NEWS

Wuling Almaz vs Wuling Almaz RS, Mana SUV Berfitur Terbaik?

Wuling Almaz vs Wuling Almaz RS, Mana SUV Berfitur Terbaik? Wuling Almaz vs Wuling Almaz RS, Mana SUV Berfitur Terbaik?

Nama Wuling identik dengan mobil yang memiliki harga terjangkau. Di kelas SUV Premium, ada Wuling Almaz vs Wuling Almaz RS yang bisa jadi pilihan Anda.

Meski sama-sama menyandang nama Almaz, tapi Wuling Almaz RS sejatinya berbeda meski berada di kelas yang sama. Dari desain maupun fiturnya lebih flagship.

Di sini, Anda bisa mengetahui apa saja:

  • Kesamaan spesifikasi, desain, dan fitur Almaz vs Almaz RS.
  • Perbedaan Almaz dan Almaz RS.
  • Rekomendasi pembelian, mana yang lebih baik Almaz atau Almaz RS.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas SUV, baik Almaz maupun Almaz RS sama-sama mengandalkan mesin DOHC, DVVT, berkapasitas 1.451 cc. Keduanya juga sudah mengadopsi teknologi Turbocharge sehingga soal performa tak kalah dengan mesin 2.000 cc biasa.

Karena menggunakan mesin yang sama, maka daya maupun torsi maksimumnya tak berbeda. Kedua SUV ini memiliki daya dan torsi maksimal masing-masing 140 HP dan 250 Nm.

Hanya saja, Almaz memiliki varian manual (MT) dengan transmisi 6 kecepatan dan CVT 8-speed manual simulation. Sedangkan Almaz RS sudah CVT.

Spesifikasi

Almaz

Almaz RS

Tipe Mesin

4 silinder DOHC, DVVT, Turbocharger

4 cylinders, DOHC, DVVT

Isi Silinder

1.451cc

1.451cc

Daya Maksimum

140HP @5.200 rpm

140 HP @5,200 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm @(1.800 – 3.600 rpm)

250 Nm @(1,600 – 3,600 rpm)

Transmisi

MT (6-speed), CVT (8-speed)

CVT

Performa

Meski dilengkapi dengan spesifikasi mesin yang serupa, kedua mobil ini ternyata memiliki sedikit perbedaan dari segi performa.

Soal akselerasi, Wuling Almaz sedikit lebih unggul dari kakaknya si Almaz RS. Pada pengujian, untuk mencapai 100 km/jam, si adik Almaz hanya butuh 10,3 detik dari posisi berhenti. Bandingkan dengan Almaz RS yang perlu 10,8 detik.

Meski demikian, soal konsumsi BBM Wuling Almaz, justru si kakak Almaz RS yang lebih unggul. Baik di jalur dalam maupun luar kota, selisihnya mencapai 2-3 km/liter.

Performa

Almaz

Almaz RS

Akselerasi 0-100 km/jam

10,3 detik

10,8 detik

Konsumsi BBM dalam kota

8,3 km/liter

11 km/liter

Konsumsi BBM luar kota

12,8  km/liter

14 km/liter

Kapasitas tangki

52 liter

52 liter

Desain Eksterior

Sekilas, desain eksterior Almaz vs Almaz RS terlihat serupa. Akan tetapi, ada beberapa ciri khas yang bisa Anda jadikan pembeda.

Fasad depan Almaz terlihat lebih agresif dengan garis grille yang tegas. Begitu juga emblem Wuling yang menonjol dengan jelas.

Sedangkan bagian depan Almaz RS terlihat lebih futuristik dengan garis yang soft dan emblem Wuling yang ramping. Sementara itu, di bagian kanan atas terdapat emblem RS merah yang menonjol.

Konsep yang sama juga digunakan untuk bagian belakang di mana tail Almaz lebih bold, sementara Almaz RS lebih dinamis.

Di bagian sisi, perbedaan jelas terlihat pada desain bilah velg Almaz yang besar atau campuran (two tone) untuk varian Exclusive. Sedangkan bilah velg Almaz RS lebih sederhana dan ramping.

Sementara itu, untuk Almaz varian Exclusive memiliki kelengkapan eksterior yang tak beda dengan Almaz RS. Di antaranya seperti LED projector head lamp, pegangan pintu keyless, electric mirror dengan LED signal, two tone alloy wheel, dan panoramic sunroof.

