NEWS

Wuling BinguoEV, Mobil Listrik Calon Primadona Kota

Wuling BinguoEV, Mobil Listrik Calon Primadona Kota Wuling BinguoEV, Mobil Listrik Calon Primadona Kota

Wuling BinguoEV akhirnya resmi dijual di Indonesia. Desain ikonik, fitur kaya, dan garansi melimpah. Simak keistimewaan hatchback listrik ini.

Mengusung slogan “Drive Electric, Be the Iconic”, Wuling seolah mendorong pengguna otomotif untuk segera take action dengan Wuling BinguoEV.

Tak lagi menampilkan desain “kardus” sederhana seperti pada Air EV, BinguoEV memiliki desain yang artistik dan ikonik.

Bahkan, dengan harga setara LCGC (belum resmi), mobil ini sudah dilengkapi fitur canggih seperti cruise control.

Apa lagi keistimewaan mobil listrik yang sudah produksi lokal ini? Simak review Wuling BinguoEV dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur berikut ini sampai selesai.

Spesifikasi

Wuling BinguoEV hadir dalam 2 varian dengan spesifikasi mesin serupa berdaya 50 kW, hanya kapasitas baterai yang berbeda.

Spesifikasi Wuling BinguoEV menggunakan mesin Single Reduction Gear dengan 2 kapasitas baterai: 31,9 kWh dan 37,9 kWh. Masing-masing mampu menempuh berturut-turut 333 km dan 410 km dalam sekali pengisian penuh.

Kemampuan ini memberikan efisiensi energi yang sangat memuaskan. Jarak tempuh per kWh mencapai di atas 10 km, dengan estimasi biaya listrik Rp160 per km.

Wuling menyertakan charging device 7,7 kW secara gratis dengan syarat khusus. Dengan perangkat ini, Anda bisa mengisi baterai mobil secara penuh selama 5,5-6,5 jam.

Ada juga dukungan untuk fast charging dengan arus DC. Dari 30-80% hanya butuh sekitar setengah jam saja.

Spesifikasi

Varian 333 Km

Varian 410 Km

Tipe motor

Single reduction gear

Single reduction gear

Daya maksimum

50 kW

50 kW

Kapasitas baterai

31,9

37,9

Charging time

6,5 jam

5,5 jam

Baterai yang digunakan sudah bersertifikat IP67, yang berarti anti debu dan bisa bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 m selama 30 menit. Jadi, tak perlu khawatir ketika musim hujan atau harus menerobos genangan.

Performa

Wuling BinguoEV memiliki akselerasi instan khas EV, tapi kecepatan maksimumnya terbatas.

Mengingat saat artikel ini ditulis Wuling BinguoEV Indonesia baru rilis dan masih tahap pre-book, kemampuan akselerasi 0-100 km/jam belum banyak diuji.

Namun, dengan kemampuan Wuling Almaz Hybrid yang bisa tembus 9,3 km/jam, BinguoEV kemungkinan tak jauh beda. Terlebih mobil full listrik biasa memiliki torsi yang lebih besar dari tipe hybrid dan bensin.

Meski begitu, kecepatan maksimum BinguoEV terbatas di 120-130 km/jam. Walau terasa kurang, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan perjalanan di perkotaan.

Performa

BinguoEV

Top speed

130 km/jam

Biaya per km

Rp160

Semua varian sudah memiliki mode berkendara Eco, Eco+, Normal, dan Sport. Jadi bisa Anda atur sesuai kebutuhan.

Kestabilan sangat bagus. Ketika jalur mendaki pun, fitur Hill Hold dan Auto Vehicle Hold berjalan dengan baik, sehingga pengemudi menjadi lebih aman dan percaya diri.

Eksterior

Desain eksterior BinguoEV memadukan gaya retro klasik dan sentuhan modern yang ikonik.

Wuling tampaknya berkaca dari desain Air EV yang menjadi bahan gosip pecinta otomotif karena bentuknya yang seperti “kardus” berjalan. Pada hatchback terbarunya ini, desainnya justru sangat ikonik dan menarik.

BinguoEV memiliki bodi yang mengalir seperti air, dengan lekukan elegan dari depan sampai belakang, memberi kesan feminin. Bagian velg terlihat unik dengan desain water splash.

Gril depan berbentuk berlian yang mengkilap menambah keanggunan dan kemewahan mobil ini. Lampu berbentuk X dan sudah LED, baik depan maupun belakang.

SUV mini ini memiliki 3 varian warna dengan nuansa two tone pada bagian atap.

Dimensi

BinguoEV

P x L x T (mm)

3.950 x 1.708 x 1.580

Jarak Poros Roda (mm)

2.560

Interior

Interior Wuling BinguoEV adalah perwujudan dari kelas dan kepraktisan.

Mobil ini memiliki kabin yang luas dengan jok berbahan synthetic leather yang berlubang untuk sirkulasi udara yang baik. Desainnya bernuansa two tone dengan kombinasi warna cokelat beige dan hitam.

Bagian dasbor terlihat berkelas dan elegan dengan layar touch screen ganda 10.25”. Area kokpit memiliki warna terang tersendiri yang membuatnya seperti mengapung sehingga mendapat sebutan floating island.

Fitur kenyamanan seperti smart keyless entry, push start button, steering switch, dan electronic AC juga sudah tersedia di sini.

Satu lagi kelebihannya dari Wuling Air EV, yaitu bagasi yang cukup besar. Ukurannya 310 liter, bahkan bisa 790 liter dengan melipat kursi belakang yang bertipe 50/50.

Fitur Keselamatan

Wuling BinguoEV sudah memiliki fitur keselamatan standar, plus cruise control serta sensor dan kamera belakang.

Diperkirakan seharga dengan LCGC, BinguoEV melebihi ekspektasi dari sisi fitur keselamatan.

Hatchback ini memiliki dual SRS airbag di bagian depan. Kemudian, fitur sistem kontrol rem elektronik seperti ABS+EBD, EPB, Hill Hold, dan Auto Hold juga tersedia.

Adanya fitur cruise control serta sensor dan kamera belakang melebihi ekspektasi mobil listrik di rentang harga tersebut. Apalagi juga ada ISOFIX yang bermanfaat untuk ibu-ibu dan keluarga kecil, serta immobilizer anti maling.

Harga

Hingga tulisan ini turun, Wuling masih membuka pre-booking dan belum mengumumkan harga resmi BinguoEV di Indonesia.

Meski demikian, berkaca dari harga BinguoEV di China yang memiliki banderol 60-85 ribu Yuan, di Indonesia ini setara Rp130-180 jutaan.

Namun, dengan fitur yang lebih kaya dan sudah produksi lokal, banyak yang memperkirakan harga Wuling BinguoEV sekitar Rp350-400 jutaan.

Lebih lagi, untuk pembelian varian 410 km, Wuling memberikan garansi komponen inti (baterai dan motor) seumur hidup untuk 1.000 pembeli pertama.

Jadi, jangan tunggu lagi? Segera lakukan pre-booking. Gunakan layanan kredit Wuling BinguoEV dari MUF Online Auto Show (MOAS) untuk ambil tindakan sekarang. Jadilah yang pertama mengendarai mobil elektrik ikonik Wuling BinguoEV yang bakal jadi primadona perkotaan.

< Kembali