NEWS

Wuling Cloud EV, Medium Hatchback dengan Kabin Ternyaman

Wuling Cloud EV, Medium Hatchback dengan Kabin Ternyaman Wuling Cloud EV, Medium Hatchback dengan Kabin Ternyaman

Hadirnya Wuling Cloud EV di IIMS 2024 membawa angin segar bagi lanskap mobil hijau Indonesia.

Diperkenalkan oleh Wuling Motors, mobil ini ditujukan untuk kebutuhan harian masyarakat dengan pendekatan ramah lingkungan.

Cloud EV adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan kendaraan listrik yang bukan cuma efisien, tetapi juga stylish.

Selain itu, debut mobil listrik ketiga Wuling ini sekaligus menunjukkan komitmen dalam kampanye mereka, “Drive For A Green Life”.

Untuk mengenal lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi

Jika melihat spesifikasi Wuling Cloud EV, secara teknis terbilang menjanjikan.

Motor listriknya dirancang untuk output tenaga hingga 134 HP dan torsi 240 Nm. Ini memberikan pengalaman berkendara yang dinamis.

Kemudian, baterainya berjenis lithium iron phosphate, yang mana tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yakni 37,9 kWh dan 50,6 kWh.

Setiap jenis menawarkan jarak tempuh yang berbeda, memungkinkan Cloud EV menjangkau jarak kira-kira 460 km hingga 505 km.

Mesin elektrik tersebut juga didukung sistem transmisi otomatis khusus kendaraan listrik. Jadi, pastinya perpindahan gigi lebih responsif.

Spesifikasi

Cloud EV

Tipe Motor

PMSM

Daya Maksimum (HP)

134

Torsi Maksimum (Nm)

240

Baterai (kWh)

37,9 dan 50,6

Performa

Selanjutnya, bagaimana dengan performa Wuling Cloud EV 2024 di jalanan?

Untuk sebuah medium hatchback, Cloud EV menyuguhkan performa yang mengesankan.

Dengan efisiensi daya tinggi, mobil listrik ini mampu menempuh perjalanan ratusan kilometer dalam sekali pengisian daya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jarak tempuh tergantung pada pilihan varian baterai.

Untungnya, Cloud EV sudah mendukung fast charging, sehingga Anda tidak perlu cemas pada saat sedang bepergian jauh.

Dari 30% hingga 80%, pengisian daya DC hanya butuh waktu sekitar 30 menit. Setelah cukup terisi, Anda bisa melanjutkan perjalanan tanpa menunggu lama.

Untuk akselerasi, Wuling Motors belum memberi detail spesifik. Akan tetapi, beberapa sumber menyebutkan akselerasi 0-100 Cloud EV adalah 7,6 detik.

Catatan impresif tersebut diperoleh berkat torsi instan motor listriknya.

Dengan berbagai kelebihannya, Cloud EV layak menjadi pilihan praktis untuk mobilitas sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh.

Performa

Cloud EV

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

7,6

Kecepatan Maksimum (kpj)

160

Jarak Penggunaan Baterai (km)

460–505

Pengisian Baterai 30-80% (jam)

0,5

Eksterior

Dimensi Wuling Cloud EV adalah yang paling besar dibandingkan dengan Air EV dan Bingo EV. Tampilannya pun semakin modern dan stylish.

Kali ini, Wuling terinspirasi dari konsep awan, yang mencerminkan kesan ringan namun tetap dinamis. Selain itu, garis-garis desainnya juga lebih tegas.

Detail unik pada bagian depan menjadi penyegaran, salah satunya DRL yang berbentuk panjang. Di satu sisi, beberapa elemen desain di depan masih menyerupai model lama.

Melihat ke samping, untuk mengakomodasi ukuran bodinya yang bongsor, Wuling menggunakan velg 18 inci dengan desain simpel. Penggunaan profil ban 215/55 juga membuat dimensinya jadi lebih proporsional.

Selanjutnya, desain sisi belakang Cloud EV juga minimalis. Terdapat lampu panjang membentang dari kiri ke kanan, serta bumper dan spoiler atas yang terintegrasi.

Bagasinya cukup luas, sehingga memberikan fleksibilitas penyimpanan barang, termasuk ruang di bagian bawah dek.

Eksterior

Cloud EV

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.295 x 1.850 x 1.570

Ground Clearance (mm)

180

Wheelbase (mm)

2.700

Velg (inci)

18

Interior

Wuling Cloud EV berapa seater? Dengan dimensi yang cukup lega, mobil ini cukup untuk menampung hingga 5 penumpang.

Namun, keistimewaan utamanya terletak pada desain interiornya. Selain lega, banyak yang bilang Cloud EV adalah kendaraan yang super nyaman.

Ya, kenyamanan tampaknya memang menjadi prioritas interior Wuling Cloud EV. Joknya yang berdesain seperti bubble itu terasa sangat empuk.

Ruang kabin juga luas, sehingga memberikan kenyamanan ekstra.

Ditambah, kursi belakang dapat direbahkan hingga 135 derajat, mengubah ruang kabin menjadi tempat bersantai, mirip sofa panjang di rumah.

Penumpang belakang juga mendapatkan tiga headrest yang membuat mereka duduk dengan nyaman.

Sementara itu, desain dasbornya simpel saja, tetapi fitur-fitur di sana lengkap, termasuk layar raksasa berukuran 15,6 inci di tengahnya.

Ketiadaan tombol start-stop menunjukkan bahwa mobil benar-benar inovatif.

Fitur Keamanan

Sampai artikel ini dibuat, sebenarnya belum ada data resmi tentang beberapa hal, termasuk fitur keamanan dan keselamatan apa saja yang tersemat di CloudEV.

Di situs resminya pun tidak banyak informasi yang bisa didapat. Namun, beberapa sumber mengklaim Wuling Cloud EV Indonesia membawa fitur-fitur keamanan yang memadai.

Dua buah airbag berada di bagian depan untuk penumpang dan pengemudi. Kemudian, Cloud EV juga memiliki fitur bantuan berkendara seperti, EBD, ABS, BA, VSC, TCS, ESP, dan lainnya.

Harga

Akhirnya sampai pada bagian penutup, di mana Anda pasti penasaran berapa harga Wuling Cloud EV.

Lagi-lagi, Wuling belum mengumumkannya secara resmi, namun estimasi harganya antara Rp50 jutaan hingga Rp500 jutaan, tergantung varian baterai.

Akan tetapi, konsumen sudah mulai bisa melakukan pemesanan dengan membayar Rp10 juta. Setelah itu tetap harus menunggu sampai mobilnya rilis pada pertengahan tahun 2024.

Program kredit cicilan ringan MUF Online Autoshow (MOAS) siap membantu Anda mendapatkan Wuling Cloud EV di dealer mana pun segera setelah produknya tersedia.

< Kembali