NEWS

Yamaha Jupiter Z1, Motor Bebek 110cc yang Bisa Ngebut

Yamaha Jupiter Z1, Motor Bebek 110cc yang Bisa Ngebut Yamaha Jupiter Z1, Motor Bebek 110cc yang Bisa Ngebut

Mengusung tagline “Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi”, Yamaha Jupiter Z1 menjadi fenomena unik di kelas motor bebek 110 cc.

Pasalnya, kelas new entry ini sangat jarang menghasilkan kendaraan yang memuaskan dari segi performa. Akan tetapi, Jupiter Z1 mematahkan itu semua. Tak heran jika minat masyarakat tetap tinggi pada motor ini di tengah dominasi motor matic.

Kini, Yamaha menghadirkan Jupiter dengan dengan desain dan strip yang segar yang lebih menarik. Review Yamaha Jupiter Z1 berikut akan mengulas tentang:

  • Spesifikasi terbaru Yamaha Jupiter Z1 2022
  • Performa dan kemampuannya  di lapangan
  • Desain dan kenyamanan berkendara
  • Kelebihan dan harga

Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Mesin

Masih sama seperti generasi sebelumnya, spesifikasi Jupiter Z1 mengandalkan mesin 4-tak, SOHC, berpendingin cairan. Mesin ini sudah menggunakan teknologi piston tempa Yamaha yang membuatnya makin ringan tapi bertenaga.

Turun di kelas 110, Jupiter Z1 bermesin 113cc dengan karakter overstroke yang lebih optimal di putaran bawah. Ini membuatnya sangat cocok Anda pakai di jalanan urban yang sering membutuhkan kondisi stop and go.

Spesifikasi tersebut memberikan daya maksimum hingga 10 PS dan torsi maksimum hingga 9,8 Nm. Angka ini tergolong melampaui kebanyakan kompetitor di kelas mesin yang sama.

Spesifikasi

Jupiter Z1

Tipe Mesin

4-stroke, SOHC, pendingin cairan

Kapasitas

113 cc

Diameter x langkah

50 x 57,9 mm

Daya Maksimum

10 PS

Torsi Maksimum

9,8 Nm

Performa

Dengan kubikasi mesin yang kecil, bukan berarti performa Jupiter Z1 tidak memuaskan. Sebaliknya, akselerasi dan top speed-nya melebihi ekspektasi yang biasa diharapkan dari moped di kelas ini.

Akselerasi jelas menjadi kelebihan Jupiter Z1 yang memiliki karakter mesin overstroke. Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam, motor bebek ini hanya butuh waktu 8 detik saja.

Tak hanya itu, menuju 80 km/jam, Jupiter Z1 hanya butuh tambahan waktu 4 detik saja. Tentu ini sangat memuaskan untuk kelas motor 110.

Selanjutnya sesuai dugaan, tenaganya mulai melemah di putaran atas. Butuh 20 detik bagi Jupiter Z1 untuk akselerasi dari 0 - 100 km/jam.

Walau demikian, kecepatan bisa terus meningkat, bahkan top speed Jupiter Z1 mencapai 115 km/jam. Ini tentu melebihi ekspektasi di mana kebanyakan motor 110 sudah bergetar kencang di kecepatan 90 - 100 km/jam.

Selain itu, konsumsi BBM Jupiter Z1 juga tergolong super irit dengan tembus 53 km/jam. Untuk kelas motor new entry di mana bensin irit jadi perhitungan, ini tentu sangat memuaskan.

Performa

Jupiter Z1

Akselerasi 0 - 60 km/jam (detik)

8

Akselerasi 0 - 80 km/jam (detik)

12

Top speed (km/jam)

115

Konsumsi BBM (km/liter)

53

Kapasitas tangki (liter)

7

Desain

Aerodinamis dan sporty menjadi faktor kunci dari desain Jupiter Z1 sejak awal kemunculannya.

Jupiter Z tergolong ramping dengan lebar hanya 680 mm saja. Dimensi ini jelas ditujukan untuk mengoptimalkan akselerasi dan kecepatan motor bebek ini.

Dimensi

Jupiter Z1

P x L x T (mm)

1.935 x 680 x 1.065

Wheelbase (mm)

1.240

Ground Clearance (mm)

150

Seat Height (mm)

765

Berat Isi (kg)

101

Bagasi (liter)

7

Tak hanya soal dimensi, posisi air flow, kontur body, hingga bentuk arrow dari behel dan tail light, semua mengejar satu kata: aerodinamis.

Konsep ini memang diusung sejak lama oleh Jupiter Z1, karena itu bentuk desainnya sebenarnya tidak mengalami banyak perubahan. Contohnya, seperti headlight ganda yang menjadi ciri khas motor bebek ini sejak lama.

Perubahan yang besar justru terlihat dari desain strip yang semakin sporty sesuai tren terkini. Dengan 3 varian warna, tampilan Jupiter Z1 semakin beraroma racing dan sporty.

Selain dari strip, kesan racing ini juga tampak dari desain velg bawaannya yang unik. Tak seperti velg standar, velg bawaan Jupiter Z1 justru terlihat seperti hasil modifikasi.

Kenyamanan Berkendara

Yamaha Jupiter Z1 bisa dibilang kurang didesain untuk kenyamanan, tapi lebih ke tantangan. Jelas bahwa Anda tidak akan menemukan kenyamanan seperti pada motor matic. Tapi soal performa dan kecepatan, Anda tidak akan kecewa.

Kontur bodi Jupiter Z1 terbilang cukup nyaman untuk Anda pacu secara santai. Akan tetapi, kemampuan optimalnya akan lebih Anda rasakan saat memacunya melahap tikungan dan membalap kendaraan di jalanan padat.

Kelebihan Jupiter Z1

Dari review Jupiter Z1 2022 di atas, terlihat beberapa keunggulan motor bebek ini:

  1. Performa terbaik di kelas 110 dengan spesifikasi mesin yang unggul dan desain yang aerodinamis
  2. Desain sporty ala racing yang eye catching
  3. Konsumsi BBM super irit dengan mesin yang awet

Harga

Harga Yamaha Jupiter Z1 2022 berada di kisaran Rp19 jutaan. Memang agak lebih sedikit dari beberapa motor bebek lainnya di kelas 110. Namun, melihat keunggulan dari segi performa dan desainnya, tentu sangat sesuai.

Jika Anda berminat memilikinya, bisa menghubungi MUF Online Auto Show (MOAS) untuk mendapatkan penawaran terbaik. Chat WA di nomor 0821-1182-4010 untuk informasi pemesanan Yamaha Jupiter Z1 dan bonus promo yang bisa Anda dapatkan.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit Motor Yamaha yang disajikan MOAS.

< Kembali