NEWS

Toyota All New Vellfire HEV, MPV Hybrid Mewah yang Efisien

Toyota All New Vellfire HEV, MPV Hybrid Mewah yang Efisien Toyota All New Vellfire HEV, MPV Hybrid Mewah yang Efisien

IIMS 2024 menjadi panggung perdana bagi Toyota All New Vellfire HEV. Di situ, PT TAM mengumumkan penjualan untuk dua varian terbaru Vellfire.

Secara umum, generasi teranyar Toyota Vellfire mendapat perubahan total, mulai platform baru, fitur-fitur canggih, dan sistem hybrid yang lebih efisien.

MPV mewah yang disebut-sebut “mobil sultan” ini sudah mulai bisa dipesan sejak pertengahan Februari 2024.

Dengan harga yang lebih mahal daripada Alphard, apakah Vellfire benar-benar sesuai ekspektasi konsumen di Indonesia?

Temukan jawabannya pada ulasan tentang Vellfire HEV.

Spesifikasi

Vellfire 2024 merupakan kendaraan elektrik hybrid. Artinya, selain mesin bensin juga terdapat motor listrik untuk membantu mengefisiensikan performa.

Mesin yang digunakan bertipe 2AR-FXE 2.5 L dengan luapan daya hingga 187 HP dan torsi puncak 239 Nm. Ditambah sebuah motor listrik bertenaga 90 kW.

Kombinasi keduanya mampu memuntahkan daya hingga 247 HP, yang disalurkan melalui kedua roda depan (FWD).

Meski bukan yang paling bertenaga, sistem hybrid tetap mempengaruhi performa secara signifikan. Apalagi, Vellfire memakai transmisi CVT yang responsif.

“Sistem Hybrid Toyota adalah yang terbaik di dunia saat ini, memberikan tenaga yang memadai dengan tingkat konsumsi bahan bakar rendah.”

Lebih lengkapnya, cek kembali spesifikasi Toyota All New Vellfire HEV sebelum membeli:

Spesifikasi

Vellfire HEV

Tipe Mesin

A25A-FXS

Isi Silinder (cc)

2.498

Kapasitas Baterai (kWh)

13,6

Daya Maksimum (PS)

187

Torsi Maksimum (Nm)

239

Performa

PT TAM mengatakan sistem hybrid yang sama juga diterapkan pada varian Alphard yang sudah terlebih dahulu meluncur pada tahun 2023.

Teknologi ini membuat performa Vellfire HEV 2.5 sama-sama menonjol seperti saudara tuanya, baik dari efisiensi BBM maupun akselerasi.

Saat membuat artikel ini, belum ada data valid hasil uji coba performa Vellfire. Namun, kurang lebih hasilnya sama seperti Alphard Hybrid 2023.

Dengan mesin A25A-FXS 2.5 L dan motor listriknya, Vellfire dapat meraih kecepatan 100 kpj dari posisi diam dalam waktu 11,3 detik saja.

Sementara itu, perkiraan konsumsi bahan bakarnya sekitar 10-15 km per liter.

Performa

Vellfire HEV

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

11,3

Kecepatan Maksimum (kpj)

180

Konsumsi BBM rata-rata (km/liter)

10-15

Kapasitas tangki (liter)

75

Eksterior

Selanjutnya, eksterior Vellfire HEV 2024 melambangkan kemewahan. Meskipun sederhana, namun memiliki daya tarik yang luar biasa.

Pertama, desain grille besar beraksen chrome yang gagah memberikan kesan elegan. Lampu-lampunya sudah LED, termasuk DRL dengan berfungsi ganda.

Bagian bumper bertulisan “Modellista”, yang menandakan varian ini dilengkapi dengan body kit mewah. Body kit ini pastinya membuat tampilan depan Vellfire terlihat lebih dinamis dan sporty.

Bergeser ke bagian samping, Anda dapat melihat aksen chrome lainnya. Kedua spion dilengkapi dengan kamera 360 dan sistem blind spot monitoring.

Kemudian velg-nya berukuran 19 inci dengan desain dual tone. Profil ban yang tipis juga turut menambah kesan sporty pada MPV premium ini.

Sementara itu, bagian belakang tetap mempertahankan kesan modern dengan aksen chrome, termasuk di bagian bawah bumper.

Eksterior

Vellfire HEV

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

5.010 x 1.850 x 1.945           

Ground Clearance (mm)

160

Wheelbase (mm)

3.000

Velg (inci)

19

Interior

Dari tabel di atas, dimensi mobil ini memang cukup besar. Kabin terasa lega dengan kapasitas enam tempat duduk.

Pada saat masuk ke dalam, Anda akan disambut dengan nuansa “Executive Lounge” yang menjadi konsep utama interior Vellfire HEV.

Kursinya mewah, lebar, nyaman, dan membawa fitur-fitur pengaturan elektrik. Rasanya seperti berada di kursi kelas bisnis pesawat terbang.

Seperti Anda lihat pada gambar, interior Vellfire menggunakan perpaduan warna hitam dan coklat. Aksen kayu pada beberapa bagian menambah kesan mewah.

Dasbornya dilengkapi layar sentuh 14 inci yang support koneksi nirkabel smartphone, wireless charging, dan beberapa fitur canggih lainnya.

Baris kedua lebih fokus pada kenyamanan penumpang dengan ruang kaki luas dan posisi duduk yang nyaman. Penumpang juga memiliki akses untuk mengatur berbagai fungsi di mobil melalui layar kontrol.

Di bagian belakang, ruang bagasinya cukup luas dan fleksibel. Cocok untuk mengangkut barang kebutuhan sehari-hari maupun saat perjalanan jauh.

Fitur Keamanan

Bukan hanya menawarkan kenyamanan dan kemewahan, tetapi Toyota Vellfire Hybrid juga menjanjikan keamanan yang maksimal bagi penumpangnya.

Mobil ini mengusung fitur keamanan aktif andalan Toyota, yaitu TSS 3.0 untuk membantu mencegah bahaya di setiap perjalanan Anda.

Fitur-fitur yang ada di dalam paket TSS antara lain LTA, DRCC, PCS, dan AHB. Ada pula sistem pemantauan pengemudi yang memberikan alarm peringatan bagi pengemudi.

Harga

Pertanyaan terakhir, berapa harga Toyota All New Vellfire HEV?

Di Indonesia, PT TAM cuma menjual tipe hybrid dengan dua varian yang cuma berbeda warna.

Harga varian warna premium sekitar Rp1,8 miliar lebih 6 jutaan, sedangkan non premium hanya lebih 2 jutaan. Di luar Jakarta, harganya mungkin berbeda.

Meski dibanderol hampir Rp2 miliar, tetapi itu sangat sepadan. Mobil ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan MPV premium hybrid yang andal.

Jika tertarik, silahkan ajukan kredit Toyota All New Vellfire HEV di MUF Online Autoshow (MOAS). Dapatkan mobil mewah ini dengan cicilan mulai 34 jutaan per bulan.

< Kembali