NEWS

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Evolusi Melebihi Ekspektasi

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Evolusi Melebihi Ekspektasi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Evolusi Melebihi Ekspektasi

Mengusung slogan “Cross into the New Energy”, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid seolah ingin menegaskan 2 hal.

Pertama, ini menjadi awal generasi Kijang Innova menggunakan teknologi hybrid. Kedua, Kijang Innova Zenix Hybrid 2023 berevolusi tak lagi MPV murni, tapi lebih mengarah ke Crossover.

Seperti apa keistimewaan Kijang generasi ke-tujuh garapan Toyota ini? Simak ulasannya dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa
  • Keunikan desain eksterior dan interior
  • Fitur kenyamanan, keselamatan, dan keamanan.

Spesifikasi

Mengusung teknologi hybrid, spesifikasi Innova Hybrid sudah setingkat di atas MPV biasa.

Mesin bensinnya mirip dengan versi non-hybrid, menggunakan model M20A-FXS. Tipenya sama DOHC, 4 silinder inline, 16 katup, serta Dual VVT-i. Hanya saja rasio kompresinya sedikit lebih tinggi, yaitu 14:1 (non-hybrid = 13:1).

Secara terpisah, spesifikasi mesin bensinnya mampu mengeluarkan daya hingga 152 hp dan torsi 187 Nm. Hal ini ditambah lagi dengan spesifikasi motor listrik yang mampu memberikan daya 113 hp dan torsi 21 Nm.

Total daya maksimum mampu mencapai 183 hp jika kedua mesin (listrik & bensin) hidup bersamaan. Tenaga tersebut tersalur melalui transmisi e-CVT pada roda depan (FWD).

Spesifikasi

Mesin Bensin

Motor Listrik

Tipe Mesin

DOHC, 4 silinder inline, 16 katup, serta Dual VVT-i

AC Synchronous Electric Generator

Kubikasi/kapasitas baterai

1.987 cc

1,31 kWh

Daya Maksimum

152 hp/6.000 rpm

113 hp

Torsi Maksimum

187 Nm/4.400-5.200 rpm

205 Nm

Performa

Ada 3 mode berkendara yang bisa Anda gunakan: Eco untuk pengalaman berkendara yang halus, Power mode untuk performa buas, dan EV mode untuk hemat BBM.

Seperti umumnya mesin hybrid, akselerasi di kecepatan rendah didorong oleh mesin listrik, setidaknya hingga 60 km/jam. Setelah itu bisa menggunakan mesin bensin atau kombinasi keduanya.

Dengan sistem tersebut, tak heran jika saat akselerasi, suara di kabin tetap hening. Baru terdengar gemuruh mesin saat kecepatan melampaui 100 km/jam.

Innova Zenix Hybrid digadang dapat mencapai 100 km/jam dalam 10-11 detik. Untuk kelas MPV, walaupun crossover, tetap ini sebuah prestasi tersendiri. Apalagi konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ini bisa tembus hingga 23 km/liter.

Performa

Zenix Hybrid

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10-11

Konsumsi BBM (km/liter)

21-23

Kapasitas tangki (liter)

52

Eksterior

Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki 5 varian: G, V, HV Modellista, HV TSS, dan HV TSS Modellista. Spesifikasi dan desain sama, hanya fitur berbeda.

Desain eksterior Innova Zenix Hybrid semakin mengarah ke Crossover dengan grill yang lebar dan kisi angin yang unik macam seringai macan. Body moulding-nya juga terasa lebih dinamis, tidak kaku seperti sebelumnya.

Terdapat aksen dan ornamen premium pada varian-varian atas. Contohnya seperti logo Toyota yang lebih artistik, bumper dan skid plate dengan emboss, serta sides skirt yang tampak mewah.

Khusus varian tertinggi menggunakan alloy wheel 18’ layaknya SUV. Selain itu, ada juga fitur Power Backdoor with Voice Command untuk membuka dan menutup pintu belakang dengan suara saja.

Interior

Kombinasi desain yang sporty dan comfy jadi ciri interior Kijang Innova Zenix Hybrid.

Kemewahan mulai terasa dari dasbor. Head unit 10” dengan konektivitas smartphone dan TFT MID 7” menjadi kombinasi kecanggihan yang mengagumkan.

Selain itu, sentuhan material soft pad dan black leather premium pada dasbor serta seat juga memberikan kesan mewah dan lapang. Terlebih ada panoramic retractable sunroof, dimensi kabin jadi terasa lapang.

Eksterior

Zenix Hybrid

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.755 x 1.810 x 1.795

Ground Clearance (mm)

185

Jarak Poros Roda (mm)

2.850

 

Desain kemudi Innova Zenix Hybrid terasa ringan, bahkan walau penuh dengan tombol paddle shift. Lebih lagi dengan cahaya iluminasi, AC auto digital, serta fitur wireless charging, makin terasa nyaman bagi penumpang.

Yang paling memanjakan tentu adanya dual rearset entertainment 10” yang mampu terkoneksi dengan internet. Tapi ini hanya ada di varian atas saja.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan pasif terasa mumpuni dengan dual SRS airbag, parking camera & sensor, serta isofix. Untuk fitur aktifnya ada Hill Assist dan Stability Control yang tersemat.

Khusus varian atas, sudah tersemat Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Fitur utama berupa Automatic High Beam, Pre-Collision System, Lane Departure & Lane Tracing, serta Dynamic Radar Cruise Control.

Selain itu, ada juga Blind Spot serta Panoramic view monitor. Airbag pun sudah berjumlah 6 untuk varian atas.

Adapun untuk keamanan, tersedia fitur wireless door lock serta immobilizer. Dengan tambahan fitur T-inTouch, Anda juga bisa melacak lokasi mobil secara real time.

Harga

Harga Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid 2023 mulai dari Rp522 jutaan. Untuk varian dengan TSS, Anda bisa memilikinya mulai dari Rp600 jutaan.

Dari harga maupun spesifikasi dan fitur, jelas Innova Zenix bukan sekadar MPV biasa. Untuk keluarga, ini adalah persembahan yang terbaik.

Tertarik memiliki Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid? Langsung saja menghubungi call center MOAS (MUF Online Auto Show) di WA 0821-1182-4010. Dapatkan promo dan bonus menarik untuk pemesanan di bulan ini.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Toyota yang disajikan MOAS.

< Kembali