NEWS

Vespa 946 Dragon: Naga Agung Menjelajah Jalanan

Vespa 946 Dragon: Naga Agung Menjelajah Jalanan Vespa 946 Dragon: Naga Agung Menjelajah Jalanan

Vespa 946 Dragon adalah skuter matik edisi terbatas yang diluncurkan oleh pabrikan Piaggio dari Italia.

Edisi ini meluncur untuk menyambut tahun naga kayu dan hanya ada sejumlah 1.888 di seluruh dunia. Angka 8 sendiri memiliki makna keberuntungan dalam tradisi Tionghoa yang menjadi latar munculnya koleksi ini.

Seperti apa keistimewaan koleksi Vespa kali ini? Simak ulasan lengkapnya dari sisi spesifikasi, performa, desain, hingga fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi Vespa 946 edisi naga kayu ini menggunakan mesin dengan kapasitas 155cc yang efisien dan lebih ramah lingkungan.

Dengan kapasitas tersebut, mesin skuter ini mampu mengeluarkan daya maksimal 9,5 kW dan torsi 12,8 Nm.

Angka ini sedikit lebih tinggi dari versi Bunny yang menggunakan mesin 150cc dengan daya 9,0 kW dan torsi 12 Nm.

Artinya, Vespa 946 2024 terbaru ini akan lebih bertenaga dari versi 946 sebelumnya yang keluar di tahun 2023 lalu.

Selain itu, spesifikasi lainnya relatif sama: transmisi CVT, suspensi pegas lengan tunggal di depan dan peredam hidrolik ganda di belakang.

Bahkan, sistem pengeremannya juga sama, sudah ABS dengan kanal ganda, serta sistem anti terpeleset (Anti Slip Regulation - ASR).

Performa dan Fitur

Performa Vespa 946 Indonesia edisi naga ini terbilang standar, tapi tentu bukan itu yang membuatnya jadi perhatian.

Meski bukan merupakan faktor utama, performa vespa edisi terbatas tetap menarik untuk dibahas.

Untuk edisi naga kayu ini, performanya terbilang di atas sebagian vespa lain, mengingat kapasitas mesinnya juga sedikit lebih besar.

Top speed Vespa 946 Dragon mencapai 130 km/jam. Sementara itu, catatan waktu akselerasinya masih terbatas.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan 946 Bunny 10th Anniversary Edition yang punya mesin 150cc, catatan waktunya seharusnya lebih baik. Kemungkinan bisa di bawah 9 detik untuk akselerasi 0-60 km/jam.

Soal handling dan kenyamanan berkendara, jelas tak jadi soal. Vespa terkenal sebagai motor yang sangat nyaman untuk dikendarai.

Generasi 946 terbaru ini sudah memiliki transmisi CVT dan suspensi terbaik, serta rem cakram besar di depan maupun belakang.

Lebih lagi, pengeremannya sudah punya sistem ABS dengan kontrol traksi ASR system untuk mencegah slip di berbagai kondisi jalan.

Desain

Desain Vespa Dragon memadukan kemewahan emas dengan keagungan karakter naga.

Vespa 946 mengambil basis bodi vespa klasik, tidak sama dengan tipe vespa lainnya. Kemudian, masing-masing versi 946 juga memiliki ciri khas tersendiri.

Khusus edisi kali ini, ciri khasnya memiliki baluran warna emas eksklusif dengan hiasan ornamen hewan mitologi naga berwarna hijau zamrud.

Ornamen naga ini membentang dari kepala di shield depan  hingga badan naga di samping bodi samping. Kontras warnanya membuat sang naga terlihat menyala.

Tulisan timbul “Vespa 946” tercetak timbul di shield depan, serta badan motor.

Yang di badan motor terbagi jadi 2: “Vespa” di sebelah kiri dan “946” di sebelah kanan. Di sebelah kanan juga terdapat tulisan angka tahun naga dalam tipe huruf khas universitas Amerika.

Jok terbuat dari leather khusus oleh tangan-tangan terampil dari Italia. Warnanya senada dengan bodi motor.

Speedometer sudah digital seperti versi 946 Bunny, pun bisa terkoneksi dengan smartphone. Headlamp bergaya klasik dengan sistem pembuang panas, sedangkan tail lamp  berwarna merah cerah.

Seperti edisi Bunny, edisi naga kayu ini juga memiliki serial number. Badge nomor seri sampai 1.888 terletak di bawah jok, tepatnya di tutup tool kit.

Aksesoris Vespa 946 Dragon

Vespa 946 Dragon ini hadir dengan aksesoris khusus yang dijual terpisah dan terbatas, berupa flyscreen, helm, tas, dan jaket khusus.

Flyscreen sebenarnya umum, tapi helm dibuat khusus dengan model half face dan memiliki ornamen naga di sisi kanan. Pabrikan menyebutnya sebagai dragon helm.

Selanjutnya, terdapat tas khusus yang memiliki warna senada dengan jok. Tas berbentuk unik seperti roti tawar itu juga dibuat secara khusus di Italia.

Terakhir, ada jaket berwarna krem muda dengan bahan wol premium dan lengan kulit Nappa yang mewah. Naga hijau zamrud berukuran kecil tersulam di dada kiri depan, sedangkan yang besar tersulam di punggung belakang.

Di bagian hood yang serbaguna, terdapat tulisan DRAGON yang besar. Kemudian, simbol Vespa tercetak di dada kanan beserta proverb China dalam bahasa Inggris, berbunyi ”He who wants to be a dragon must eat many little snakes”.

Harga

Harga Vespa 946 Dragon mulai dari Rp267 jutaan, sedikit lebih mahal dari edisi 946 Bunny, dan jauh lebih murah dari edisi  946 Dior.

Angka tersebut rasanya cukup murah bagi seorang kolektor. Terlebih untuk edisi terbatas yang hanya ada 1.888 unit di seluruh dunia.

Mau mendapatkannya lebih cepat dan mudah? Gunakan fasilitas kredit Vespa 946 dari MUF Online Auto Show (MOAS). Pengajuan cepat hanya tinggal klik, kami yang akan menghubungi Anda.

Segera miliki Vespa 946 Dragon edisi terbatas ini dan jadilah bagian dari keluarga eksklusif Vespa.

< Kembali