NEWS

Toyota All New Fortuner G vs Isuzu All New MU-X, Ini Perbandingannya!

Toyota All New Fortuner G vs Isuzu All New MU-X, Ini Perbandingannya! Toyota All New Fortuner G vs Isuzu All New MU-X, Ini Perbandingannya!

Komparasi Toyota All New Fortuner G vs Isuzu All New MU-X ramai jadi perbincangan mengingat keduanya merupakan pilihan utama di kelas SUV 7-seater.

Lebih lagi, pengguna mobil dari Toyota dan Isuzu ini umumnya tidak lagi membicarakan tentang price, tapi soal pride.

Untuk membantu menentukan mana yang lebih cocok bagi Anda, berikut perbandingan All New Isuzu MU-X vs All New Toyota Fortuner, dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa,
  • Desain eksterior dan interior
  • Fitur kenyamanan dan keamanan, serta
  • Rekomendasi pembelian.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Isuzu MU-X menggunakan kubikasi mesin yang lebih kecil dari Fortuner G. Sementara Fortuner G menggunakan mesin 2.4L yang jadi standar di kelas SUV 7 seater, MU-X menggunakan mesin 1.9L.

Tak seperti generasi sebelumnya yang masih menerapkan standar emisi Euro 2, Isuzu MU-X 2022 sudah mengadopsi standar emisi Euro 4. Dalam hal ini, kedua mobil setara.

Meski demikian, mesin Isuzu MU-X sudah mengadopsi teknologi Turbocharger. Ini membuat daya maksimumnya tembus hingga 150 PS.

Di sisi lain, Fortuner G pun sudah mengadopsi VNT (Variable Nozzle Turbo), walau daya maksimumnya tak beda jauh di angka 149,5 PS. Torsi maksimumnya pun sedikit lebih unggul dengan 40,8 Kgm berbanding 35,7 Kgm dari Isuzu MU-X.

Spesifikasi

Fortuner G

MU-X 4x4

Jenis Mesin

2D FTV

RZ4E-TC-EURO4

Tipe Mesin

In-Line 4 Cylinders, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler

 4 Valve, DOHC,

Isi Silinder (cc)

2.393

1.898

Daya Maksimum (PS/rpm)

149,6/3.400

150/3.600

Torsi Maksimum (Kgm/rpm)

40,8/1.600-2.000

35,7/1.800-2.600

Performa

Di atas kertas, performa Toyota Fortuner G tampak lebih menjanjikan, khususnya di sisi akselerasi. Selisih torsi hingga 5 kg.m cukup signifikan untuk kelas SUV.

Walau begitu, pengujian menunjukkan hasil yang tak jauh berbeda. Sementara akselerasi 0 - 100 km untuk Fortuner G mencapai 14 detik, Isuzu MU-X menempel ketat dengan 14,5 detik.

Keunggulan Fortuner G dari segi performa terlihat di putaran bawah. Kombinasi karakter mesin Fortuner G square dan dorongan VNT membuat mesinnya tetap optimal di putaran bawah.

Selain itu, Isuzu MU-X perlu mengakui keunggulan Fortuner G dari segi penghematan BBM. Konsumsi BBM Fortuner G mencapai 16 km/liter yang varian matic. Bahkan, untuk tipe manual dapat tembus hingga 17 km/liter.

Adapun Isuzu MU-X hanya ada versi transmisi automatic saja dengan konsumsi BBM maksimal mencapai 12,2 km/liter.

Performa

Fortuner G

MU-X 4x4

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

14

14,5

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

12-13

10,2

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

16-17

12,2

Kapasitas tangki (liter)

80

80

Fortuner G memiliki 2 mode drive, yaitu ECO dan Power Mode. Selain itu, tersedia juga varian 4x2 dan 4x4 (4WD).

Adapun Isuzu MU-X hanya punya 1 varian 4x4 dengan sistem On the Fly yang bisa Anda atur langsung sambil jalan. Selain itu, tersedia Rough Terrain Mode, yang mengoptimalkan traksi ketika Anda menjelajahi medan yang menantang.

Desain Eksterior

Eksterior New Fortuner G dan New Isuzu MU-X memberikan kesan yang serupa, sporty dan tangguh.

