NEWS

Toyota Kijang Innova Zenix, Puncak Inovasi Tertinggi MPV

Toyota Kijang Innova Zenix, Puncak Inovasi Tertinggi MPV Toyota Kijang Innova Zenix, Puncak Inovasi Tertinggi MPV

Mengusung slogan “Cross into the New Energy”, Toyota Kijang Innova Zenix tampil superb dengan mengusung inovasi mesin yang efisien energi.

Tak hanya itu, Kijang Innova Zenix 2023 ini pun terlihat makin trendi dan aerodinamis dengan desain yang semakin crossover. Fitur dan kenyamanannya juga makin terasa setingkat di atas premium.

Seperti apa perubahan yang diusung oleh MPV Toyota andalan masyarakat Indonesia ini? Simak review Toyota Kijang Innova Zenix dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa mesin
  • Desain eksterior dan interior
  • Fitur kenyamanan dan keamanan

Simak ulasannya.

Spesifikasi

Spesifikasi Innova Zenix 2023 mengalami perubahan mendasar dari sisi mesinnya. Mengandalkan kubikasi mesin yang lebih kecil dari generasi sebelumnya, keluaran torsi dan tenaganya meningkat jauh.

Kijang Innova Zenix mengusung tipe mesin DOHC, 4 silinder inline 16 katup, dengan karakter mesin overbore. Modelnya dinamakan M20A-FKS dan menjadi generasi mesin terbaru dari Toyota.

Mesin ini memberikan tenaga hingga 174 PS, jauh di atas mesin lama yang hanya sekitar 136 PS. Torsi maksimalnya pun tembus 204 Nm, daripada mesin sebelumnya yang hanya mencapai 183 Nm.

Tak lagi memiliki banyak varian, kini Innova Zenix hanya hadir dalam varian G dan V, plus Hybrid. Semuanya bermesin bensin, menggunakan CVT dengan 10 percepatan virtual serta berpenggerak mesin roda depan (FWD).

Spesifikasi

Innova Zenix

Tipe Mesin

M20A-FKS, 4 silinder inline, 16 katup, DOHC, dual VVT-i

Isi Silinder (cc)

1.987

Daya Maksimum (PS/rpm)

174/6.600

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

204/4.500-4.900

Transmisi

CVT (10 percepatan virtual)

Performa

Ditenagai oleh mesin baru, performa mesin jadi salah satu faktor paling menarik dari MPV Crossover 7 seater ini. Mengalami perubahan karakter mesin dari square ke overbore membuat torsi saat akselerasi makin bertenaga.

Toyota mengklaim generasi terbaru Kijang Innova bermesin bensin ini memiliki performa lebih baik dari Innova Reborn Diesel. Padahal versi diesel sebelumnya memiliki kubikasi mesin 2.400cc.

Akselerasi 0-100 Innova Diesel 2.400 cc mencatatkan angka 13,1 detik. Itupun sudah menggunakan teknologi Turbo. Artinya, akselerasi 0-100 km Innova Zenix bisa kurang dari 12 atau 11 detik.

Tak hanya itu, konsumsi BBM Kijang Innova Zenix pun masih lebih unggul dari generasi sebelumnya yang mencatatkan 14 km/liter solar. Innova Zenix bermesin bensin sekarang mampu mencapai 15 km/liter. Bahkan, versi Hybrid bisa tembus 21 km/liter.

Performa

Innova Zenix

Akselerasi 0-100 km/jam

kurang dari 11/12 detik

Konsumsi BBM (rute gabungan)

12-14 km/liter

Kapasitas tangki

52 liter

 

Performa yang ciamik tersebut bisa jadi karena Kijang generasi ke-7 ini sudah mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Hasilnya, bobot jadi lebih ringan hingga 170 kg dan distribusi tenaga ke berat jadi lebih efektif.

Eksterior

Sentuhan crossover sangat terlihat dari desain eksterior Toyota Kijang Innova Zenix 2023.

Fasad depan terlihat garang dengan desain grill trapezoid lebar beraksen heksagonal. Kesan buas juga terlihat dari LED Headlamp-nya memiliki lekukan lebih lebar di sisi luar, mirip seperti hidung macan.

Terlebih dengan desain DRL yang memanjang di tengah kisi angin bagian bawah. It’s totally beast.

Di bagian samping, alloy wheel 17” bersepuh perak jadi poin menarik dan potongan jendela belakang jadi pembeda dari generasi sebelumnya. Molding samping pun terlihat lebih aerodinamis, tidak kaku seperti yang lalu.

Fasad belakang Innova Zenix terlihat lebih simpel, termasuk desain combination rear lamp. Namun, garis jendela belakang terlihat lebih dinamis dengan lekuk yang unik.

Interior

Interior Kijang Innova Zenix terasa sporty dan mewah layaknya Crossover kelas premium.

Tampilan dasbor tampak berkelas dengan balutan soft pad dan sentuhan two tone beraksen coklat. Kesan mewah dan berkelas kian tampak dari penyematan floating head unit berukuran 10” (atau 9”) dan TFT MID 4,5”.

Tambahan lampu iluminasi membuat perjalanan terasa nyaman. Terlebih dimensi kabinnya juga terasa lapang meski diisi dengan 8 orang.

Bagian yang paling menonjol adalah rearset entertainment 10” yang mampu terhubung dengan internet. Ini tak ada di generasi sebelumnya. Selain itu juga ada electric parking brake dan auto AC digital.

Dimensi

Innova Zenix

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.755 x 1.810 x 1.795

Ground Clearance (mm)

185

Jarak Poros Roda (mm)

2.850

Fitur

Fitur keselamatan Kijang Innova Zenix cukup mumpuni dengan dual SRS airbag, parking camera & sensor, dan isofix. Selain itu, ada juga Hill Start Assist untuk ketika mendaki dan Vehicle Stability Control untuk saat menikung.

Untuk keamanan, ada fitur smart door lock dengan wireless, serta immobilizer yang sudah built in. Sayangnya, untuk Innova Zenix varian mesin bensin ini belum punya Toyota Safety Sense.

Harga

Harga Toyota Kijang Innova Zenix 2023 ini mulai dari Rp419 juta-an untuk varian G gasoline.

Mengingat mesin barunya serta eksterior dan interior yang premium, harga ini tentu sangat layak. Namun, dengan tambahan Rp40 juta lagi, Anda sudah bisa mencoba sensasi Crossover dengan Hybrid Engine.

Jadi, mau yang ini saja? Atau langsung ke versi Hybrid yang lebih spektakuler? Apa pun pilihan Toyota Kijang Innova Zenix Anda, pastikan untuk memesan lewat MOAS (MUF Online Auto Show). Dapatkan promo dan bonusnya yang pasti Anda suka.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Toyota yang disajikan MOAS.

< Kembali