NEWS

Toyota Corolla Altis HEV Facelift, Bawa Ubahan Interior & Eksterior

Toyota Corolla Altis HEV Facelift, Bawa Ubahan Interior & Eksterior Toyota Corolla Altis HEV Facelift, Bawa Ubahan Interior & Eksterior

Membawa sejumlah fitur tambahan, PT TAM akhirnya resmi mengumumkan sedan medium Corolla Altis HEV facelift di Indonesia.

Sebagai salah satu favorit konsumen di pasar, Corolla Altis terbaru menawarkan desain yang lebih aktif dan kokoh.

Fitur hiburan dan keselamatannya pun semakin canggih, serta kini mengusung mesin hybrid yang ramah lingkungan.

Intinya, Corolla Altis HEV 2023 siap memenuhi kebutuhan mobilitas Anda dengan segala pembaruannya.

Penasaran? Langsung saja simak review lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi

Corolla Altis menggunakan mesin bensin hybrid berkode 2ZR-FXE, yang memiliki 4 silinder segaris, 16 katup, dengan teknologi dual VVT-i.

Sistem injeksi elektronik membantu mesin berkapasitas 1,8 liter tersebut untuk menyeimbangkan tenaga listrik dan bahan bakar konvensional.

Di sisi lain, kelebihan teknologi hybrid adalah memberikan efisiensi maksimum pada saat mesin bensin dan motor listriknya berkolaborasi.

Mesin bensin Corolla Altis dapat mencapai daya maksimal 98 PS dan torsi puncak di angka 14,47 kgm. Sementara untuk motor listriknya, 72 PS/16,6 kgm.

Jika keduanya digabungkan, varian mesin HEV mampu mencatatkan tenaga hingga 122 PS. Berikut rangkuman spesifikasi Toyota Corolla Altis HEV terbaru:

Spesifikasi

Altis HEV

Tipe Mesin

2ZR-FXE, hybrid 4 silinder, 16 katup, dual VVT-i

Isi Silinder (cc)

1.798

Daya Maksimum (PS)

98

Torsi Maksimum (kgm)

14,47

Daya Maksimum HEV (PS)

122

Performa

Di segmen sedan medium, Toyota Corolla Altis HEV memberikan pengalaman berkendara yang istimewa, terlebih dengan hadirnya mesin HEV.

Akselerasinya sangat halus dan responsif. Selain karena dibantu motor listrik untuk percepatan awalnya, Corolla Altis juga menggunakan transmisi CVT.

Konfigurasi itu menghasilkan akselerasi yang cukup impresif. Kecepatan 0-100 kpj dapat ditempuh Corolla Altis Hybrid dalam waktu 9,7 detik saja.

Untuk efisiensinya tidak perlu diragukan. Mobil sedan ini memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang baik, di dalam kota maupun di luar kota.

Perjalanan dalam kota menghabiskan rata-rata 14 km/liter. Ini menunjukkan bahwa Corolla Altis cocok untuk mobilitas sehari-hari di perkotaan.

“Saat kendaraan dalam keadaan diam semua sistem tenaga akan otomatis mati guna menghemat energi. Itulah yang membuat mesinnya irit BBM.”

Di satu sisi, New Corolla Altis menghabiskan 19,6 km/liter pada kecepatan tinggi. Jadi, untuk menempuh jarak jauh pun tidak jadi masalah.

Performa

Altis HEV

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

9,7

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

14

Konsumsi BBM luar kota  (km/liter)

19,6

Kapasitas tangki (liter)

43

Eksterior

Selanjutnya, mari membahas desain eksterior New Corolla Altis HEV. Di Indonesia, PT TAM hanya menjual tiga varian warna, yakni:

  • Platinum White Pearl Mica,
  • Celestite Gray Metallic,
  • Altitude Black Metallic.

Pada facelift kali ini, Toyota menambah sentuhan sporty. Dimensinya memang cukup compact, tetapi banyak sisi yang menarik perhatian.

Ubahan menarik yang pertama adalah grill bawah baru berbentuk jaring bergaya racing. Sementara grille atas tetap mempertahankan bentuk trapezoidal.

Kemudian, desain velg-nya juga baru dan lebih besar. Kali ini menggunakan velg 17 inci berwarna hitam dan silver, yang mana menambah kesan dinamis.

Bergeser ke bagian belakang, guratan lampunya cukup unik, ditambah aksen warna chrome yang menyambung dari kanan ke kiri.

Eksterior

Altis HEV

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.630 x 1.780 x 1.455

Ukuran Velg (inci)

17

Ground Clearance (mm)

155

Wheelbase (mm)

2,700

Interior

Secara umum, Toyota masih mempertahankan sebagian besar desain interior Corolla Altis Hybrid sebelumnya, terutama penggunaan platform TNGA.

Platform tersebut membuat Altis HEV, yang notabene berdesain compact, memiliki kabin yang lega dengan kapasitas lima penumpang.

Satu hal yang selanjutnya coba ditingkatkan oleh Toyota pada Corolla Altis facelift adalah sistem hiburannya.

Pembaruan paling mencolok yaitu audio display berukuran 9 inci dengan konektivitas smartphone. Ini lebih besar dari yang generasi terdahulu.

“Selain koneksi ke smartphone, mobil Corolla Altis terbaru juga dapat dipantau melalui aplikasi mTOYOTA.”

Ada pula layar TFT MID modern sebesar 12,3 inci untuk memberikan segala informasi terkait kondisi mobil.

Tidak ketinggalan, Toyota menambahkan wireless charger untuk melengkapi port USB-C yang sudah ada sebelumnya.

Fitur Keamanan

Terakhir, keamanan Corolla Altis HEV terbilang lengkap karena sudah ada fitur Toyota Safety Sense. Paket keamanan khas Toyota ini hanya ada pada varian mesin HEV, yang terdiri dari:

  • PCS,
  • LDA,
  • AHB,
  • Lane Tracing Assist,
  • Radar Cruise Control.

Kelengkapan lainnya termasuk 7 buah SRS airbag, sistem sonar, monitor titik buta, dan rear crossing traffic alert.

Penggunaan sasis TNGA juga berperan penting dalam meningkatkan keamanan penumpang serta pengemudi terhadap benturan.

Harga

Per bulan Oktober 2023, Anda sudah mulai bisa melakukan pemesanan. Harga Corolla Altis HEV mulai Rp620 jutaan khusus varian warna non premium. Untuk dua pilihan warna premium, Anda harus membayar ekstra sebesar Rp3 jutaan.

Akan tetapi, harga dealer di luar Jakarta mungkin berbeda. Jadi, silahkan hubungi dealer terdekat dan pesan menggunakan program kredit MUF Online Autoshow (MOAS).

Ajukan kredit mobil Corolla Altis HEV secara mudah di MOAS dengan bunga mulai 2% (sesuai promo yang berlaku) dan angsuran bulanan yang ringan sesuai kebutuhan.

< Kembali