Warna Wuling Almaz RS ada 4 varian bernuansa 2-tone dan 1 varian starry black. Sedangkan Wuling Almaz memiliki 5 varian warna yang semuanya 1-tone.

“Ciri khas dari Almaz RS adalah nuansa two tone dalam desainnya. Hal ini tampak baik pada bagian eksterior maupun interior.”

Desain Interior

Memiliki dimensi yang sama, Almaz RS memiliki varian 5 dan 7 penumpang. Sedangkan Almaz standar ada 7 seaters, kecuali untuk varian Exclusive.

Dimensi

Almaz

Almaz RS

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.655 x 1.835 x 1.760

4.655 x 1.835 x 1.760

Ground Clearance (mm)

200

230

Jarak Poros Roda (mm)

2.750

2.750

Penataan dashboard kedua mobil ini tak ada beda, sama-sama terlihat canggih. Head unit berukuran 10,4” menjadi fokus utama dengan 7” multi instrument display yang cerah di belakang kemudi.

Panel keduanya sudah soft touch. Adapun untuk Almaz RS, pegangan kemudi sudah dilapisi dengan leather yang mewah. Begitu juga dengan jok penumpang, Almaz RS terlapis dengan leather bernuansa two tone yang elegan.

Selain itu, perbedaan utama di bagian interior adalah dari segi fitur, di mana Almaz RS sudah menyediakan fitur wireless charging, sedangkan si adik belum.

Begitu juga fitur air conditioner-nya, Almaz RS sudah mengusung teknologi ionizer, yang membuat udara pada kabin lebih terkondisikan.

Fitur ini eksklusif, bahkan belum ada di SUV rival lainnya di kelas yang sama. Ini membuat Wuling Almaz RS cenderung masuk ke SUV flagship daripada premium.

Fitur Keamanan

Baik pada Almaz maupun Almaz RS sudah tersemat teknologi digital canggih Wuling Indonesian Command. Dengan instruksi pembuka “Halo Wuling”, Anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan pada mobil.

Fitur ini juga bisa Anda akses lewat head unit. Berbagai pilihan pengaturan untuk AC, jendela, telepon, radio, music, volume, sunroof, hingga aplikasi bisa Anda akses mudah lewat sini.

Hanya saja, fitur wuling Almaz RS sudah dilengkapi dengan WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem). Ini membuat Anda bisa mengakses fitur IoV (Internet of Vehicle) dan ADAS (Advanced Driver Assistance System).

Fitur IoV Wuling Almaz RS adalah fitur yang membuat Anda dapat melakukan pengaturan mobil dari jauh.

Contoh, dengan fitur remote control, Anda bisa mengaktifkan mesin dan AC dari luar. Jadi, begitu masuk ke mobil, Anda tak perlu tunggu beberapa lama langsung merasakan kabin sudah dingin.

Fitur ADAS adalah fitur keselamatan dengan menggunakan sensor canggih, mirip seperti TSS pada mobil Toyota atau Honda Sensing pada mobil Honda.

Dalam fitur ini ada lane assistance, brake assistance, hingga fitur adaptive cruise yang biasa ada pada SUV kelas atas. Fitur ini mampu membuat mobil melaju dan mengerem sendiri sesuai dengan kecepatan kendaraan yang berada di depannya.

Tentu saja itu sudah termasuk 2 SRS airbag, 3600 camera view, serta ABS + Hill Assist + Stability Control yang merupakan fitur safety standar kelas SUV.

Harga Almaz vs Almaz RS

Melihat perbedaan fitur yang cukup signifikan, mungkin Anda mengira beda harga keduanya cukup jauh.

Ternyata harga Wuling Almaz RS 2022 mulai dari Rp369 juta-an saja. Hanya selisih Rp17 juta-an dari harga Wuling Almaz 2022 varian Exclusive.

Adapun untuk harga varian terendah dari Wuling Almaz bisa Anda dapatkan mulai dari Rp278 juta-an saja.

Melihat fitur yang lebih lengkap dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk sekalian beli Wuling Almaz RS. Pesan lewat MUF Online Auto Show (MOAS) di WA 0821-1182-4010 untuk mendapatkan penawaran terbaik. Perbedaan Wuling Almaz vs Wuling Almaz RS cukup besar, sedangkan harganya cukup dekat. Jadi, sayang jika Anda tidak mengambil yang terbaik sekalian.

< Kembali