NEWS

Toyota Hilux Rangga, Solusi Karoseri Bisa Jadi Apa Saja

Toyota Hilux Rangga, Solusi Karoseri Bisa Jadi Apa Saja Toyota Hilux Rangga, Solusi Karoseri Bisa Jadi Apa Saja

Pertengahan Oktober 2024, PT TAM resmi merilis Toyota Hilux Rangga untuk meramaikan persaingan pasar mobil komersial Tanah Air.[1]

Toyota menjadikan Hilux Rangga sebagai solusi baru mobilitas bisnis yang andal dan serbaguna.

Hilux Rangga sendiri adalah hasil input dari para pelanggan di seluruh Indonesia, yang kemudian diterjemahkan oleh Toyota.

Mobil ini memiliki dua pilihan jenis mesin, menawarkan fungsionalitas baru, dan harganya relatif terjangkau.

Seperti apa detailnya? Simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, spesifikasi Toyota Hilux Rangga menawarkan dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel.

Hilux Rangga bermesin bensin 1TR-FE 2 liter mampu meluapkan tenaga hingga 139 PS dengan torsi maksimum 183 Nm. Teknologi dual VVT-i menjadi andalan untuk meningkatkan efisiensi dan performa mesin ini.

Di sisi lain, varian mesin diesel menawarkan tenaga yang lebih besar. Mesin diesel 2GD-FTV 2,4 liter ini juga digunakan pada Innova Reborn Diesel.

Tenaga maksimum mencapai 149 PS dengan torsi sebesar 343 Nm. Toyota menyematkan VNT Turbocharger agar performanya lebih optimal.

Kemudian untuk transmisinya, hampir semua tipe menggunakan manual 5-speed. Hanya Diesel High yang menawarkan opsi transmisi otomatis 6-speed.

Saat ini Hilux Rangga menggunakan sistem RWD, tetapi Toyota Asia membuka kemungkinan menghadirkan varian 4x4 jika permintaannya memadai.[2]

Spesifikasi

Bensin

Diesel

Tipe Mesin

1TR-FE

2GD-FTV

Isi Silinder (cc)

1.998

2.393

Daya Maksimum (PS)

139

149

Torsi Maksimum Mesin (Nm)

183

343

Performa

Tidak seperti kebanyakan kompetitor, PT TAM langsung merilis data performa Hilux Rangga untuk kedua jenis mesin.[3]

Mesin bensin menunjukkan kemampuan akselerasi yang lebih lambat. Kecepatan 0 hingga 100 kpj diraih dalam waktu 17,3 detik.

Sementara itu, catatan waktu akselerasi Toyota Hilux Rangga diesel lebih unggul dengan 13,8 detik.

Keunggulan lainnya yaitu kapasitas tangki besar dan konsumsi BBM yang efisien. Faktor ini tentunya dapat menjadi daya tarik bagi para pelaku usaha.

Dari hasil pengujian internal, mesin bensin memiliki efisiensi 10,6 kpl, sedangkan mesin diesel mencapai 14,2 kpl ketika dioperasikan tanpa muatan.

Namun, perlu Anda pahami bahwa efisiensi BBM dapat berubah pada saat mobil membawa beban.

Performa

Bensin

Diesel

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

17,3

13,8

Konsumsi BBM kombinasi (kpl)

10,6

14,2

Kapasitas tangki (liter)

55

Eksterior

Sebagai kendaraan yang fokusnya untuk operasional bisnis, tidak heran pilihan warna Hilux Rangga terbatas hanya putih dan abu-abu.

Di luar itu, sebetulnya dari segi desain mobil ini cukup stylish.

Gril depan berwarna hitam solid.[4] Di bagian bawahnya terdapat tiga buah bumper yang makin memperkuat kesan tangguh.

Untuk lampunya, tipe High menggunakan projector, sedangkan model Standar masih lampu halogen.

Tidak ketinggalan, di bagian tengahnya terdapat emblem TOYOTA warna hitam atau chrome, tergantung varian pilihan Anda.

Bagian menarik di sisi eksterior yaitu adanya antena radio di sebelah spion kanan, yang sepertinya terinspirasi dari Toyota Land Cruiser 70 series.[5]

Selebihnya, bagian belakang bisa dimodifikasi menjadi bentuk apapun sesuai kebutuhan Anda.

Dimensi Toyota Hilux Rangga adalah 4.970 x 1.785 x 1.740 mm. Baknya juga luas, sehingga membuka berbagai kemungkinan.[6]

Berikut adalah beberapa modifikasi Toyota Hilux Rangga:

  • Bisnis: food truck, mobile cafe, freezer, dll.
  • Hobi: campervan, towing motor.
  • Pelayanan publik: ambulans, animal rescue, dll.

Eksterior

Rangga

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.970 x 1.785 x 1.740

Ground Clearance (mm)

190[7]

Wheelbase (mm)

2.750

Velg (inci)

14

Interior

Desain interior Toyota Hilux Rangga pickup terbilang sederhana, tetapi fungsional, sesuai dengan peruntukannya.[8]

Meskipun tidak banyak fitur mewah, kabin Hilux Rangga sangat mendukung kenyamanan dan ergonomi pengemudi.

Joknya semi-bench, nyaman dan dapat diatur kemiringannya. Sayangnya, headrest hanya tersedia pada varian High.

Selanjutnya, visibilitas pengemudi di jendela sangat baik, sehingga dapat mengamati kendaraan di sekitarnya.

Interface setir juga simpel. Di baliknya terdapat beberapa informasi penting seperti speedometer, indikator bahan bakar, dan MID.

Kalau Anda bosan, Toyota membekali sistem hiburan berupa radio yang mendukung konektivitas Bluetooth.

Perlu dicatat bahwa tidak semua varian memakai AC karena sebagian besar hanya dibekali blower.

Intinya, secara umum interior Hilux Rangga memang fokus pada fungsionalitas dan kenyamanan dalam konteks bisnis.

Fitur Keamanan

Terakhir, Toyota hanya menyematkan fitur keamanan unggulan pada varian High alih-alih Standard, seperti ABS dan EBD.[9]

Fitur unggulan lainnya yaitu immobilizer, seat belt 3 titik dengan peringatan, dan airbag untuk pengemudi dan penumpang.

Akan tetapi, Anda dapat terhubung dengan T-intouch melalui aplikasi mToyota di ponsel jika ingin mendapatkan fitur keamanan tambahan secara real-time.

Toyota juga menawarkan opsi kustomisasi dengan menambahkan sensor depan.

Harga

Harga Toyota Hilux Rangga mulai dari Rp188,7 juta untuk varian bensin Cab-Chassis hingga yang termahal Rp304,5 juta untuk varian diesel High.[10]

Secara keseluruhan, ada belasan opsi modifikasi dan konfigurasi mesin yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Bagi Anda para pelaku usaha, jangan ragu mengajukan kredit Toyota Hilux Rangga melalui MUF Online Autoshow (MOAS) yang menawarkan cicilan ringan dan bunga rendah. Program ini akan memudahkan Anda memiliki dan menikmati ketangguhan Hilux Rangga untuk mendukung operasional bisnis.