NEWS

Yamaha TMAX DX, Matic Pendobrak Segalanya di Kelas 500cc

Yamaha TMAX DX, Matic Pendobrak Segalanya di Kelas 500cc Yamaha TMAX DX, Matic Pendobrak Segalanya di Kelas 500cc

Mengusung slogan “Reset the Rule of Max”, Yamaha TMAX DX benar-benar menuliskan standar yang baru di kelas motor matik premium.

Motor ini seolah menjadi penawar bagi penggemar skuter matik yang ingin merasakan sensasi mengendarai moge.

Tentunya, ada kelebihan tertentu yang membuat motor garapan Yamaha ini terasa berbeda. Seperti apa spesifikasi dan performanya?

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Menggunakan mesin berkapasitas 2 silinder, 8 katup, DOHC, berkapasitas 530cc, motor ini memang sudah layak menyandang gelar moge.

Daya maksimumnya bahkan mencapai 33,8 KW pada 7.250 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 53 Nm di putaran 5.250 rpm.

Dahsyatnya torsi skuter matik ini berkat karakter mesin yang overstroke dengan ukuran bore-stroke 68 x 73 mm. Ini sekaligus menjadi rahasia kenapa tarikannya begitu mantap, tidak seperti kebanyakan motor matik yang berayun ketika gas dibuka.

Spesifikasi

TMAX DX

Tipe Mesin

2 Silinder, 8 katup, DOHC

Kapasitas

530cc

Diameter x langkah

68 x 73 mm

Sistem Bahan Bakar

fuel injection

Daya Maksimum

 33,8 Kw/7.250 rpm

Torsi Maksimum

23,6 Nm/10.000 rpm

Performa

Melihat spesifikasi Yamaha TMAX DX, tentunya tak perlu ada keraguan mengenai performanya.

Dari posisi berhenti, hanya butuh 3 detik untuk mencapai kecepatan 60 km/jam. Sedangkan untuk meraih kecepatan 100 km/jam, cukup dengan 6,8 detik saja. Catatan ini tentu luar biasa bagi motor matik yang terkenal memiliki akselerasi yang lambat.

Akan tetapi, Anda perlu mengaktifkan mode S (Sporty) untuk mendapatkan akselerasi yang maksimal.

Tak hanya dari segi akselerasi, top speed Yamaha TMAX DX pun tergolong jempolan dengan mencapai 155,8 km/jam (Racelogic). Bahkan, angka di speedometer menunjukkan 160 km/jam.

Yang lebih keren, teknologi injeksi dan tipe mesin DOHC membuat konsumsi BBM TMAX DX termasuk irit. Untuk 1 liter BBM oktan 92, jarak yang dapat ditempuh mencapai 24 km, bahkan 28 km di jalur pantura.

Performa

TMAX DX

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

6,8

Top speed (km/jam)

155,8

Konsumsi BBM (km/liter)

24-28

Kapasitas tangki (liter)

15

 

Selain karena tipe DOHC dan teknologi injeksi, tentu ini juga berkat fitur Cruise Control yang membuat kecepatannya lebih stabil.

Desain

Layaknya motor matik, desain TMAX DX wajar jika terbilang bongsor. Baik dari panjang, lebar, maupun tinggi, semuanya termasuk besar.

Bahkan, jarak poros rodanya mencapai 1.570 cm, yang mana lebih panjang sekitar 300 mm dari rerata motor lainnya.

Dimensi

TMAX DX

P x L x T (mm)

2.200 x 765 x 1.420-1.55

Wheelbase (mm)

1.570

Ground Clearance (mm)

125

Seat Height (mm)

800

Berat Isi (kg)

216

Akan tetapi, justru dimensi sebesar ini perlu untuk mendapatkan performa yang optimal. Dari windscreen yang bisa diatur secara elektronik, suspensi upside down di depan dan link-type di bagian belakang, hingga speedometer yang interaktif.

Secara keseluruhan, desain Yamaha TMAX DX 2022 tampak sangat futuristik dan canggih.

Kenyamanan Berkendara

Dari segi kenyamanan berkendara, akan terasa ketika Anda memacunya dengan kecepatan tinggi. Bobot yang mencapai 216 kg dengan sistem kontrol traksi membuat Anda tak akan limbung meski berada di lintasan basah.

Suspensinya juga terasa sangat empuk, jadi Anda akan merasakan sensasi berkendara yang optimal.

Walau begitu, jika Anda berada di jalanan kota, ada bagusnya Anda menggunakan mode T (town). Ini akan membuat akselerasi sedikit lebih lambat sehingga mengurangi risiko tabrakan.

Namun, dengan tinggi jok 800 mm dan bodi yang lebar, memang akan perlu upaya lebih mengendalikannya. Apalagi jika Anda memiliki tinggi kurang dari 170 cm.

Keunggulan

Dari uraian tentang performa, desain, dan kenyamanan TMAX DX di atas, bisa diambil kesimpulan tentang keunggulan skuter matic premium ini:

  1. Tarikan dahsyat
  2. Memiliki dual mode: Town dan Sport
  3. Desain futuristik dan canggih
  4. Fitur cruise control yang memanjakan saat touring
  5. Suspensi dan E-Adjustable Windscreen yang nyaman pada kecepatan tinggi

Harga

Mengingat performa dan fiturnya yang menggoda, Harga Yamaha TMAX DX 2022 termasuk worth it di kisaran Rp 320 juta-an. Jika Anda seorang pengguna matik, motor ini jelas akan menjadi favorit Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Yamaha yang disajikan MOAS.

Dapatkan DP motor baru mulai 10% dan angsuran mulai Rp 20 ribu-an per hari, khusus untuk pelanggan MUF Online Auto Show (MOAS). Nikmati pula layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika Anda memesan sekarang juga.

Siap untuk merasakan dahsyatnya kenyamanan dan performa Yamaha TMAX DX?

< Kembali