NEWS

Toyota Voxy, Mobil Keluarga Ternyaman dengan Mesin Tangguh

Toyota Voxy, Mobil Keluarga Ternyaman dengan Mesin Tangguh Toyota Voxy, Mobil Keluarga Ternyaman dengan Mesin Tangguh

Toyota Voxy melenggang di pasar otomotif Tanah Air pada Februari 2022 sebagai alternatif mobil keluarga.

All New Voxy hadir dengan sejumlah perubahan yang signifikan. Selain dari segi tampilan, performanya juga ditopang oleh mesin baru.

PT TAM sendiri hanya menjual varian CVT. Banyak yang mengharapkan kehadiran Voxy hybrid, tetapi masih belum tersedia di Indonesia.

Oleh karenanya, artikel kali ini akan mengulas tentang All New Voxy CVT, mulai performa hingga fitur-fiturnya.

Spesifikasi

Toyota Voxy 2022 lebih powerful daripada generasi 2018 berkat mesin teranyar. Dapur pacunya, M20A-FKS, bertipe DOHC 4 cylinder dan punya kapasitas 2.0 L.

Kemampuan maksimum mesin ini mencapai 167,6 HP per 6.600 rpm dan putarannya 202 Nm pada 3.800 rpm. Terpaut cukup jauh dari Voxy terdahulu.

Di kelas mobil keluarga, mesinnya di atas rata-rata. Itu sangat berpengaruh pada kelincahan Voxy ketika bermanuver dengan dimensinya yang besar.

Di bawah ini spesifikasi Toyota Voxy untuk mesinnya.

Spesifikasi

All New Voxy

Tipe Mesin

M20A-FKS

Isi Silinder (cc)

1.986

Daya Maksimum (HP/rpm)

167,6/6.600

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

202/4.900

Performa

“Konsep arsitektur TNGA meningkatkan kenyamanan dan performa Voxy.”

Transmisi CVT mobil Toyota Voxy menawarkan tarikan yang lebih responsif serta terasa effortless pada saat Anda menginjak pedal gas.

Mesin Voxy terbaru, selain lebih bertenaga, juga sudah bersertifikasi Euro 4 dan hemat bahan bakar.

Pada beberapa pengujian, penggunaan harian di dalam kota cuma menghabiskan seliter untuk 10,3 kilometer pada kecepatan rata-rata 20-25 kpj.

Sementara perjalanan jarak jauh (luar kota) via jalan tol mencatat 17,4 kilometer per liter. Terbilang irit kalau membandingkannya dengan mobil yang sekelas.

Untuk akselerasi 0-100 kpj, sebagai catatan Voxy 2018 melaju dalam waktu 11,8 detik, sedangkan Voxy 2022 berhasil meraih 10,7 detik.

Performa

All New Voxy

Akselerasi 1-100 km/jam (detik)

10,7

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

10,3

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

17,4

Kapasitas tangki (liter)

52

Eksterior

Mari soroti beberapa perubahan terbaru yang membuat All New Voxy menjadi tampak semakin menarik dan berkelas.

Pertama, Anda bisa lihat grill, headlamp dan velg yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Lebih banyak detail mencolok sehingga membuatnya menawan.

Kemudian pada bagian belakang, membentang lampu kombinasi vertikal tepat di sebelah atas tulisan Voxy. Gaya baru ini, selain fungsional juga mempercantik tampilan.

“Voxy masih mempertahankan bahasa desain Keen Look yang pertama kali diperkenalkan pada 2012.”

Selanjutnya dari sebelah samping, terdapat fitur Toyota Voxy yang sangat tepat untuk mobil keluarga. Slide door samping kini dapat dibuka dengan sensor tendangan.

Di Indonesia saat ini tersedia empat opsi warna. Pilihan yang berstatus spot order berarti harus menunggu proses inden selama kurang lebih tiga bulan.

Untuk menggambarkan ukurannya, berikut dimensi Toyota Voxy.

Eksterior

All New Voxy

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.695 x 1.730 x 1.855

Ground Clearance (mm)

150

Jarak Poros Roda (mm)

2.850

Interior

Sekarang masuk bagian dalam mobil Toyota Voxy. Kabinnya terasa sangat lega, dengan kapasitas hingga tujuh orang penumpang.

Kesan premium benar-benar terlihat dari depan sampai belakang. Kursinya terbuat dari bahan kulit berkualitas. Pengaturan posisi duduknya pun sangat fleksibel.

“Anda bisa menggabungkan kursi baris ketiga dan kedua agar nyaman beristirahat saat menempuh perjalanan jauh.”

Bergeser ke dasbor, segala fitur modern ada di sana. Mulai layar panoramic view, LCD di balik kemudi plus HUD, serta head unit yang support miracast.

Pengemudi juga dapat mengatur sendiri preferensinya untuk mengakses tombol-tombol Toyota Safety Sense.

Kelengkapan Toyota Voxy interior benar-benar memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Bahkan bukaan pintu belakang pun dapat diakses dengan menekan tombol pintu samping.

Tidak ketinggalan fitur hiburan keluarga, di mana tersedia layar berukuran 11,6 inci pada bagian atas kabin dengan remote control.

Fitur Keamanan

Terakhir, fitur keselamatan. Toyota menyematkan tujuh airbags di seluruh area untuk mengantisipasi benturan jika terjadi insiden. Kemudian untuk pendukung keamanan berkendara lainnya terdapat fitur PCS, LTA, DRCC, dan AHB.

Yang menarik adalah spion pada Voxy lebih fungsional dari kelihatannya. Spionnya memiliki fitur pemanas sehingga Anda dapat melihat lebih jelas. Selain itu juga ada monitor titik buta (BSM) yang menampilkan sinyal visual di spion.

Bagi Anda yang memiliki momongan balita, mobil ini sudah dibekali Toyota ISOFIX Base. Jadi, pastinya lebih nyaman jika mengajak si kecil jalan-jalan.

Harga

Kisaran harga Toyota Voxy 2.0 CVT saat ini 590 jutaan untuk OTR wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Menurut ATPM, pada tahun 2023 harga-harga mobil akan naik termasuk Voxy.

Alternatifnya Anda bisa membeli Voxy bekas 2018 di kisaran 360 – 390 jutaan. Selisihnya memang cukup jauh karena yang terbaru mendapat upgrade signifikan.

Tertarik membawa pulang satu unit Toyota Voxy? Ikuti program MOAS (MUF Online Autoshow) untuk mendapat kredit dengan cicilan murah dan pengajuan mudah. Anda bisa membeli mobil baru maupun bekas tanpa beban.

< Kembali