NEWS

Wuling Almaz Hybrid, SUV Primadona Baru Bermesin Hybrid

Wuling Almaz Hybrid, SUV Primadona Baru Bermesin Hybrid Wuling Almaz Hybrid, SUV Primadona Baru Bermesin Hybrid

Wuling kembali menebar ancaman bagi pabrikan otomotif yang sudah mapan. Setelah versi EV (Electric Vehicle) berhasil terjual ribuan unit dalam 2 bulan pertama, Wuling Almaz Hybrid siap meramaikan pasar otomotif tanah air.

Wuling Almaz Hybrid adalah SUV 7 seater pertama dari Wuling yang mengadopsi teknologi hybrid dengan mesin bensin dan baterai listrik sekaligus.

Seperti apa keistimewaannya? Simak review Wuling Almaz Hybrid berikut akan memberikan ulasan lengkap dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa
  • Keunggulan desain
  • Kecanggihan fitur keselamatan dan kenyamanan pada SUV ini.

Spesifikasi

Turun di kelas SUV (Sport Utility Vehicle), spesifikasi Wuling Almaz Hybrid mengusung 2 jenis mesin sekaligus.

Pertama adalah mesin bensin dengan kubikasi 1.999 cc yang memiliki 4 silinder inline dengan sistem Atkinson cycle. Mesin ini mampu menyemburkan daya maksimal 123 hp dan torsi maksimum 168 Nm.

Selain itu, ada mesin motor listrik berjenis PMSM (Permanent Magnet Synchronous Motor). Mesin ini mampu memuntahkan daya hingga 174 hp dan torsi 320 Nm.

Spesifikasi

Mesin Bensin

Motor Listrik

Tipe Mesin

4 silinder inline, N/A, Atkinson cycle

Permanent Magnet Synchronous Motor

Kubikasi/kapasitas baterai

1.999 cc

1,8 kWh

Daya Maksimum

123 hp/5.600 rpm

174 hp

Torsi Maksimum

168 Nm/4.000-4.400 rpm

320 Nm

Motor listrik akan bekerja dengan tenaga baterai untuk menghidupkan dan menggerakkan mobil pada kecepatan rendah. Jika energi baterai sudah habis, mesin bensin dapat menyala untuk mengisi baterai.

Kalau butuh akselerasi tambahan, energi baterai dan mesin bensin dapat digunakan bersamaan. Semua itu terjadi secara otomatis dengan transisi yang halus.

Dengan sistem ini, Wuling Almaz Hybrid memiliki 3 mode berkendara: EV, Series Hybrid, dan Hybrid paralel. Hasilnya, sistem ini memberikan efisiensi bahan bakar dan performa akselerasi instan yang luar biasa.

Performa

Mesin hybrid menjadi teknologi yang mengubah permainan dalam hal efisiensi dan performa dari Wuling Almaz Hybrid.

Untuk kelas SUV, akselerasi Wuling Almaz Hybrid termasuk jajaran atas. Dengan akselerasi instan dari baterai dan motor listrik, kecepatan 60 km/jam dapat tercapai hanya dalam 3,2 detik.

Tak hanya itu, kombinasi tenaga combustion engine dan electric motor juga mampu mendorong mobil hingga 100 km/jam dalam kurang dari 10 detik.

Yang bikin nyaman, transisi dari tiap mode berkendara terasa halus tanpa jeda. Jadi, sensasinya seperti berkendara biasa tanpa ada getaran khusus saat berganti mode dari baterai ke mesin bensin, dan sebaliknya.

Selain akselerasi, konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid pun tergolong sangat irit. Bayangkan, untuk kelas mobil sport SUV, konsumsi BBM-nya tembus di atas 20 km/liter.

Performa

Almaz Hybrid

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

3,2

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10

Konsumsi BBM (km/liter)

21,7

Kapasitas tangki (liter)

52

Eksterior

Dari segi desain eksterior Wuling Almaz Hybrid tidak berbeda dari seri Almaz RS.

Fasad depan terlihat sporty dengan grill trapezoid yang lebar, cover fog lamp yang besar dan bemper yang tangguh. Sementara itu, head lamp yang menyipit, aksen garis biru dan emblem RS memberikan kesan dinamis.

Fasad belakang juga memberikan kesan serupa. Tambahan emblem Hybrid kian menegaskan teknologi baru yang digunakan.

Almaz Hybrid juga menggunakan velg alloy 18” seperti pada varian RS. Pilihan warnanya ada 4 dengan sentuhan two tone dari bagian pillar hingga atap yang memiliki panoramic sunroof lebar.

Interior

Interior Wuling Almaz Hybrid mirip seperti versi RS, hanya lebih premium dan elegan.

Kabin wuling terasa lapang untuk 7 penumpang. Dimensinya sama dengan versi RS, termasuk ukuran panoramic sunroof.

Eksterior

Almaz Hybrid

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.655 x 1.835 x 1.760

Ground Clearance (mm)

230

Jarak Poros Roda (mm)

2.750

Kesan mewah dan elegan tampak dari penggunaan leather premium dengan sentuhan warm beige pada hampir seluruh bagian interior. Contoh pada jok, kemudi, dasbor, area start-stop button, hingga pilar dan atap juga berwarna senada.

Head unit tetap besar, berukuran 10”. Sedangkan meter cluster mengalami upgrade dari MID menjadi layar TFT.

Selain itu, tuas transmisi juga mengalami perubahan. Tak hanya memiliki tampilan baru, penggunaannya pun makin mudah dengan hanya maju dan mundur saja.

Yang paling memuaskan, fitur Wuling Almaz Hybrid sudah mengadopsi teknologi voice command WIND, Remote Control App, dan update WISE Over the Air. Canggih dan sangat memanjakan.

Fitur Keselamatan

Untuk fitur keselamatan, Wuling Almaz Hybrid sudah memiliki ADAS (Advance Driver Assistance System). Total ada 12 fitur canggih yang memudahkan pengemudi dan untuk mitigasi.

Termasuk dalam fitur ini adalah asistensi dan peringatan untuk cruise control, collision, lane keeping, braking, dan traffic jam.

Hal itu belum termasuk fitur standar seperti 2 SRS airbag, 3600 camera view, serta ABS + Hill Assist + Stability Control.

Harga

Harga Wuling Almaz Hybrid 2022 tergolong sangat terjangkau di kisaran Rp470 jutaan. Angka ini terpaut sekitar seratusan juta dengan kompetitor terdekatnya.

Dengan harga yang jauh lebih murah, performa yang handal, dan fitur yang lengkap dan canggih, SUV ini bisa jadi primadona baru.

Tertarik memiliki Wuling Almaz Hybrid? Hubungi MUF Online Auto Show (MOAS) di WA 0821-1182-4010 untuk respon cepat. Dapatkan promo menarik untuk pemesanan di bulan ini.

< Kembali