PT TAM akhirnya resmi melepas Toyota All New Agya GR Sport ke pasaran di ajang IIMS 2023 bulan Februari lalu.
Sejak pertama kali hadir di Indonesia tahun 2013, Agya memang dikenal sebagai LCGC favorit masyarakat. Namun, facelift kali ini membawa kesan lebih sporty.
Tipe GR Sport juga sekaligus melengkapi jajaran All New Agya bersama tipe G dan E.
Bagaimana tampilan dan performa All New Agya 2023? Simak ulasannya berikut ini.
Pertama, perubahan paling signifikan adalah dapur pacunya.
Publik mengira tipe GR Sport akan mengusung mesin turbo. Faktanya, model mesin untuk ketiga tipe All New Agya ternyata sama.
Yang menarik, Toyota tidak lagi menggunakan mesin empat silinder, melainkan tiga silinder seperti pada Raize.
Ada penjelasan di balik pemilihan mesin tiga silinder tersebut.
Menurut klaim PT TAM, mesin dual VVT-i berkapasitas 1,2 L itu tetap powerful. Pengurangan silinder justru memberi respons yang lebih baik.
Tenaga maksimumnya sampai dengan 88 PS, sementara itu torsinya mencapai 112,9 Nm.
Saat ini di pasaran tersedia pilihan transmisi manual lima percepatan dan CVT.
Berikut spesifikasi All New Toyota Agya semua tipe:
Spesifikasi |
All New Agya |
Tipe Mesin |
WA-VE, 3-silinder dual VVT-i |
Isi Silinder (cc) |
1,198 |
Daya Maksimum (PS/rpm) |
88/6.000 |
Torsi Maksimum (Nm/rpm) |
112,9/4.500 |
Klaim selanjutnya mengatakan bahwa mesin tiga silinder pada Agya juga mengefisienkan konsumsi BBM.
Dibandingkan generasi terdahulu jelas ada peningkatan. Transmisi manual dan CVT sama-sama dapat menempuh jarak 21 km atau lebih per liternya.
Perbedaan lain yang kentara yaitu dari segi tarikan. Akselerasi All New Agya terasa instan.
Catatan akselerasinya cuma 6,7 detik untuk meraih kecepatan 40-80 kpj. Meningkat sekitar 20% dari mesin model lamanya.
Ya, mesin tiga silinder memang lebih bertorsi. Misalnya, ketika melewati tanjakan, Anda jadi dapat melewatinya secara effortless.
“Dengan mesin terbaru, All New Agya sangat mudah meraih peak power di RPM rendah.”
Sorotan untuk Agya GR Sport 2023 adalah pada pengaturan suspensi serta ukuran ban yang berbeda.
Cengkraman ban yang lebih erat cocok untuk bermanuver. Suspensinya yang kaku pun sangat mendukung kelincahan tipe GR Sport di jalanan.
Performa |
All New Agya |
Akselerasi 40-100 kpj (detik) |
6,7 |
Konsumsi BBM (km/liter) |
21,0 (CVT), 21,7 (Manual) |
Kapasitas tangki (liter) |
33 |
Selain putih, All New Toyota Agya merah dan lima warna lainnya sangat layak masuk dalam daftar pilihan Anda.
Pada grill depan terdapat logo khas LCGC Agya, tetapi untuk tipe GR Sport menggunakan logo Toyota dan emblem GR-S.
Masih dari bagian depan, headlamp dan illumination lamp sudah LED di semua tipe.
“Khusus untuk tipe G, Anda bisa menambah part eksklusif dari Toyota untuk kesan yang lebih sporty.”
Perbedaan lainnya, tipe G dan E dibekali velg 14 inci single tone, sedangkan tipe GR berukuran 15 inci bernuansa dual tone.
Secara keseluruhan, desain eksterior semua tipe All New Agya sebenarnya hampir sama.
Eksterior |
All New agya |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
3.760 x 1.665 x 1.505 |
Ground Clearance (mm) |
150 |
Jarak Poros Roda (mm) |
2.525 |
Bergeser ke interior, Agya menawarkan kabin berkapasitas lima penumpang yang lumayan lega karena penambahan panjang dimensi.
Baris kedua terasa lebih lebar, setidaknya cukup untuk tiga orang dewasa.
Tepat di baliknya, bagasi belakang All New Toyota Agya semakin luas. Volumenya bertambah dan bisa ditambah lagi dengan melipat kursi baris kedua.
“Sebagai tambahan, pintu bagasi dibekali bukaan elektronik.”
Untuk area baris pertama, bentuk tempat duduknya mengikuti postur sehingga sangat nyaman. Pada tipe GR Sport joknya juga dibalut bahan suede.
Selanjutnya, dasbor AGya berdesain minimalis. Macam-macam tombol terletak dalam jangkauan pengemudi. Akan tetapi, HUD 7 inci hanya ada di tipe G dan E.
Terakhir, di semua tipe CVT sudah memiliki dynamic paddle shift. Intinya, sekarang semua fitur-fitur di All New Agya sudah naik kelas serta modern.
Meskipun banyak perbedaan, nyatanya Toyota membekali setiap tipe All New Agya dengan kelengkapan keamanan yang sama.
Fitur pertama yang menjadi sorotan yakni sistem pengereman mumpuni, meliputi ABS, Brake Assist, EBD.
Kemudian adanya Hill Start Assist dan sensor parkir belakang juga benar-benar berguna saat Anda mengemudi.
Tidak ketinggalan SRS airbag di baris pertama untuk mengurangi cedera akibat benturan.
Fitur |
E |
G |
GR Sport |
Exclusive Chassis Item |
|
|
✓ |
GR Aerokit |
|
|
✓ |
Audio Head Unit |
|
|
✓ |
Smart Entry System |
|
✓ |
✓ |
TFT MID |
|
✓ |
✓ |
Hill Start Assist |
✓ |
✓ |
✓ |
Dynamic Paddle Shift (CVT) |
✓ |
✓ |
✓ |
Kesimpulannya, Toyota seperti membawa Agya keluar dari pasar LCGC dengan spesifikasi di atas rata-rata, tetapi harganya masih terjangkau.
Harga Toyota All New Agya 2023 mulai Rp160 jutaan untuk tipe E, Rp170 jutaan tipe G dan varian termahal GR Sport dibanderol Rp230 jutaan.
Beli mobil Toyota All New Agya Anda lewat MOAS (MUF Online Autoshow) dengan cicilan ringan. Kredit All New Agya mulai Rp2,9 jutaan sampai Rp4,5 jutaan saja per bulannya.