NEWS

Wuling Confero vs Wuling Confero S, Apa Saja Perbedaannya?

Wuling Confero vs Wuling Confero S, Apa Saja Perbedaannya? Wuling Confero vs Wuling Confero S, Apa Saja Perbedaannya?

Jika Anda sedang mencari mobil keluarga yang terjangkau, Wuling Confero vs Wuling Confero S bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

Memiliki harga termurah di kelas Low MPV membuat kedua mobil garapan Wuling ini perlu masuk dalam list utama Anda. Secara spesifikasi dan fitur pun tak terlalu jauh beda dengan LMPV populer lain seperti Xenia dan Avanza.

Untuk lebih jelasnya, mari cek komparasi Confero vs Confero S dari segi spesifikasi, desain, dan fitur yang tersemat di unit tersebut.

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Turun di segmen kelas yang LMPV yang sama, kedua mobil menggunakan mesin yang serupa.

Tipe mesinnya DOHC dengan 4 silinder inline dan berkapasitas 1.485 cc. Generasi terbaru Confero tak lagi menggunakan teknologi Dual VVT. Meski cukup hal ini cukup disayangkan, tapi wajar juga demi menyeimbangkan antara value vs money di segmen LMPV yang sangat kompetitif ini.

Alhasil, keluaran daya dan torsi maksimal sedikit menurun dari generasi sebelumnya. Namun, tak ada perbedaan dari spesifikasi mesin New Confero kelas tertinggi S ACT hingga New Confero DB terendah.

Spesifikasi

New Confero

New Confero S

Tipe Mesin

4 Silinder, DOHC

4 Silinder, DOHC.

Isi Silinder (cc)

1.485

1.485

Daya Maksimum (PS/rpm)

98/5.800

98/5.800

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

135/3.800-4.200

135/3.800-4.200

Perbedaannya justru berasal dari transmisi di mana spesifikasi Confero S tipe tertinggi sudah menyediakan fitur Auto Clutch. Fitur ini membuat Anda lebih mudah mengganti gigi tanpa harus menekan kopling.

Performa

Dengan spesifikasi kedua mobil yang sama, performanya pun terbilang tak ada perbedaan.

Akselerasi untuk 0-100 km/jam berada di kisaran 19-20 detik, menurun dari generasi sebelumnya yang mencapai 15 detik.

Walau begitu, akselerasi tentu bukan hal utama yang pengguna LMPV cari. Biasanya di kelas ini, pengguna lebih tertarik dengan konsumsi BBM. Dan di bagian itu, New Confero layak mendapatkan pujian.

Konsumsi BBM-nya mencapai hampir 15 km/liter untuk rute gabungan. Ini tentu layak bersaing mengingat konsumsi BBM duo Avanza dan Xenia yang sudah VVT-i berada di kisaran 15-18 km/liter.

Performa

New Confero

New Confero S

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

19,6

19,6

Konsumsi BBM rute kombinasi (km/liter)

14,9

14,9

Kapasitas tangki (liter)

42

42

Konsumsi BBM tak hanya ditentukan oleh spesifikasi mesin saja, tapi juga teknik berkendara, kondisi jalan, dan tingkat kemacetan.

Desain Eksterior

Dari segi desain, eksterior New Confero S jelas memiliki tampilan yang lebih baik dari adiknya, Confero DB. Sementara Confero DB terkesan begitu sederhana dan polos, Confero S justru tak menampakkan jejak LMPV murah.

Fasad depan Confero DB memberikan proporsi yang lebih besar pada bagian grille, sementara kisi angin Confero S justru yang tampak lebih besar. Bagian bawah varian tertinggi ini pun sudah diperkuat dengan bumper yang tampak kokoh.

Selain itu, tambahan komponen lain membuat Confero S memberikan value yang lebih baik. Sebut saja headlamp yang sudah LED projector, fog lamp + DRL, frameless wiper, chrome handle hingga roof rail.

Komponen tambahan tersebut membuat New Confero S tampak berbeda, tak seperti LMPV dengan harga di bawah Rp200 juta.