Grill trapezoid yang tinggi dengan bentuk potongan LED headlamp cutting edge menjadi fasad depan Fortuner G. Sementara itu, Isuzu MU-X 1.9L 2022 lebih memilih desain grill hexagonal dengan logo Isuzu terpisah di atas dan headlamp yang sporty.

Sisi samping keduanya sama-sama menampilkan molding yang sporty. Begitu juga dengan velg, sama mengandalkan alloy wheel 17” dengan bahan khusus yang lebih kuat.

Meski begitu, Isuzu terlihat lebih totalitas untuk menjadikan MU-X 4x4 sebagai mobil kerja dan bisnis. Hal ini tampak dari adanya tow hook di bagian depan maupun belakang.

Adapun fasad belakang keduanya terlihat serupa. Sama-sama menonjolkan desain rear combination lamp yang bold dan sporty.

Desain Interior

Sebagai SUV 7-seater, baik Isuzu MU-X maupun Fortuner G sama-sama memiliki ruang kabin yang cukup luas. Namun, body MU-X lebih bongsor walau dengan selisih yang tidak terlalu besar.

Dimensi

Fortuner G

MU-X 4x4

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.795 x 1.855 x 1.835

4.850 x 1.870 x 1.815

Ground Clearance (mm)

230

225

Jarak Poros Roda (mm)

2.745

2.855

Tampilan dashboard kedua mobil juga terlihat sporty dan elegan. Akan tetapi, Fortuner G jelas tampak lebih atraktif dengan head unit yang lebar berukuran 9”, berbanding dengan Isuzu MU-X yang hanya 7”.

Begitu juga dengan tampilan MID Fortuner G yang warna-warni, terasa beda dengan Isuzu MU-X yang monokrom. Meski untuk armada fleet hal ini tidak terlalu penting, tapi tentu memberikan pengalaman lebih bagi pengguna.

Untuk kemudi, kedua mobil sudah memiliki fitur tilt & telescopic steering. Selain itu, meski hanya berlapis fabric standar, tapi tetap tampak elegan dan terasa nyaman.

Sedikit keunggulan dari Fortuner G yaitu adanya fitur dual zone AC. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan temperatur yang berbeda untuk tempat duduk depan dan belakang.

Fitur Keamanan

Untuk fitur keamanan, kelebihan Fortuner G ada pada jumlah kantong udara yang sudah 7 SRS airbag, sedangkan Isuzu MU-X hanya dual front.

Selain itu, fiturnya relatif sama seperti Electronic Brake Control (ABS+EBD+VSC dan Hill Assist). Begitu juga dengan fitur bawaan immobilizer, rear parking camera, serta traction control.

Fitur tambahan Fortuner G memiliki Trailer Sway Control yang sangat membantu ketika Anda menautkan trailer tambahan di belakang mobil. Adapun Isuzu MU-X punya fitur Hill Descent Control yang tak ada di Fortuner G.

Selain itu, MU-X juga punya fitur tambahan Follow Me Home Lamp yang lebih ke kenyamanan. Fitur ini membuat lampu mobil tetap menyala selama 30 detik setelah mesin mati sehingga Anda lebih aman dan mudah masuk ke rumah.

Harga

Harga Toyota Fortuner G 2022 bervariasi mulai dari Rp540 juta-an untuk varian MT 4x2 hingga Rp560 jutaan untuk varian AT 4x4. Di sisi lain, harga Isuzu MU-X 4x4 2022 sekitar Rp560 jutaan dan hanya ada 1 varian.

Jadi, antara MU-X vs Fortuner G 2022 lebih baik mana?

Secara keseluruhan, Fortuner G tergolong multifungsi dengan fitur yang memanjakan penumpang. Adapun Isuzu MU-X 4x4 lebih ditujukan sebagai kendaraan kerja yang serba guna dan handal di medan yang berat.

Sisanya tergantung mana yang Anda butuhkan. Jika sudah memilih antara Toyota All New Fortuner G vs Isuzu All New MU-X, langsung hubungi Whatsapp MUF Online Auto Show (MOAS) di nomor 0821-1182-4010 untuk info pemesanan. Dapatkan bunga super murah dengan instant approval yang membuat Anda lebih cepat membawa pulang mobil impian.

< Kembali