NEWS

Tips Tukar Tambah Motor dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

Tips Tukar Tambah Motor dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Tips Tukar Tambah Motor dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

Bagi Anda yang sudah memiliki motor namun ingin memiliki yang baru, Anda bisa mencoba tukar tambah motor sebagai solusinya. Tukar tambah kendaraan ini bisa Anda lakukan dengan menukar motor lama Anda dengan yang baru. Di mana Anda hanya perlu membayar selisihnya baik secara tunai ataupun kredit, sesuai dengan kesepakatan.

Lantas apa saja tips untuk bertransaksi tukar tambah kendaraan dan apa saja keuntungannya? Simak penjelasan berikut ini.

Tips Tukar Tambah Motor

Proses tukar tambah kendaraan perlu dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai motor yang Anda jual dihargai sangat rendah sehingga Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar tambahan biaya. Berikut adalah beberapa tips ketika tukar tambah kendaraan :

  1. Jaga kondisi kendaraan
    Sebelum dijual pastikan kondisi motor masih dalam keadaan baik. Jangan menjualnya dalam kondisi yang buruk atau bahkan mengalami kerusakan, karena akan dihargai dengan sangat rendah. Semakin baik kondisi motor Anda semakin tinggi pula harganya.
  2. Pilih tempat yang terpercaya
    Anda harus berhati-hati ketika memilih tempat tukar tambah kendaraan, karena jika tidak bisa-bisa Anda tertipu. Pilih tempat yang resmi, aman dan terpercaya.
  3. Cari tahu mengenai harga
    Sebelum memutuskan untuk tukar tambah cari terlebih dahulu harga kendaraan di pasaran yang sesuai dengan kondisi motor Anda. Info yang Anda dapatkan bisa menjadi patokan harga supaya tidak mendapat harga yang terlalu rendah.
  4. Tentukan pilihan motor pengganti
    Jangan lupa untuk menentukan motor baru yang ingin Anda tukar tambah dengan motor lama Anda. Sesuaikan jenis dan harganya dengan budget Anda, supaya nantinya tidak justru mengganggu stabilitas keuangan Anda.
  5. Tentukan metode pembayaran
    Metode pembayaran tukar tambah motor bisa dilakukan dengan dua cara, yakni tunai atau kredit. Pilih metode yang sesuai dengan anggaran dan kemampuan Anda. Pembayaran secara tunai dapat mempercepat proses kepemilikan motor baru. Namun jika anggaran belum mencukupi, maka pembiayaan secara kredit bisa dijadikan solusi untuk tetap memiliki kendaraan impian tanpa menguras simpanan untuk kebutuhan lainnya.
  6. Siapkan dokumen
    Ini termasuk hal penting yang harus dilengkapi. Tanpa dokumen yang dibutuhkan, maka Anda tidak dapat memenuhi persyaratan dan gagal transaksi. Jangan lupa untuk menyiapkan bukti perjanjian tertulis supaya proses tukar tambah terdokumentasi secara resmi.

Jika masih ragu, Anda juga bisa mengajak rekan yang sudah paham dan berpengalaman di dunia kendaraan. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat  bertransaksi.

Ini Keuntungannya

Perlu diketahui bahwa tukar tambah motor juga menawarkan beberapa keuntungan bagi Anda. Keuntungan tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Waktu jual cepat
    Proses tukar tambah lebih cepat dan praktis dibandingkan menjualnya terlebih dahulu. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan menentukan motor baru yang ingin Anda tukarkan. Setelah itu, tinggal menunggu prosesnya selesai ditangani.
  • Terima beres
    Jika dokumen sudah lengkap, Anda tinggal menunggu dan terima beres. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengiklankan motor lama Anda dan menunggu hingga mendapatkan calon pembeli yang pasti. Anda juga tidak perlu merasa cemas akan tertipu dan motor Anda dibawa pergi oleh oknum calon pembeli. Selain itu juga tidak perlu menyediakan sendiri dokumen transaksi yang sering kali kurang lengkap sehingga merepotkan Anda di kemudian hari.
  • Lebih ekonomis dibanding beli motor baru
    Tukar tambah motor tergolong lebih murah karena sebagian biaya pelunasan motor baru Anda sudah dibayar dengan hasil penjualan motor lama Anda. Anda hanya perlu menambahkan kekurangannya saja baik secara tunai maupun kredit dan sudah bisa membawa pulang motor baru. Bahkan sering kali terdapat promo tukar tambah motor yang tentunya semakin menguntungkan.

Kegiatan tukar tambah kendaraan hanya bisa dilakukan ketika Anda memiliki kendaraan lama dan ingin menggantinya dengan yang baru. Ini lebih praktis untuk dilakukan daripada harus menjualnya secara terpisah baru kemudian membeli kendaraan yang baru.

Sedang mempertimbangkan untuk tukar tambah motor Anda? Serahkan saja pada MOAS (MUF Online Autoshow) yang dipersembahkan oleh Mandiri Utama Finance sebagai anak perusahaan dari PT Bank Mandiri (persero). Di mana Anda bisa mengajukan transaksi tukar tambah maupun kredit kendaraan baru dan bekas yang menguntungkan dan aman.

< Kembali