NEWS

Yamaha YZ250FX, Motor Cross yang Didesain untuk Jadi Pemenang

Yamaha YZ250FX, Motor Cross yang Didesain untuk Jadi Pemenang Yamaha YZ250FX, Motor Cross yang Didesain untuk Jadi Pemenang

Mengusung slogan “Your Power, Your Way”, Yamaha YZ250FX terdengar begitu yakin dengan kemampuannya.

Mengambil DNA dari YZ250X, motor cross country besutan Yamaha ini memang memiliki segudang fitur untuk menjadi juara. Berbagai upgrade yang disematkan makin membuat motocross ini layak jadi pemenang.

Bagi para pecinta motocross, review Yamaha YZ250FX berikut akan mengulas:

  • Spesifikasi terbaru YZ250FX 2022
  • Performa dan kemampuannya  di lapangan
  • Desain dan kenyamanan berkendara
  • Kelebihan dan harga

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas motocross, YZ250FX mengandalkan mesin 4-tak, berkapasitas 250 cc, DOHC, dan berpendingin cairan.

Mesin ini sudah mengusung teknologi paling mutakhir dari Yamaha untuk performa cross country yang optimal. Di antaranya termasuk penyempurnaan pada intake duct, intake port, exhaust camshaft, muffler, dan balancer.

Karakter mesinnya yang overstroke khas motocross membuatnya memiliki rasio kompresi hingga 13,8:1. Jelas bakal membuatnya sangat bertenaga.

Dari pengujian, daya maksimum mencapai 37,9 PS dan torsi maksimumnya mencapai 24,8 Nm. Cukup tinggi untuk ukuran motocross, sangat khas Yamaha.

Sebagai perbandingan, Kawasaki KLX 250 di kelas yang sama hanya memiliki daya dan torsi maksimum 24 PS dan 21 Nm.

Spesifikasi

YZ250FX

Tipe Mesin

4 stroke, DOHC, liquid cooled

Kapasitas

250 cc

Diameter x langkah

77 x 53.6 mm

Daya Maksimum

37,9 PS/12.100 rpm

Torsi Maksimum

24,8 Nm/8.800 rpm

Performa

Untuk kelas motocross, akselerasi dan top speed tentu bukan jadi sebuah tujuan. Paling penting adalah bagaimana agar dapat menerobos segala medan dan rintangan. Dan untuk itu, performa YZ250FX sangat memuaskan.

Didukung spesifikasi mesin yang mumpuni, sasis yang presisi, dan fitur lintas alam yang fungsional, menjelajah padang rumput, bahkan hutan, bukan sebuah masalah.

Di antara fitur Yamaha YZ250FX yang jadi andalan adalah map button untuk berganti mode berkendara sesuai terrain dengan mudah. Jadi. berpindah medan jelajah tak lagi mengurangi kenikmatan penjelajahan Anda.

Desain

Ada banyak peningkatan yang Yamaha lakukan pada YZ250FX dari segi desain untuk menunjang performa yang luar biasa.

Mulai dari dimensi, YZ250FX kini memiliki bahu yang lebih sempit dan tempat duduk yang lebih tipis, namun tetap kokoh.

Rangkanya pun terbuat dari frame aluminium yang ditingkatkan, sehingga lebih ringan, tapi tetap kuat menopang beban. Begitu juga dengan side stand alias standar sampingnya.

Secara keseluruhan, berat Yamaha YZ250FX hanya sekitar 111 kg, menjadikannya sangat efektif sebagai penjelajah alam. Meski begitu, kapasitas tangki tetap besar, mencapai 10 liter bbm.

Dimensi

YZ250FX

P x L x T (mm)

2.174 x 826 x 1.280

Wheelbase (mm)

1.481

Ground Clearance (mm)

320

Seat Height (mm)

955

Berat Isi (kg)

111

Kapasitas tangki (liter)

10

Untuk menunjang performa yang baik di berbagai medan, YZ250FX mengandalkan ban GeoMax dari Dunlop yang bertapak lebar. Ini memberikan traksi yang kuat dan dapat disesuaikan menggunakan teknologi Yamaha.

Selain itu, suspensinya mengandalkan buatan KYB, yang mampu memberikan jarak travel hingga lebih dari 12 inchi. Sedangkan pengendaliannya mengandalkan cakram hidrolik yang pakem sekaligus antiselip.

Kenyamanan Berkendara

Yang menyenangkan, YZ250FX sudah memasang electric starter yang sangat memudahkan bagi pengendara untuk menjalankan mesin. Ini sangat membantu mengingat tinggi jok motor ini tak tanggung-tanggung, nyaris 1 meter.

Secara otomatis, ground clearance-nya juga sangat tinggi, adjustable hingga maksimal 320 mm.

Namun, yang paling jadi andalan adalah fitur Yamaha Power Tuner App yang mampu terkoneksi dengan smartphone. Ini membuat pengaturan arus daya, power, hingga pembakaran lebih mudah dan instan.

Anda pun bisa menyimpan pengaturan tersebut dan memuatnya secara langsung untuk kesempatan berkendara yang berbeda nantinya.

Data dari Power Tuner App dapat diunggah ke smartphone untuk analisis performa dan pengaturan yang lebih baik.

 

Kelebihan YZ250FX

Dari review Yamaha YX250FX 2022 di atas, kelebihan motor off roader ini tampak jelas sebagai berikut:

  1. mesin 250 cc berkompresi tinggi yang memberikan performa optimal untuk motocross.
  2. desain ringan dan kokoh menunjang performa yang optimal.
  3. pengaturan sasis yang presisi dengan sambungan yang diperkuat.
  4. fitur cross country yang menunjang untuk menjadi pemenang.
  5. power tuner app dan map button yang memudahkan setting motor sesuai kondisi yang dibutuhkan.

Harga

Dari keunggulan Yamaha YZ250FX di atas, tak heran jika motor ini sangat istimewa dan tidak sembarang orang menggunakannya.

Harga Yamaha YZ250FX 2022 berada di kisaran Rp110 jutaan. Cukup tinggi untuk ukuran motor 250 cc, tapi sangat layak melihat segala kelebihan dari mesin, desain, dan fiturnya.

Bagi Anda pecinta dunia off road, motor ini sangat layak Anda miliki. Gunakan saja penawaran terbaik dari MUF Online Autoshow (MOAS). Hubungi WA 0821-1182-4010 untuk beli kredit Yamaha YZ250FX maupun cash dan dapatkan promo terbarunya.

< Kembali