun, maka pihak dealer bisa saja tidak percaya dan menolak pengajuan Anda.

5. Memiliki Alamat Tempat Tinggal yang Jelas

Pihak dealer biasanya akan melakukan survei tempat tinggal, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi seperti halnya kreditur yang kabur. Dengan alamat yang jelas, pihak dealer juga tahu kemana harus mencari kreditur saat pembayaran macet atau mengalami masalah terkait lainnya.

Lantas bagaimana jika tidak memiliki tempat tinggal sendiri? Jika memang tidak memiliki tempat tinggal sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa mengajukan kredit meski tinggal di tempat sewaan. Namun, pastikan jika Anda sudah mendiami tempat tinggal yang disewa tersebut lebih dari 3 bulan.

6. Usia Mencapai 21 Tahun

Jika usia Anda masih belum mencapai 21 tahun, maka pengajuan kredit cicilan motor juga akan ditolak. Selain itu, mereka yang usianya sudah mencapai lebih dari 60 tahun, mereka juga akan kesulitan dalam mengajukan kredit pembelian motor.

Untuk solusinya, Anda bisa meminta orang tua untuk mengambilkan kredit jika memang usia Anda dianggap masih belum cukup. Namun tentunya, pastikan jika orang tua Anda belum mencapai 60 tahun. Sedangkan bagi Anda yang berusia lebih dari 60 tahun, Anda bisa meminta bantuan anak untuk mengajukan kreditnya.

Berminat melakukan pengajuan kredit motor untuk keperluan pribadi atau digunakan bekerja sehari-hari? Pastikan jika Anda mengetahui berbagai syarat agar kredit bisa lancar dan disetujui di atas. Tentukan juga ingin memilih jenis motor baru atau bekas sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Motor Bekas Atau Motor baru

Sebelum mengajukan kredit dan mulai membayar cicilan, tentu Anda harus tentukan dulu jenis motor yang akan dibeli. Apakah motor bekas atau yang masih tergolong baru. Sebagai bahan pertimbangannya, penting bagi Anda untuk tahu kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing jenis motor.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Baru

Untuk motor baru, jenis motor yang satu ini dianggap lebih baik dari segi mesin karena belum pernah dipakai. Berbeda dengan motor bekas, terutama yang sudah berulang kali di bawa ke bengkel dan telah mengalami perbaikan di sana-sini.

Sedangkan kekurangannya adalah lebih mahal karena belum ada kerusakan serta belum pernah dipakai sebelumnya. Beberapa motor baru juga menyertakan teknologi terkini, sehingga berpengaruh juga pada harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Bekas

Motor bekas biasanya memiliki harga yang murah karena sudah pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Dengan harga yang lebih murah, Anda yang memiliki dana terbatas pun sudah bisa mendapatkan motor yang bisa digunakan untuk berkendara sehari-hari.

Sayangnya, karena motor sudah digunakan, maka potensi terjadinya kerusakan atau masalah pada motor juga akan lebih besar. Inilah kenapa ada baiknya untuk melakukan pengecekan body hingga mesin motor sebelum melakukan pembelian. Pastikan jika Anda tidak dirugikan dan mendapatkan motor sesuai dengan kebutuhan juga jumlah uang yang Anda bayarkan.

Jadi ingin mengajukan cicilan motor baru atau motor bekas? Untuk pengajuan kredit sendiri sebaiknya dilakukan di dealer dan melalui kreditur yang terpercaya serta berpengalaman di bidangnya. Pastikan juga Anda bisa membayar cicilan motor per bulannya secara lancar sesuai dengan tanggal yang telah disepakati.

MOAS (MUF Online Autoshow) dari Mandiri Utama Finance sendiri merupakan salah satu yang terpercaya dan bisa diandalkan. Di MOAS Anda tidak hanya bisa menemukan beragam pilihan motor dari berbagai merek baik baru maupun bekas, namun juga sekaligus mengajukan pembiayaan cicilan motor atau kredit motor dengan mudah secara online. Selain itu, jangan lewatkan juga berbagai promo menarik yang dihadirkan secara berkala.

< Kembali