NEWS

Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI : Juara Motor Bebek 16 Juta?

Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI : Juara Motor Bebek 16 Juta? Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI : Juara Motor Bebek 16 Juta?

Kompetisi antara Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI di kelas moped new entry selalu ketat. Meski tak seberat persaingan di motor matic, pasar motor bebek tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Baik Yamaha maupun Suzuki, secara berkala memberikan penyegaran pada kedua andalan mereka di lini motor bebek 115cc ini. Baik itu dari segi desain, fitur, hingga teknologi terbaru untuk performa yang mumpuni.

Lalu, antara Suzuki Smash FI vs Yamaha Vega Force, mana yang lebih baik?

Simak ulasannya.

Spesifikasi Suzuki Smash FI vs Yamaha Vega Force

Sebagai sama-sama tunggangan di kelas new entry, tentu tak banyak perbedaan dari segi mesin. Keduanya sama-sama mengandalkan mesin 4 tak, SOHC dengan pendingin udara dan sistem bahan bakar injeksi.

Sedikit perbedaan hanya volume mesin dengan selisih hanya 2 cc, yang sebenarnya tidak begitu berpengaruh pada performa.

Selain itu, Vega Force menggunakan tipe mesin overstroke dengan jarak masuk piston yang lebih panjang dari diameter. Tipe ini lebih berdaya di putaran bawah.

Sedangkan Smash FI menggunakan tipe mesin cenderung square yang memberikan tenaga merata di semua tingkatan RPM.

Spesifikasi Mesin

Yamaha Vega Force

New Smash FI

Tipe Mesin

4 Tak, SOHC, pendingin udara

4 Tak, SOHC, pendingin udara

Kapasitas

115 cc

113 cc

Diameter x langkah

50 x 57,9

51 x 55,4

Sistem Bahan Bakar

Fuel injection

Fuel injection

Performa

Dengan spesifikasi mesin yang mirip, Yamaha Vega Force mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 6,41 Kw pada 7.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya tampak di 5.000 rpm dengan besar 9,53 Nm.

Angka ini sedikit di atas Suzuki Smash FI yang daya maksimumnya 6,0 Kw tercapai pada 8.000 rpm dan torsi maksimumnya di 9,1 Nm pada 6.000 rpm.

Performa Mesin

Yamaha Vega Force

New Smash FI

Perbandingan Kompresi

9,3 : 1

9,4 : 1

Daya Maksimum

6,41 kw/7.000 rpm

6,0 kW/8.000 rpm

Torsi Maksimum

9,53 Nm/5.000 rpm

9,1 Nm/6.000 rpm

Sekilas, Vega Force sedikit lebih unggul dari Smash FI, baik di rpm tinggi maupun rendah. Namun, hasil tes performa di jalan justru menunjukkan sebaliknya.

Pada putaran bawah, New Smash FI unggul tipis, hanya beda nol koma sekian detik. Tagline baru “Tarikannya dahsyat” dari New Smash FI tampak terlihat di sini.

Namun, di putaran atas, Vega Force berhasil mengungguli New Smash FI dengan selisih beberapa detik.

Perbandingan

Yamaha Vega Force

New Smash FI

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

6,3

5,9

Akselerasi 0-80 km/jam (detik)

12,7

12,2

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

26,8

33,5

Top speed (km/jam)

105

100,9

Konsumsi BBM (km/liter)

55,6

66,7

Kapasitas tangki (liter)

4

3,7

Meski begitu, Yamaha agaknya perlu mengakui keunggulan New Smash FI dalam hal irit bahan bakar. Pasalnya, konsumsi BBM Suzuki Smash FI mencapai 66,7 km/liter, yang menempatkannya sebagai rekor motor bebek paling bandel dan irit.

Desain

Perbedaan dari segi performa tersebut tentu terpengaruh oleh dimensi kedua motor bebek ini.

Dimensi Yamaha Vega Force yang sedikit lebih besar dan lebih berat membuatnya lebih stabil di kecepatan tinggi. Itulah sebabnya di putaran atas, akselerasinya mampu mengungguli New Smash FI.

