NEWS

Toyota New Fortuner GR Sport, Mesin Baru Lebih Tangguh

Toyota New Fortuner GR Sport, Mesin Baru Lebih Tangguh Toyota New Fortuner GR Sport, Mesin Baru Lebih Tangguh

Toyota New Fortuner GR Sport disebut sebagai SUV dengan mesin paling garang yang dikeluarkan oleh PT TAM. Hadirnya tipe GR Sport melengkapi jajaran New Fortuner pada awal tahun 2022.

Dengan mesin baru yang lebih bertenaga, New Fortuner GR Sport langsung mencuri perhatian penggemar SUV di Tanah Air sejak peluncurannya.

Mau tahu lebih jauh perubahan dan fitur terbaru SUV dari Toyota ini? Simak spesifikasi Fortuner GR Sport 2022 berikut ini.

Spesifikasi

PT TAM menjual dua tipe Fortuner 2.8 GR Sport 2022 bertransmisi AT di Indonesia, yaitu 4x2 dan 4x4. Mesin yang diusung adalah diesel turbo 1 GD FTV 4 Silinder 2.755 cc.

Fortuner GR Sport 2022 4x4 menjadi flagship yang sejauh ini belum tertandingi di kelasnya. Mesinnya responsif, stabil dan tidak menimbulkan kebisingan di kabin.

“Toyota tidak mau berlama-lama terpaku pada teknologi lawas sehingga terdorong untuk mengembangkan mesin 1 GD yang performanya lebih galak.”

Dari segi tampilan, sekilas terlihat tidak jauh berbeda dengan GR Sport 2.4 terdahulu. Di luar mesin, Toyota cuma melakukan beberapa perubahan seperti pada front bumper, grille dan scuff plate.

Spesifikasi

New Fortuner GR Sport

Tipe Mesin

1 GD FTV 4 Silinder

Isi Silinder

2.755cc

Daya Maksimum

203,9 PS/3.000 – 4.000 rpm

Torsi Maksimum

50,9 kgm/1.600 – 2.800 rpm

Performa

Toyota Fortuner GR Sport 2022 mampu menghasilkan daya 36 persen lebih besar dan torsi 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mesin lamanya.

Untuk akselerasi 0 – 100 km/jam New Fortuner GR Sport cuma membutuhkan 11,9 detik.

Secara teori, tenaga yang besar berarti lebih boros BBM. Faktanya memang demikian, tetapi perbandingannya sangat tipis dengan tipe 2.4.

Dalam uji coba, hasilnya tipe 2.8 menghabiskan 1 liter untuk jarak 11,6 km di dalam kota dengan lalu lintas padat. Sedangkan tipe 2.4 bisa sampai 12 km.

Untuk perjalanan luar kota tercatat 14,8 km per liter, hanya terpaut 1,4 km dari penggunaan BBM tipe 2.4.

Intinya, mesin 1 GD masih tergolong sangat efisien. Terlebih dari sisi kecepatan, New Fortuner GR Sport terbaru jauh lebih unggul.

Performa

New Fortuner GR Sport

Akselerasi 0-100 km/jam

11,9 detik

Konsumsi BBM New Fortuner GR Sport dalam kota

11,6 km/liter

Konsumsi BBM New Fortuner GR Sport antar kota

14,8 km/liter

Kapasitas tangki

80 Liter

Eksterior

Beralih ke tampilan luar Toyota New Fortuner GR Sport. Semua tipe mendapat porsi pembaruan yang sama.

Meskipun masih identik dengan 2.4, tetapi Anda bisa mengidentifikasi perbedaannya secara cepat dari emblem GR Sport.

Di sisi depan dan samping perubahannya minor. Salah satunya bumper dan grille yang baru.

Kemudian Toyota juga mengganti velg-nya dengan Black Alloy Wheel. Warna hitam pekat ini pas sekali dengan image New Fortuner GR Sport yang tangguh.

Sementara di sisi belakang, bagian yang baru hanya scuff plate.

Eksterior

New Fortuner GR Sport

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.795 x 1.855 x 1.835

Ground Clearance (mm)

2.745

Jarak Poros Roda (mm)

2.745

Interior

Hal menarik pertama dari interior Toyota New Fortuner GR Sport adalah pemilihan warna hitam. Ini sangat mencolok sekaligus memberi kesan elegan.

Lanjut pada bagian dasbor, nuansa sporty terasa sangat kental. Tidak ketinggalan logo GR Sport tersemat di bagian kemudi serta start/stop button.

Beberapa fitur menarik di area ini antara lain multimedia yang terintegrasi dengan smartphone, voice command dan NFC.

Layar di depan nantinya berguna untuk salah satu fitur keamanan.

Kemudian kabinnya relatif lega dengan kapasitas 7 penumpang. Namun jika Anda membutuhkan bagasi yang lebih luas, kursi baris belakang harus dikorbankan.

Kelengkapan lainnya seperti wireless charger juga cukup krusial. Ditambah Fortuner 2.8 memiliki fitur hiburan yang memadai.

“Kesenyapan di dalam kabin memberi pengalaman yang berbeda dan membuat nyaman selama perjalanan.”

Fitur Keamanan

Terakhir, fitur keamanan dan keselamatan New Fortuner GR Sport dirancang untuk melindungi setiap penumpang secara maksimal.

Khusus di tipe 4x4 GR Sport, terdapat 7 buah SRS airbag di baris depan untuk meminimalkan cedera saat terjadi benturan.

Untuk keamanan berkendara juga dilengkapi Trailer Sway Control, HSA, DAC, EBS, TRC, dan VSC. Fitur-fitur tersebut tersedia di semua tipe.

Tambahan lainnya yaitu surround monitor 360 derajat untuk parkir maupun mendeteksi objek di area blind spot. Semua dapat Anda lihat dari layar.

Teknologi T-intouch juga meningkatkan keamanan saat Anda sedang meninggalkan mobil. Pasalnya, mobil langsung terkoneksi dengan aplikasi seluler.

Harga

Harga Toyota Fortuner GR Sport 2022 tipe 4x2 di kisaran Rp621,6 juta, sedangkan tipe 4x4 dibanderol Rp712 juta. Di situs web resminya Toyota juga masih menjual GR Sport 2.7 yang menjadi varian termurah dengan harga Rp586.350.000.

Terakhir, jika tertarik memboyong Toyota New Fortuner GR Sport, Anda bisa menggunakan skema cicilan bunga rendah dengan MUF Online Autoshow (MOAS).

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Toyota yang disajikan MOAS.

< Kembali