NEWS

Calya Vs Sigra: Si “Anak Kembar” MPV LCGC, Mana Lebih Baik?

Calya Vs Sigra: Si “Anak Kembar” MPV LCGC, Mana Lebih Baik? Calya Vs Sigra: Si “Anak Kembar” MPV LCGC, Mana Lebih Baik?

Pada suatu hari, lahirlah Calya dan Sigra dari rahim yang sama, pabrik Astra Daihatsu Motor. Bak anak kembar, orang-orang kerap membandingkan Calya vs Sigra. Kedua mobil tersebut memang melanjutkan tradisi kolaborasi Toyota dan Daihatsu dengan mobil di kelas yang sama.

Trend kolaborasi ini sudah terjadi sejak Avanza dan Xenia di kelas low MPV, Rush dan Terios di kelas Low SUV, Ayla dan Agya di kelas LCGC, kemudian Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini di kelas MPV LCGC.

Kali ini, kami akan coba membuat review Calya vs Sigra. Di tahun 2019, keduanya meluncurkan versi facelift New Calya dan New Sigra dan versi inilah yang masih beredar hingga sekarang. Kami akan mereview berdasarkan seri dan tahun produksi tersebut.

Varian Mobil

Banyak orang yang sering bertanya Calya vs Sigra bagus mana. Meski seperti anak kembar, sebenarnya Sigra sengaja dibuat untuk segmen pasar yang lebih rendah. Dari sini sudah jelas bahwa spesifikasi Calya vs Sigra lebih unggul Calya.

Tapi, dari sisi varian mobil, New Daihatsu Sigra memiliki lebih banyak varian. Setidaknya ada 10 variant yang bisa Anda pilih. Untuk seri D dan M, spesifikasinya memang sengaja dibuat lebih minor. Tipe ini memang sengaja untuk menyasar fleet market bukan mobil keluarga.

Rentang harganya juga cukup lebar mulai dari 140,4 juta - 163,4 juta rupiah. Dengan demikian, Anda memiliki opsi yang lebih beragam untuk seri ini.

New Toyota Calya hanya tersedia dalam 4 varian. Rentang harganya mulai dari 146,19 juta sampai 167,49 juta rupiah.

Komparasi Desain

Komparasi Calya vs Sigra dari sisi desain eksterior memang tidak terlalu jauh berbeda. Tapi meski kembar, sebenarnya keduanya memiliki desain eksterior dengan detail yang berbeda.

Tampilan wajah keduanya sekilas memang mirip. Tapi jika Anda perhatikan lebih teliti, gayanya sedikit berbeda.

Grill Calya berbentuk seperti trapesium terbalik memenuhi bagian muka hingga bumper. Sedangkan Sigra berbentuk seperti jam pasir yang terpisah di bagian tengah. Rumah lampu kabut milik Calya juga tampak lebih stylish dengan bentuk segitiga memanjang secara vertikal. Posisi fog lamp-nya juga sedikit ke bawah. Sedangkan milik Sigra relatif biasa saja.

Lampu dari semua varian Calya sudah menggunakan LED. Sigra menyematkan LED hanya untuk tipe X ke atas.

Tipe X ke atas juga memiliki akses chrome yang dominan. Beberapa panel di bagian grill, body samping di bawah kaca, dan area bagasi.Di bagian kaki, semua varian Calya sudah menggunakan velg alloy dual tone 14 inch. Sedangkan Sigra hanya tipe X ke atas yang menggunakan velg alloy 14 inch. Tipe D dan M masih menggunakan velg kaleng.

Dari sisi penampilan secara umum, Calya memang terlihat lebih “ganteng”.

Komparasi Bagian Interior

Saatnya untuk mengkomparasikan interior Calya vs Sigra.Jika di head to head antara Calya dan Sigra untuk seri paling tingginya, wajar jika Calya masih lebih unggul.

Dari sisi desain, Calya tampak lebih elegan dengan paduan warna hitam dan dark brown. Bagian dashboard juga tampak menawan dengan desain multilayer.

