NEWS

VW New T-Cross: SUV Sporty dan Berkelas Khas Eropa

VW New T-Cross: SUV Sporty dan Berkelas Khas Eropa VW New T-Cross: SUV Sporty dan Berkelas Khas Eropa

Mengusung slogan “The Vibrant Excitement”, VW New T-Cross menawarkan pengalaman berkendara yang penuh semangat dan suka cita.

SUV kompak dari Volkswagen ini memang memancarkan keceriaan, mulai dari sisi desain eksterior, interior, hingga fiturnya.

Seperti apa keistimewaan mobil ini? Simak review VW New T-Cross berikut dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur.

Spesifikasi

Spesifikasi VW T-Cross menggunakan mesin TSI (Turbocharged Stratified Injection) yang menyabet juara Engine of the Year 2013.


Meski hanya memiliki 3 silinder dan kapasitas 999 cc, mesin TSI dari New T-Cross ini mengeluarkan output yang tidak main-main. Daya maksimalnya mencapai 115 PS, sementara torsi maksimalnya tembus hingga 178 Nm.

Dari sini terlihat, meski berukuran kecil, tapi mesin TSI ini unggulan karena tenaganya menyamai mesin dengan displacement yang lebih besar.

Tenaga ini tersalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan melalui sistem penggerak roda depan. Ada 4 mode berkendara yang tersedia untuk pengalaman berkendara yang banyak pilihan: Normal, Eco, Sport, dan Custom.


Performa

Kombinasi mesin yang powerful, transmisi otomatis, dan FWD ini memberikan performa yang mengesankan dengan tetap irit bahan bakar.

Akselerasi VW New T-Cross 0-100 km/jam terbilang sangat mengesankan dengan angka hampir menyentuh 10 detik. Mengingat menggunakan mesin 1.0L, tentu angka ini sangat memuaskan.

Selain itu, top speed VW New T-Cross juga mampu menembus hampir 200 km/jam, atau tepatnya 193 km/jam. Tentu saja, hasil ini seperti di luar dugaan.

Performa terbaik tentu ketika menggunakan mode Sport. Meski demikian, mesin 1.0L TSI dari SUV ini tidak meraung berlebihan meski Anda menginjak pedal gas dalam-dalam.

Keunggulan lain SUV ini adalah bahan bakarnya yang irit. Konsumsi BBM VW New T-Cross 1.0 TSI berada di kisaran 14-15 km/jam, untuk gaya berkendara yang moderat maupun agresif.

Secara performa, mobil ini cocok untuk dibawa commuting di wilayah perkotaan maupun perjalanan jauh ke luar kota.

Eksterior

Eksterior New T-Cross menggunakan gaya desain yang agresif dan berani khas SUV Eropa.

Wajah depan terlihat bold dengan grill lebih besar dari generasi sebelumnya.

Aksen krom menjadi pengisi utama, mulai dari step grill 3D, headlamp, fog lamp, hingga bumper. Headlamp full LED dengan DRL dan fitur cornering light yang dapat arah pancarannya berbelok duluan saat di tikungan.

Sisi samping juga menampakkan karakter yang kokoh dengan horizontal line yang tegas dan skid plate berkelir kontras. Velg-nya hanya berukuran 17”, tapi memiliki style yang unik.

Rail roof dan sunroof di bagian atas membuat SUV ini tampak lebih elegan. Begitu juga dengan rear combination tail lamps yang memiliki desain cahaya bertumpuk ala infinity.

Interior

Classy dan sporty menjadi kunci desain interior VW New T-Cross.

Interior kabin langsung menarik mata dengan sentuhan two tone di berbagai sisi: dasbor, door trim, hingga seat. Bahannya pun mengalami peningkatan dengan penggunaan soft material.

Seat menggunakan material leather premium, dan memiliki jalur ventilasi udara. Desainnya sporty dan nyaman untuk perjalanan jauh.

Setir menggunakan model flat mode yang fungsional dan memudahkan pengemudi mengakses fitur-fitur mobil. Akses terhadap digital cockpit 8”, infotainment touchscreen 10” dengan voice command dan tombol cruise control terasa mudah.

Fitur lain pada New  T-Cross 2024 yang menunjang kenyamanan antara lain: AC Climatronic dengan pengaturan otomatis dan sensor kualitas udara, wireless charging, dan audio system premium 6 speaker.

Fitur Keselamatan

New T-Cross sudah memiliki fitur cruise control dan safety standar, tapi belum memiliki fitur driving assist dan lane assist lanjutan.

Volkswagen New T-Cross sudah mengadopsi fitur standar keselamatan mobil modern, seperti kontrol rem dan stabilitas elektronik, hill assist (hill hold control), kamera belakang, serta monitoring tekanan ban.

Selain itu, ada 6 SRS airbag dan seat belt dengan tension limiter yang sangat berguna kalau-kalau terjadi benturan.

Meski demikian, sayangnya mobil ini belum memiliki fitur driving assist dan lane assist lanjutan (ADAS). Kecuali, fitur cruise control yang cukup membantu ketika Anda membawa mobil ini di jalur cepat.

Harga

Harga VW New T-Cross 2024 sekitar Rp458 jutaan. Meski memiliki beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya, harganya justru turun dari sebelumnya di Rp488 jutaan.

Dengan harga yang lebih murah dan desain serta fitur yang lebih baik, SUV kompak ini tentu jadi lebih kompetitif di pasar.

Dapatkan dengan lebih cepat dan mudah lewat pembiayaan New T-Cross dari MUF Online Auto Show (MOAS). Mulai Rp8 jutaan per bulan, bisa langsung bawa pulang SUV premium asal Eropa ini.

Jika Anda mencari compact SUV 5-seater sebagai mobil premium, VW New T-Cross layak jadi pilihan.

< Kembali