NEWS

Vespa GTV Sei Giorni II, Skuter Legendaris yang Mengadopsi Teknologi Modern

Vespa GTV Sei Giorni II, Skuter Legendaris yang Mengadopsi Teknologi Modern Vespa GTV Sei Giorni II, Skuter Legendaris yang Mengadopsi Teknologi Modern

Piaggio meluncurkan Vespa GTV Sei Giorni II di awal bulan November 2020 kemarin. Skuter premium dengan tampilan klasik ini dibanderol harga cukup fantastis, Rp. 155 juta. Harga yang sepertinya memang sebanding dengan keunikan desain sampai sejarah yang mengikuti dibaliknya.

Dari segi tampilannya saja, GTV Sei Giorni II memang mengingatkan pada skuter balap klasik di tahun 1950-an. Penggunaan nama Sei Giorni yang disisipkan juga bukan tanpa alasan. Melainkan merujuk pada peristiwa bersejarah tim Piaggio saat mengikuti kompetisi Sei Giorni Internazionale di Italia.

Sejarah GTV Sei Giorni II

Sedikit menilik ke sejarah tahun tersebut, Piaggio mengikuti kompetisi off-road sepeda motor tersulit dan paling bergengsi kala itu. Sei Giorni Internazionale digelar di Varese, Italia pada 1951.

Demi kompetisi ini, 10 skuter Vespa diciptakan untuk mendukung tim Piaggio Squadra Corse. Namun tentu saja, bergabungnya skuter diantara sepeda motor balap off-road tidak dianggap.

Pada akhirnya, tim Piaggio Squadra Corse justru berhasil meraih 9 medali emas individu. Prestasi yang sangat mengejutkan dan tidak terduga.

Prestasi dan event bersejarah tersebut yang akhirnya melatari lahirnya Vespa GTV Sei Giorni.

50 tahun berselang semenjak kompetisi, Piaggio membawa kembali Vespa GTV Sei Giorni II Edition ke pasaran. Edisi kedua dari Vespa GTV Sei Giorni ini mengusung tampilan lebih modern. Meski masih menjunjung desain skuter balap klasik yang menjadi ciri khas model tersebut.

Selain itu, mesin yang disisipkan juga lebih bertenaga dibandingkan edisi pertama.

Spesifikasi Vespa GTV Sei Giorni II

Spesifikasi Vespa GTV Sei Giorni II menghadirkan berbagai keunggulan lain; lagi-lagi memang sesuai dengan harga yang dibanderol. Piaggio menyisipkan komposisi dapur pacu lebih powerful untuk edisi kedua Vespa GTV Sei Giorni.

Untuk versi terbaru, komposisi dapur pacu mengadopsi mesin HPE (High Performance Engine) 300 yang saat ini menjadi paling bertenaga.

Mesin HPE yang diusung dikombinasikan bersama SOHC Engine, Petrol 278 cc, Single Cylinder, 4 Stroke dan 4-Valves. Selain itu juga menggunakan pendingin cairan namun berinjeksi elektrik.

Tenaga maksimum yang dihasilkan skuter bertampilan klasik ini 22.7 hp, 23,8 dk serta torsi maksimum 25.5 Nm. Sei Giorni II menggunakan transmisi Variable, kecepatan CVT.

Tampilan Desain Vespa GTV Sei Giorni II

Desain ala skuter klasik memang menjadi tampilan utama untuk Sei Giorni II. Meski detail yang disuguhkan oleh Piaggio pada skuter ini tidak kalah menarik untuk dikulik lebih jauh.

Desain Vespa GTV Sei Giorni II dibekali dengan tampilan mudguard dan low headlight di bagian depan. Selain itu setang dengan selongsong terbuka dan fairing yang dipoles perunggu menegaskan kesan skuter balap yang dibawa.

Di bagian muka, terdapat speedometer analog dengan latar belakang putih serta instrumen bulan juga menambah penampilan klasik skuter satu ini.

Bila di sisi depan menegaskan tampilan klasik, maka pada bagian samping dan belakang justru menunjukan desain lebih sporty. Desain shockbreaker yang digunakan menjadi penunjang tampilan sporty ini. Serta body Sei Giorni II yang memiliki rangka besar serta lebar.

Beberapa kekurangan dari skuter ini hanya tidak digunakannya lampu LED. Melainkan masih menggunakan bohlam halogen yang menempel di bagian spakbor. Meski ini bisa saja jadi bagian depan demi semakin menampilkan kesan klasik.

Piaggio juga tidak memberikan fitur ASR (Anti Slip Regulation) yang sangat berguna untuk mencegah roda belakang selip saat berkendara di jalan licin.

Vespa GTV Sei Giorni II hadir sebagai skuter dengan tampilan klasik dan unik yang menawarkan performa juara.

Tertarik Vespa GTV Sei Giorni II? Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Vespa yang disajikan MOAS (MUF Online Autoshow). Selain itu, Anda juga bisa mengakses simulasi kredit motor yang memudahkan Anda untuk menghitung pembiayaannya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

< Kembali