NEWS

Yamaha Vega Force, Motor Bebek 115cc yang Irit dan Serbaguna

Yamaha Vega Force, Motor Bebek 115cc yang Irit dan Serbaguna Yamaha Vega Force, Motor Bebek 115cc yang Irit dan Serbaguna

Yamaha Vega Force menjadi salah satu pemain andalan di kelas motor bebek untuk pemula (new entry).

Meski belakangan kian tergeser dengan kehadiran motor matic, kategori ini tetap punya penggemar tersendiri karena keandalan dan perawatan yang lebih mudah.

Seperti apa spesifikasi dan performa motor garapan Yamaha ini? Apa saja fitur dan kelebihannya?

Simak ulasannya.

Spesifikasi Yamaha Vega Force

Berkompetisi di kelas motor bebek pemula, spesifikasi mesin Yamaha Vega Force tergolong standar. Mesin 4 tak dengan single camshaft dan berpendingin udara banyak juga digunakan oleh rival lainnya.

Meski demikian, pemilihan mesin tipe overstroke membuat Vega Force memiliki keunggulan dari segi tarikan mesinnya. Plus, sistem bahan bakar yang menggunakan injeksi jelas makin membuatnya irit.

Spesifikasi Mesin

Vega Force

Tipe Mesin

4 Tak, SOHC, pendingin udara

Kapasitas

115 cc

Diameter x langkah

50 x 57,9

Sistem Bahan Bakar

Fuel injection

Selain itu, mesin Vega Force ini sudah menggunakan forged piston yang membuat perawatan mesin lebih mudah dan lebih tahan lama. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna motor bebek pemula yang mempertimbangkan harga vs keawetan motor.

Performa

Dari segi performa, New Vega Force 2021, tak bisa dipandang sebelah mata.

Daya maksimum 6,41 Kw pada 7.000 rpm mampu mendorong motor bebek ini hingga mencapai kecepatan 105 km/jam.

Performa Mesin

Vega Force

Perbandingan Kompresi

9,3 : 1

Daya Maksimum

6,41 kw/7.000 rpm

Torsi Maksimum

9,53 Nm/5.000 rpm

Adapun torsi maksimum 9,53 Nm yang tercapai di 5.000 rpm memberikan akselerasi 6,3 detik saja dari posisi 0-60 km/jam.

Angka ini kompetitif meski tak cukup untuk menjadi istimewa. Namun, sebagai kelas motor bebek new entry, jelas kemampuan ini di atas rata-rata.

Sayangnya, untuk konsumsi BBM Yamaha Vega Force terbilang biasa saja dengan 55,6 km/liter. Meski lebih baik dari kategori motor matic, namun di kelas motor bebek, justru berada di kisaran tengah.

Performa di jalan

Vega Force

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

6,3

Akselerasi 0-80 km/jam (detik)

12,7

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

26,8

Top speed (km/jam)

105

Konsumsi BBM (km/liter)

55,6

Kapasitas tangki (liter)

4

Desain

Seperti kebanyakan motor Yamaha lainnya, Vega Force memiliki dimensi yang tidak terlalu ramping dengan PxLxT = 1.940 x 715 x 1.075 mm.

Akan tetapi, hal ini demi mengakomodir fitur fungsional yang bermanfaat bagi pengendara. Jadi, rasanya oke-oke saja.

Selain itu, ground clearance-nya juga terbilang tinggi dengan jarak ke tanah 155 mm. Jadi, cukup aman untuk membelah genangan atau melibas polisi tidur.

Perbandingan

Vega Force

P x L x T (mm)

1.940 x 715 x 1.075

Wheelbase (mm)

1.235

Ground Clearance (mm)

155

Seat Height (mm)

774

Berat Isi (kg)

96

Dari segi tampilan, body dan strip baru dari New Yamaha Vega Force 2021 sebenarnya cukup sporty dan atraktif. Sayangnya, hal ini tak dibarengi dengan fasad depan dan speedometer yang cenderung monoton.

Meski begitu, desain rear lamps-nya patut mendapat pujian dengan bentuk sporty dan gaya. Selain itu, bagasinya yang luas, mencapai 9,2 liter, juga memiliki nilai tambah tersendiri.

Untuk variasi warna, Yamaha hanya menyediakan 2 varian warna untuk Vega Force, yaitu metallic red dan metallic black gold. Ini memberikan pilihan yang terbatas bagi para pengguna motor bebek kelas new entry.

Kenyamanan Berkendara

Kenyamanan berkendara sebenarnya cukup terjamin dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan swing arm di bagian belakang. Namun, selain itu, tak banyak sentuhan fitur yang disediakan oleh Yamaha untuk motor bebek 115cc ini.

Dengan kata lain, fungsinya sebagai motor bebek kelas pemula memang untuk transport dan angkutan saja. Dan untuk fungsi tersebut, Vega Force jelas sudah lebih dari cukup.

Keunggulan Yamaha Vega Force

Dari uraian di atas, bisa diambil kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan Yamaha Vega Force 2021.

Vega Force

Kelebihan

Kekurangan

Poin

mesin forged piston, awet;

tarikan kuat di rpm rendah;

kapasitas tangki dan bagasi besar

fiturnya standar

Harga Yamaha Vega Force 2021

Jika Anda sudah berpengalaman dalam dunia otomotif, khususnya permotoran, Yamaha Vega Force mungkin kurang menarik bagi Anda.

Akan tetapi, jika Anda rider pemula, motor ini bisa jadi pilihan Anda untuk mendapatkan motor bebek yang irit, tarikan besar, dan serbaguna. Harganya pun tergolong murah, mulai dari Rp 16-17 juta-an saja.

Untuk mendapatkan promo harga terbaik, Anda dapat memilikinya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan angsuran motor baru mulai dari Rp 700 ribu-an serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika memesan sekarang juga.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Yamaha yang disajikan MOAS.

Hubungi call center kami di 1500824 untuk booking New Yamaha Vega Force 2021 dengan penawaran terbaik.

< Kembali