 

Perbandingan

Yamaha Vega Force

New Smash FI

P x L x T (mm)

1.940 x 715 x 1.075

1.910 x 680 x 1.085

Wheelbase (mm)

1.235

1.220

Ground Clearance (mm)

155

145

Seat Height (mm)

774

-

Berat Isi (kg)

96

94

 

Seperti spesifikasi mesin, dari segi desain, tampilan Yamaha Vega Force maupun Suzuki Smash FI tidak terlalu memiliki banyak fasad yang menonjol.

Bagian depan sama-sama memiliki headlamp lebar berbahan bohlam serta lampu sein yang meruncing di kedua sisi. Di bawahnya, suspensi teleskopik menjadi andalan kedua motor untuk menopang bagian depan dengan kokoh.

Tak hanya itu, desain body keduanya juga sama-sama sporty dan ergonomis. Sedikit perbedaan ada pada desain strip yang memberikan kesan segar, serta variasi rear lamp Yamaha Vega Force yang lebih atraktif.

Namun, Yamaha perlu mengakui keunggulan Suzuki dalam mendesain tampilan speedometer. Meski sama-sama informatif dan fungsional, namun desain speedometer Suzuki tampak lebih menarik dan modern.

Selain itu, desain pelindung knalpot pada New Smash FI juga terlihat lebih mewah dan modern. Sepuhan warna krom yang mengkilap tampak lebih atraktif daripada warna hitam klasik dari Vega Force.

Yang lebih jelas lagi, Suzuki menawarkan 3 varian warna untuk New Smash FI 2021, yaitu: Summer Red, Medium Blue, dan Titan Black. Sementara itu, Yamaha hanya menyediakan 2 varian warna: merah dan hitam.

Kenyamanan Berkendara

Soal kenyamanan, Suzuki Smash FI lebih menjanjikan. Jarak jok dengan stang yang lebih pendek membuat pengendara lebih bebas bermanuver dan nyaman berkendara dalam waktu lama.

Namun, bagasi yang lebih lebar pada Yamaha Vega Force (hingga 9,2 liter) jelas memberikan nilai tersendiri. Apalagi mengingat karakter orang Indonesia yang suka bepergian dengan membawa banyak barang.

Meski begitu, sebenarnya New Smash FI pun tak kalah-kalah amat karena volume bagasinya mencapai 8 L. Ukuran tersebut tentu cukup untuk menyimpan berbagai kebutuhan pengendara.

Keunggulan Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI

Kesimpulan dari uraian di atas, kelebihan Suzuki Smash FI dan Yamaha Vega Force, masing-masing sebagai berikut.

Perbandingan

Yamaha Vega Force

New Smash FI

Keunggulan

Stabil di kecepatan tinggi,

Ukuran bagasi 9,2 liter

Tarikan dahsyat di putaran rendah, sangat irit BBM,

Desain ergonomis dan nyaman bagi pengendara,

Tampilan speedometer modern

Harga Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI

Bersaing di kelas entry level yang sama, harga kedua motor bebek ini tergolong murah dan terjangkau, di angka Rp 16-17 juta-an.

Harga New Suzuki Smash FI 2021 bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 16,1 juta-an. Sedangkan Yamaha Vega Force baru membuka harga di angka Rp 16,9 juta-an.

Lantas, mana yang lebih baik untuk Anda beli?

Jika Anda sering menggunakannya untuk bekerja di perkotaan, New Smash FI mungkin pilihan yang lebih tepat. Ini karena dimensinya lebih ramping dan tarikan akselerasinya memang dahsyat.

Namun, jika Anda lebih sering membawa barang banyak dan menggunakan kecepatan sedang-tinggi, maka Yamaha Vega Force adalah pilihan yang lebih baik.

Apapun pilihan Anda, pastikan untuk beli Yamaha Vega Force atau New Suzuki Smash melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan angsuran motor baru mulai dari Rp 700 ribu-an serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika memesan sekarang juga.

Jangan lewatkan juga promo kredit motor Yamaha dan kredit motor Suzuki yang disajikan MOAS.

Jadi, tak perlu bingung menentukan pembelian Yamaha Vega Force vs Suzuki Smash FI. Langsung saja hubungi call center kami di 1500824 untuk booking dan melakukan test drive.

Call center