Segi kenyamanan, Calya juga lebih unggul. Mobil ini sudah dilengkapi dengan 7 headrest sedangkan Sigra hanya 6. Jok dari Calya juga terasa lebih nyaman untuk semua penumpang.

Untuk varian tertinggi, kedua mobil ini sama-sama memiliki head unit yang mumpuni dengan 2DIN Touchscreen. Tapi Calya lebih unggul dengan adanya fitur audio steering switch.

Mesin dan Fitur Penunjang

Untuk mesin, kedua mobil dengan versi 1,2 L menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 3NR-VE DOHC Dual VVT-i. Maka dari itu, dari segi performa sama saja. Dengan 4 silinder, tenaganya bisa mencapai 88 PS di putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm di 4.200 rpm. Transmisinya terdapat pilihan manual 5-speed atau dan Automatic 4-speed.

Jika Anda masih bertanya antara Calya vs Sigra irit mana, jawabannya adalah sama saja untuk kelas mesin 1,2 L.

Jika ingin lebih irit, Sigra memiliki opsi 1,0 L (tipe D dan M) yang tidak dimiliki Calya.Varian tersebut menggunakan mesin bertipe 1KR-VE DOHC VVT-i. Mesinnya hanya memiliki 3 silinder. Untuk tenaganya bisa mencapai 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 89 Nm pada 4.400 rpm. Untuk varian ini hanya ada opsi transmisi manual.

Fitur Penunjang Lain

Dalam hal ini, Sigra unggul di teknologi parkir untuk varian tertingginya. Sigra sudah menggunakan parking sensor dan rear camera parking yang terhubung ke layar di head unit. Sedangkan Calya hanya memiliki rear sensor parking.

Calya sudah melengkapi semua variannya dengan fitur keamanan seperti ABS+EBS (kecuali tipe E non-ABS), 3 point seatbelt, dual SRS Airbag, isofix dan juga anti-theft system.

Bagaimana dengan Sigra? Fitur-fitur keamanan seperti itu hanya ada di beberapa varian, terutama AT.

Khusus varian tertinggi Calya sudah menggunakan retractable mirror. Untuk tipe-tipe di bawahnya masih menggunakan spion control elektrik biasa. Nah, Sigra di semua varian masih menggunakan spion control elektrik biasa.

Komparasi Harga

Di poin ini kami akan menjabarkan tabel harga dari masing-masing produk.

Tabel Harga New Toyota Calya

Varian

Harga

Tipe E MT STD (1.2 L)

Rp 146,19 juta (OTR Jakarta)

Tipe E MT (1.2 L)

Rp 148,99 juta (OTR Jakarta)

Tipe G MT (1.2 L)

Rp 155,29 juta (OTR Jakarta)

Tipe G AT (1.2 L)

Rp 167.49 juta (OTR Jakarta)

Tabel Harga New Daihatsu Sigra 

Varian

Harga

Tipe D MT (1.0 L)

Rp 120,65 juta (OTR Jakarta)

Tipe M MT (1.0 L)

Rp 131,05 juta (OTR Jakarta)

Tipe X MT (1.2 L)

Rp 140,4 juta (OTR Jakarta)

Tipe X MT Deluxe (1.2 L)

Rp 145,9 juta (OTR Jakarta)

Tipe X AT (1.2 L)

Rp 153,2 juta (OTR Jakarta)

Tipe X AT Deluxe (1.2 L)

Rp 158,7 juta (OTR Jakarta)

Tipe R MT (1.2 L)

Rp 146,8 juta (OTR Jakarta)

Tipe R MT Deluxe (1.2 L)

Rp 150,6 juta (OTR Jakarta)

Tipe R AT (1.2 L)

Rp 159,6 juta (OTR Jakarta)

Tipe R AT Deluxe (1.2 L)

Rp 163,4 juta (OTR Jakarta)

Jika Anda masih bertanya mengapa Calya lebih mahal dari Sigra, jawaban simple-nya karena Calya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi secara umum.

Itu dia review Calya vs Sigra. Jadi, setelah melihat komparasinya, antara calya vs sigra pilih mana?

Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil di MUF Online Autoshow (MOAS) yang dipersembahkan oleh Mandiri Utama Finance.

< Kembali