Desain Interior

Interior Wuling New Confero yang luas merupakan salah satu faktor kebanggaan dari mobil keluarga satu ini. Jika Anda mencari LMPV yang mampu menampung keluarga besar, ini bisa jadi salah satu pertimbangan.

Dimensi panjang dan tingginya merupakan yang terbesar di kelas LMPV. Terlebih ground clearance mobil ini tak terlalu tinggi sehingga menyisakan ruang kabin yang terasa sangat lapang.

Dimensi

New Confero

New Confero S

Panjang (mm)

4.493

4.493

Lebar (mm)

1.691

1.691

Tinggi (mm)

1.705

1.705

Ground Clearance (mm)

193

193

Jarak Poros Roda (mm)

2.720

2.720

Desain dasbor kedua mobil memang tak berbeda, tapi Wuling Confero S Lux (type L) memiliki fitur lebih yang tak dimiliki varian di bawahnya.

Contohnya seperti head unit 8” yang mampu terkoneksi dengan perangkat mobile, ini tak ada di New Confero DB. Begitu juga dengan garnish chrome, tombol Audio switch dan fitur tilt steering pada kemudi.

Meski demikian, kedua varian ini sama-sama memiliki AC double blower yang mampu menjangkau semua penumpang dengan optimal. Begitu juga pengaturan jok, keduanya sudah mengadopsi fitur 60:40 sehingga memberikan opsi lebih banyak untuk bagasi penyimpanan.

Fitur Kenyamanan

Untuk fitur kenyamanan, jelas Wuling Confero tipe S memberikan penawaran yang lebih baik.

Seat pada varian tertinggi ini sudah terlapisi semi leather yang memberikan kesan premium. Ada pula seat adjuster untuk mengubah tinggi dan posisi jok bagi pengemudi.

Selain itu, ada power outlet di baris kedua, bagasi dan jendela yang bisa dikontrol secara remote, serta foldable keyless entry.

Sementara itu, convenience features pada New Confero DB 2022 hanya AC double blower dan tempat duduk yang nyaman. Bisa dibilang sangat standar.

Fitur Keamanan

Selain fitur kenyamanan, fitur keselamatan dan keamanan New Confero S juga relatif lebih baik.

Pada Confero DB, fitur keselamatan berupa seat belt dan side impact beam untuk melindungi dari benturan. Kekurangan Wuling Confero DB terbilang sangat standar dari segi keselamatan.

Namun, pada varian Confero S, fiturnya termasuk lengkap. Sebut saja dual SRS airbag, auto lock by speed & collision, ABS+EBD+ESS, hingga kamera belakang. Bahkan, fitur premium seperti Tire Pressure Monitoring System juga sudah tersemat di sini.

Harga New Confero vs New Confero S

Kesimpulannya, Wuling New Confero memang fokus membuat MPV yang murah dan terjangkau. Jika Anda ingin segera memiliki mobil keluarga dan harga menjadi faktor paling utama, ini bisa jadi pilihan Anda.

Di sisi lain, Wuling New Confero S memberikan tampilan dan fitur lebih. Jika harga masih bisa dikompromikan, ini merupakan pilihan yang lebih baik daripada New Confero DB yang standar dan pas-pasan.

Toh, harga Wuling New Confero dan New Confero S tak terpaut cukup jauh. Varian Confero DB bisa Anda miliki mulai dari harga Rp160 jutaan. Sedangkan varian Wuling Confero S bisa Anda bawa pulang dengan harga mulai Rp180 jutaan.

Untuk membuatnya lebih terjangkau, Anda bisa menggunakan fasilitas kredi Wuling Confero dari MUF Online Auto Show (MOAS). Cicilan kreditnya bahkan tidak sampai Rp3 jutaan untuk varian Confero DB.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati layanan gratis untuk kondisi darurat di jalan selama 1 tahun, jam berapa pun.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Wuling yang disajikan MOAS.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Pilih bebas antara Wuling New Confero vs Wuling New Confero S sebagai mobil keluarga Anda. Tinggal kontak via WA 0821-1182-4010 dan Mandiri Utama Finance siap mewujudkan keinginan Anda.