Viar EV1 adalah skuter listrik lokal dari Viar Motor Indonesia yang memiliki desain retro-modern unik.
Motor ini debut di Pekan Raya Jakarta pada Juni 2023.[1] Dengan adanya subsidi pemerintah,[2] EV1 langsung menjadi salah satu favorit konsumen karena harganya jadi sangat terjangkau.
Jika Anda penasaran apa saja kelebihannya, simak review Viar EV1 berikut ini.

EV1 menggunakan tipe motor Brushless DC (BLDC), yang efisien, awet, dan cenderung minim perawatan.
Jenis ini memang cukup umum digunakan pada skuter listrik dengan pemasangan langsung di roda belakang (hub motor).[3] Keluaran dayanya mulai 1.000 watt sampai puncaknya di angka 2.200 watt.
Kemudian, baterai Viar EV1 menggunakan Graphene dengan kapasitas 72V 22,3Ah.
Supaya baterai Graphene awet, penting untuk menghindari overcharge dan menjaga agar baterai tidak terlalu kosong.[4]
|
Spesifikasi |
EV1 |
|
Tipe Motor Listrik |
Brushless DC (BLDC) Hub Motor |
|
Daya Maksimum Motor (Watt) |
2.200 |
|
Tipe Baterai |
Graphene |
|
Kapasitas Baterai |
72V 22,3Ah |

Selanjutnya, dari segi performa, jangan berharap mendapatkan kinerja motor yang trengginas di jalanan. Pasalnya, fokus motor listrik seperti EV1 memang bukan untuk kebut-kebutan atau meraih performa tinggi.
Karakteristik motor listriknya lebih cocok untuk penggunaan santai atau aktivitas harian standar.
Motor ini punya tiga mode, yakni Eco, Comfort, dan Sport,[5] yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk meraih top speed 55 kpj atau lebih, Anda harus mengaktifkan mode Sport.
Meski tidak terlalu kencang, tetapi ini cukup untuk memastikan Anda tidak terlalu lambat di jalanan dan bisa mengikuti arus lalu lintas normal.
Selain itu, jarak tempuh juga menjadi salah satu faktor terpenting bagi motor listrik. Jarak tempuh Viar EV1 menurut klaim pabrikan adalah sekitar 80 km per pengisian daya penuh.
Sebagai catatan, Anda wajib sering mengecek sisa baterainya karena motor ini tidak memiliki fitur fast charging. Durasi pengisian dayanya sekitar 4-6 jam dari 40% sampai penuh.[6] Jangan sampai telat ngantor karena baterai habis.
Untuk kemampuan menanjak, bobot pengemudi dan penumpang atau barang yang dibawa sangat berpengaruh. Klaim daya angkut maksimal adalah 150 kg. Namun, saat akan melewati tanjakan, sebaiknya aktifkan mode Sport supaya motor dapat memberikan output maksimal.[7]
|
Performa |
EV1 |
|
Akselerasi 0-60 (kpj) |
- |
|
Top speed (kpj) |
55 |
|
Jarak Penggunaan Baterai (km) |
80 |
|
Durasi Charging (jam) |
4-6 |

Sekilas, tampilan EV1 memang mirip Vespa Sprint, agak sporty, tetapi juga mengusung konsep retro-modern. Pilihan warnanya menarik, ada Viar EV1 Silver Romano dan Red Milano.
Bagian paling mirip dengan Sprint adalah bentuk lampu utamanya yang heksagonal dengan sudut membulat. Ada pula tambahan DRL LED melingkar di kontur lampu depan.
Sementara itu, bodinya ramping, cenderung clean tanpa lekukan tajam berlebih. Roda depan dan belakangnya menggunakan ban tubeless dengan velg berukuran 10 inci.
Di sisi lain, nuansa modern tetap ada. Jika melihat ke dasbor, panel instrumennya sudah digital (LCD Negative). Panel ini berfungsi sebagai speedometer dan sekaligus menyuguhkan informasi penting lainnya dengan tampilan jernih.
Terakhir, joknya masih cukup aman untuk boncengan dua orang. Penumpang belakang juga mendapatkan footstep. Di bawah jok masih ada bagasi yang lumayan luas[8]
|
Dimensi |
EV1 |
|
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
1.730 x 660 x 1.120 |
|
Wheelbase (mm) |
702 |
|
Ground Clearance (mm) |
160 |
|
Velg (inci) |
10 |

Menyambung pembahasan sebelumnya, salah satu poin plus utama EV1 adalah joknya yang empuk.
Dalam salah satu video pengujian independen, pengendara merasa nyaman bahkan setelah menempuh jarak sekitar 72 km. Tidak terasa pegal atau panas.[9]
Sistem suspensinya juga mampu meredam guncangan dengan baik. Suspensi depan menggunakan Teleskopik, sementara belakangnya Dual Shock Absorber. Ini berkontribusi besar pada pengalaman berkendara yang lebih mulus.
Selain itu, EV1 juga memiliki handling yang oke. Kombinasi suspensi dan handling yang baik membuat EV1 lebih lincah dan mudah dikendalikan dalam berbagai kondisi jalan.
Untuk keselamatan, Viar menyematkan rem hidrolik cakram pada kedua roda. Secara keseluruhan, EV1 memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Kenyamanan ini menjadikannya pilihan yang menarik untuk mobilitas harian Anda.
Sebelum menutup review kali ini, silakan tinjau kembali beberapa keunggulan EV1 yang membuatnya layak Anda pertimbangkan, antara lain:
Terakhir, Anda pasti sudah penasaran dengan harga dan subsidinya. Harga Viar EV1 saat ini ada di kisaran Rp16,3 jutaan. Kabar baiknya, EV1 termasuk motor listrik yang disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp7 juta per unit.
Subsidi Viar EV1 akan memotong harga jual sehingga yang harus Anda bayar jadi lebih murah. Namun, untuk mengonfirmasi hal ini, silakan tanyakan ke dealer terkait atau pihak Viar.
Setelah mendapat kepastian harganya, Anda bisa mengajukan program kredit Viar EV1 melalui MUF Online Autoshow (MOAS) dengan proses yang mudah dan fleksibel.