NEWS

Yamaha Freego 125 Connected, Matic Mid Level Serba Bisa

Yamaha Freego 125 Connected, Matic Mid Level Serba Bisa Yamaha Freego 125 Connected, Matic Mid Level Serba Bisa

Mengusung slogan “The Amazing Matic”, Yamaha Freego 125 Connected membidik posisi sebagai matic mid level yang istimewa.

Tak hanya dari performa yang bertenaga dan teknologi yang irit bahan bakar, fiturnya pun oke punya. Sederet fitur terkini motor Yamaha sudah tersematkan di motor ini.

Apa saja keistimewaan motor matic ini? Simak review Yamaha Freego 125 Connected berikut dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa mesin
  • Keunikan desain dan kenyamanan bagi pengendara
  • Keunggulan dan harga

Baca sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas matic 125, spesifikasi Yamaha Freego 125 Connected mengusung mesin 4-tak, SOHC, dengan pendingin udara. Sistem bahan bakarnya sudah pasti injeksi yang hemat bahan bakar dan ekonomis.

Terlebih mesinnya sudah menggunakan teknologi Blue Core Yamaha serta dilengkapi fitur Stop Start System. Fitur ini otomatis mematikan mesin sementara jika tidak bergerak dalam 5 detik sehingga konsumsi BBM makin irit.

Dengan spesifikasi tersebut, daya maksimum mencapai 7,0 kW, sedangkan torsi maksimum ada di 9,5 Nm. Karakter mesin yang overstroke ini membuat tenaganya efektif keluar di putaran rendah.

Spesifikasi

Freego 125 Connected

Tipe Mesin

4 tak, SOHC, air cooled,

Kapasitas

125 cc

Diameter x langkah

52,4 x 57,9 mm

Daya Maksimum

7,0 kW/8.000 rpm

Torsi Maksimum

9,5 Nm/5.500 rpm

Performa

Dari spesifikasi di atas, sekilas memang tidak tampak istimewa dibandingkan dengan spesifikasi para kompetitornya.

Akan tetapi, performa Yamaha Freego 125 Connected ini sebenarnya cukup memuaskan. Akselerasi 0-60 km/jam dapat tercapai bahkan di bawah 7 detik.

Kecepatan maksimumnya bisa mencapai 106 km/jam dengan getaran yang minim, tak seperti adiknya, Yamaha Mio. Jadi, lebih enak Anda ajak kencang.

Selain itu, konsumsi BBM Yamaha Freego 125 Connected juga tergolong irit, mencapai angka 45 km/liter. Ini dengan pemakaian rute campuran yang memiliki cukup banyak stop and go.

Performa

Freego 125 Connected

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

6,7

Akselerasi 0-80 km/jam (detik)

12,3

Top speed (km)

106

Konsumsi BBM (km/liter)

45

Kapasitas tangki (liter)

4,2

Yang berbeda dari Yamaha Freego 125 Connected 2022 ini adalah tidak adanya fitur ABS (Anti-Lock Braking System) seperti pada versi sebelumnya.

Pihak Yamaha memilih meniadakan fitur ABS pada Yamaha Freego 125 Connected karena kebutuhannya tidak terlalu urgent di kelas mid level. Sebagai gantinya, beberapa fitur tambahan tersematkan di matic ini.

Desain

Desain Yamaha Freego 125 Connected menyerupai generasi sebelumnya, hanya saja dengan garis-garis tajam yang lebih agresif.

Lampu depan membentuk huruf U dan sudah menggunakan LED. Tambahan Blue Inner Lens di bagian atas membuatnya tampak makin berkelas.

Dasbor speedometer sudah menggunakan digital dan bisa menampilkan notifikasi pesan maupun panggilan. Fitur ini mampu terkoneksi dengan smartphone via aplikasi Y-Connect seperti pada Yamaha Fazzio.

Body depan tampak penuh dengan berbagai fitur. Ada smart key system, electric power socket, hingga kantong yang cukup lega untuk menampung botol air minum.

Yang unik, outlet pengisian BBM juga terdapat di sisi kiri. Meski terlihat padat, tapi sebenarnya masih tersisa ruang kaki yang cukup lega.

Alhasil, ini menyisakan ruang bagasi yang cukup besar di bawah jok, hingga 25 liter. Sangat jarang ada motor matic dengan bagasi seluas ini.

Hal menarik lainnya adalah Freego 125 Connected sudah menggunakan ban tubeless dengan velg berwarna emas. Tentu ini makin membuat matic tersebut tampak elegan.

Kenyamanan Berkendara

Kenyamanan berkendara Yamaha Freego 125 Connected hadir dari desain bodi kontur yang ergonomis.

Antara tinggi jok dan jarak handle bar cukup ideal. Tubuh Anda cenderung tegak sehingga handling pun lebih mudah dengan posisi yang nyaman untuk jarak jauh.

Dimensi

Freego 125 Connected

P x L x T (mm)

1.905 x 690 x 1.115

Wheelbase (mm)

1.275

Ground Clearance (mm)

135

Seat Height (mm)

780

Berat Isi (kg)

102

 

Kenyamanan ini juga dapat Anda rasakan dari berbagai fitur yang tertanam di motor ini.

Contohnya Y-Connect yang multifungsi. Anda bisa mengecek bahan bakar, oli, hingga mencari lokasi parkir melalui aplikasi.

Selain itu, ada pula fitur smart key system yang membuat Anda tak perlu menggunakan kunci untuk menyalakan mesin. Hal ini memudahkan Anda untuk segera berkendara dan membuatnya lebih aman.

Terakhir, fitur start stop system juga menjadikannya semakin efisien. Pengaturannya dapat Anda temukan di handle sebelah kanan.

Kelebihan Freego 125 Connected

Dari uraian di atas, keunggulan Yamaha Freego 125 Connected antara lain sebagai berikut:

  1. Mesin irit bahan bakar dengan performa yang memuaskan.
  2. Desain ergonomis dan elegan dengan potongan yang agresif.
  3. Bertaburkan fitur yang semakin memanjakan pengendara.

Adapun kekurangannya mungkin berupa dihilangkannya pilihan untuk varian yang sudah dilengkapi fitur ABS. Meski demikian, hal ini tak lantas membuat matic ini kurang menarik.

Harga

Harga Yamaha Freego 125 Connected 2022 sekitar Rp23 juta-an. Untuk ukuran matic mid level, angka ini tetap terkesan murah. Terlebih dengan fitur dan keunggulan seperti di atas.

Untuk memilikinya lebih cepat, Anda bisa memesannya lewat MUF Online Auto Show (MOAS) melalui WA 0821-1182-4010. Cicilan ringan mulai Rp900 ribuan membuat Anda lebih mudah memiliki Yamaha Freego 125 Connected impian Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Yamaha lainnya yang disajikan MOAS.

< Kembali