NEWS

Yamaha YZ125X, Motor Spesialis Enduro dan Cross Country

Yamaha YZ125X, Motor Spesialis Enduro dan Cross Country Yamaha YZ125X, Motor Spesialis Enduro dan Cross Country

Jika Anda penggemar kegiatan cross country dan enduro, Yamaha YZ125X harus masuk ke dalam radar Anda.

Sebagai motor yang dibangun Yamaha khusus XC (cross country) dan enduro, YZ125X memiliki segala yang Anda butuhkan untuk lintas alam dan ketahanan.

Review Yamaha YZ125X berikut akan mengulas tentang:

  • Spesifikasi terbaru YZ125FX 2022
  • Performa dan kemampuannya  di lapangan
  • Desain dan kenyamanan berkendara
  • Kelebihan dan harga

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Turun di motor cross country kelas pemula, spesifikasi Yamaha YZ125X mengandalkan mesin 2-stroke berkubikasi 125 cc dengan pendingin cairan.

Tipe mesin ini cenderung menghasilkan tenaga yang besar, tapi konsumsi BBM-nya tak seirit mesin 4-stroke. Pilihan ini untuk mengimbangi kubikasi mesin yang kecil sehingga bisa menghasilkan tenaga besar. Yamaha sendiri menyebutnya sebagai Special Engine.

TIdak ada keterangan resmi tentang berapa daya dan torsi maksimum cross bike andalannya ini. Akan tetapi, dari pengujian independen, daya maksimum Yamaha YZ125X tembus 35 PS, sedangkan torsinya tembus 22 Nm.

Transmisinya sendiri memiliki 6 percepatan dengan mode multiplate wet clutch. Ini memastikan perpindahan gigi yang mulus dan memudahkan pengendalian.

Spesifikasi

YZ125X

Tipe Mesin

2-stroke, liquid cooled, reed-valve inducted

Kapasitas

125 cc

Diameter x langkah

54 x 54,5 mm

Daya Maksimum

35 PS

Torsi Maksimum

22 Nm

Performa

Di atas kertas, performa Yamaha YZ125X cenderung stabil di putaran bawah maupun atas, terlihat dari karakter mesin yang square. Penggunaan mesin 2-stroke juga mampu memberikan daya lebih untuk kubikasi mesin yang tergolong kecil di motor kelas ini.

Motor ini khusus cross country dan enduro, jadi Anda tidak bisa mendapatkan STNK untuk memacunya di jalanan aspal.

Pada lintasan alam, akselerasi 0-60 km/jam dari YZ125X berada di sekitar angka 5 detik. Adapun top speed Yamaha YZ125X di kisaran 70 km/jam.

Meski demikian, tentunya bagi jenis motor cross dan enduro, hal ini bukan yang utama. Begitu juga soal konsumsi BBM, meski kurang irit daripada mesin 4-stroke, tapi performa lapangan jelas prioritas yang lebih penting saat jelajah alam.

Desain

Yamaha memberikan improvisasi dari segi desain untuk YZ125X terbaru 2022-2023 ini. Mulai dari bodi yang lebih ramping, tampilan yang lebih agresif, dan style yang lebih bold.

Tinggi jok yang hampir 1 meter dengan ground clearance di atas 30 cm membuat Anda mudah menerabas rintangan apapun. Apalagi dengan rangka yang ramping dan ringan.

Dimensi

YZ125X

P x L x T (mm)

2.141 x 826 x 1.285

Wheelbase (mm)

1.455

Ground Clearance (mm)

320

Seat Height (mm)

955

Berat Isi (kg)

95

Kapasitas tangki (liter)

7,9

Rangkanya mengandalkan aluminium semi-double yang dicetak khusus mempertimbangkan keseimbangan antara kekuatan dan fleksibilitas. Ini membuat pengendalian lebih mudah serta ketahanan lebih kuat dalam menjelajah.

Sekilas, tampilan YZ125X mirip dengan kakaknya, YZ250X. Baik dari pilihan warna, kontur seat, maupun model strip, relatif sama. Fasad depan polos dengan kombinasi utama warna merah dan hitam.

Hanya saja YZ125X memiliki “otot” saluran exhaust yang lebih kecil. Selain itu, desain strip sedikit beda, aksen hitam di tengah dan huruf berwarna putih.

Kenyamanan Berkendara

YZ125X memperhatikan kenyamanan berkendara dengan tujuan khusus untuk cross country dan enduro.

Kenyamanan berkendara merupakan isu penting bagi sebuah motor cross country. Untuk hal ini, YZ125X lulus sempurna dengan model ergonomis yang ideal untuk cross bike.

Mengandalkan suspensi buatan KYB dengan jarak tekan depan belakang berturut-turut 11,8 dan 12 inchi, performanya terasa sempurna. Bagian depan model fork, sedangkan belakang model single shock. Keduanya bebas disesuaikan alias fully adjustable.

Untuk memberikan cengkraman yang maksimal, ban depan maupun belakang mengandalkan buatan Dunlop tipe Geomax. Masing-masing dengan lebar 90-110.

Sebagai penopang pengendalian, kedua roda sudah dilengkapi dengan rem cakram hidrolik yang masing-masing berdiameter 270 & 245 mm.

Sayangnya, tipe YZ125X ini belum mengadopsi teknologi Yamaha Power Tuner App seperti saudaranya, YZ250FX. Meski tak mengurangi kemampuannya dalam bermanuver di alam bebas, tapi fitur tersebut sangat membantu bagi para offroader.

Kelebihan YZ125X

Dari ulasan di atas, setidaknya ada 5 kelebihan Yamaha YZ125X:

  1. Mesin special engine 2-stroke yang memberikan daya optimal di kelas motor cross pemula plus transmisi 6 kecepatan yang menantang.
  2. Rangka aluminium tempa ultra ringan yang tangguh untuk memberikan kekuatan dan ketahanan dalam menerabas berbagai medan.
  3. Suspensi KYB yang khusus untuk cross country dan bebas diubah-suaikan.
  4. Desain ergonomis khusus untuk cross country racing.
  5. Kombinasi suspensi, pilihan ban, rem, dan petcock standar GNCC racing.

Harga

Untuk semua kelebihan tersebut, harga Yamaha YZ125X 2022 2-Stroke Trailblazer sangat pantas berada di kisaran Rp78 jutaan. Jika Anda menginginkan fitur dan performa lebih, bisa upgrade ke Yamaha YZ250FX yang memiliki spesifikasi dan fitur tambahan.

Hubungi MUF Online Auto Show (MOAS) melalui WA 0821-1182-4010 untuk mendapatkan promo kredit kendaraan bermotor terbaik dengan cicilan dan bunga rendah.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor Yamaha yang disajikan MOAS.

< Kembali