NEWS

Yamaha Fino 2022, Totalitas Skuter Matik Retro yang Istimewa

Yamaha Fino 2022, Totalitas Skuter Matik Retro yang Istimewa Yamaha Fino 2022, Totalitas Skuter Matik Retro yang Istimewa

Setelah ramai rumor uplift Fino 125 sejak awal tahun, akhirnya Yamaha Fino terbaru resmi hadir. Kini, skuter matik retro garapan Yamaha tersebut hadir dalam 3 varian yang cantik dan menggemaskan.

Mengusung slogan “Istimewakan Dirimu”, Yamaha Fino 125 muncul dengan desain, performa, dan fitur yang istimewa.

Temukan di sini ulasan tentang:

  • Spesifikasi dan performa Yamaha Fino 2022 terbaru
  • Kecantikan desainnya
  • Kecanggihan fitur dan kenyamanan  yang matic ini tawarkan
  • Kelebihan dan harga

Simak hingga akhir.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas skuter matic retro, Yamaha Fino mengusung mesin 4 tak, 1 silinder, SOHC, dengan pendingin udara. Tentunya, mesin 125 cc ini sudah mengadopsi teknologi Blue Core terbaru Yamaha sehingga pasti irit dan tangguh.

Karakter mesinnya agak overstroke yang membuatnya memiliki tarikan kuat sejak putaran bawah. Ini dapat mengatasi banyak keluhan pengguna skuter matic yang merasakan motor agak berat saat di rpm rendah.

Dengan spesifikasi tersebut, daya maupun torsi maksimum tergolong lumayan. Bisa dibilang 11-12 dengan Mio maupun Fazzio, karena pada dasarnya mesinnya memang sama.

Spesifikasi

Fino 125

Tipe Mesin

SOHC, 4-stroke, air cooled

Kapasitas

125 cc

Diameter x langkah

52,4 x 57,9 mm

Daya Maksimum (kW/rpm)

7,0/8.000 rpm

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

9,6/5.500 rpm

Performa

Dari segi performa, New Fino 2022 tergolong cukup impresif di kelasnya. Bahkan, jika dibandingkan dengan koleganya Mio S keluaran terbaru itu.

Kecepatan 60 km/jam dapat tercapai hanya dalam 7 detik dari posisi berhenti. Unggul sedikit (0,1 detik) dari Mio S.

Dari sini, karakter mesin membuatnya sedikit terseok di putaran atas. Untuk mencapai 80 km/jam butuh waktu total 13,2 detik. Tapi itu pun masih sedikit unggul 0,3 detik dari Mio S.

Meski demikian, bobot yang lebih berat membuatnya cukup stabil di kecepatan tinggi. Top speednya bisa pol sampai 110 km/jam.

Selain itu, konsumsi BBM-nya juga tembus 47 km/liter. Bisa dibilang untuk kelas skuter matic 125, secara keseluruhan performa Fino 15 sangat memuaskan.

Performa

Fino 125

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

7

Akselerasi 0-80 km/jam (detik)

13,2

Top speed (km/jam)

110

Konsumsi BBM (km/liter)

47,6

Kapasitas tangki (liter)

4,2

Desain

Beda performa di atas mungkin sedikit terpengaruh dengan dimensi matic ini. Secara keseluruhan, Fino 125 terbaru lebih lebar dan tinggi dari Mio S maupun Fazzio. Bahkan, bobotnya pun lebih berat antara 3-5 kg.

Dimensi

Fino 125

P x L x T (mm)

1.870 x 700 x 1.066

Wheelbase (mm)

1.260

Ground Clearance (mm)

135

Seat Height (mm)

750

Berat Isi (kg)

98

 

Bukan performa, tapi desainlah yang menjadi alasan utama kemunculan skutik retro Fino 125. Kesan retronya terlihat lebih totalitas daripada Fazzio sekalipun.

Jika Fazzio masih terkesan kekinian ala urban, Fino tampak lebih cantik dengan pilihan warna matte yang trendi. Desain lampu utama LED berbentuk perisai dan sein yang menyipit juga sangat unik dan antik.

Lebih lagi, Fino masih menggunakan dasbor speedometer konvensional dan bentuk spion yang bulat. Ibarat kata, kesan retronya “dapat banget.”

Untuk strip, varian Yamaha Fino Premium dan Yamaha Fino Sporty masing-masing memiliki 3 warna. Sedangkan Yamaha Fino Grande hanya memiliki 2 warna saja. Selain itu, di sisi samping terdapat stiker yang berbeda untuk setiap varian.

Yang paling jelas tentu saja varian Grande. Pasalnya varian ini mendapatkan double seat yang stylish. Beda dengan 2 varian lainnya yang menggunakan jok standar.

Fitur dan Kenyamanan

Untuk kenyamanan pengemudi, semua varian sudah mengusung teknologi Advance Key System, Smart Stand Side Switch, Smart Lock System, dan Eco Indicator. Begitu juga dengan ban tubeless tapak lebar (100/70), sudah ada untuk semua varian.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan helm retro yang unik dan memiliki desain yang match dengan skutik saat pembelian.

Namun, hanya varian Grande yang sudah punya fitur Start/Stop Button. Ini merupakan fitur yang membuat lebih hemat energi, terutama untuk penggunaan di kawasan perkotaan yang cenderung stop and go.

Kalaupun ada kekurangan, paling hanya bagasi yang “cuma” sebesar 8,7 liter. Itu pun cukup lumayan mengingat fokus utama motor ini pada gaya yang retro.

Kelebihan

Dari review Yamaha Fino 125 Blue Core 2022 di atas, kelebihannya bisa disimpulkan sebagai berikut.

  1. Mesin 125 cc dan sudah blue core.
  2. Performa sedikit lebih unggul dari koleganya seperti Mio S dan Fazzio.
  3. Desain retro yang totalitas.
  4. Fitur canggih dan memanjakan untuk pengendara.
  5. Harga yang relatif lebih murah dari saudaranya sesama skutik retro “Fazzio”.

Harga

Dari semua kelebihan tersebut, rasanya harga Yamaha Fino 2022 tergolong sangat murah di angka Rp19 jutaan. Pasalnya, selain mesin sudah 125 cc dan Blue Core, desain dan fiturnya pun istimewa.

Untuk memiliki skuter matic cantik ini dengan lebih cepat dan mudah, Anda bisa pesan lewat MUF Online Auto Show (MOAS).

Kredit Yamaha Fino sangat murah dengan cicilan mulai Rp700 ribuan. Apalagi Anda juga bisa dapat layanan darurat gratis selama setahun. Langsung saja chat WA 0821-1182-4010 untuk respon cepat konsultasi pembelian.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Yamaha yang disajikan MOAS.