NEWS

Honda HR-V vs KIA Seltos: Pilih Performa, Fitur atau Layanan?

Honda HR-V vs KIA Seltos: Pilih Performa, Fitur atau Layanan? Honda HR-V vs KIA Seltos: Pilih Performa, Fitur atau Layanan?

Dominasi Honda HR-V di kelas compact SUV mendapat tantangan berat dari KIA Seltos. Melihat dari keunggulan masing-masing, kompetisi antara Honda HR-V vs KIA Seltos tampaknya akan berfokus pada layanan vs fitur.

Sebelum memilih antara compact SUV besutan Honda dan KIA tersebut, kenali dulu spesifikasi, performa, fitur, dan keunggulan masing-masingnya.

Spesifikasi Honda HR-V vs KIA Seltos

Berada di kelas compact SUV, KIA menggebrak dengan memasang mesin Kappa Turbo 1.353 cc berteknologi direct injection. Mesin ini sudah tersemat bahkan di varian paling murah.

Ini merupakan sebuah terobosan berani mengingat belum banyak kompetitor yang berani memasang mesin Turbo di kelas yang sama.

Honda sendiri menyematkan mesin i-VTEC Engine 1.497 cc, SOHC, yang belum menggunakan teknologi Turbo pada HR-V. Ini membuat baik tenaga maupun torsi KIA Seltos lebih unggul daripada Honda HR-V.

Bahkan, varian termahal Honda HRV, Prestige 1,8L pun masih sedikit di bawah kemampuan mesin Turbo Seltos.

Perbandingan

Honda HRV/ Prestige

KIA Seltos

Seri Mesin

i-VTEC Engine

Kappa Turbo

Tipe Mesin

4 silinder, 16 katup, SOHC

4 silinder, 16 katup, dual CVVT

Isi Silinder

1.497 cc / 1.799 cc

1.353 cc

Daya Maksimum

120 PS / 139 PS

140 PS

Torsi Maksimum

145 Nm / 169 Nm

242 Nm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Direct Injection

Performa

Di atas kertas, Seltos jelas lebih menjanjikan dari segi performa. Dukungan mesin Kappa Turbo 1.353 cc menjadi kunci keunggulannya. Lantas, bagaimana dengan performa keduanya di jalan?

Pengujian di jalan membuktikan bahwa akselerasi KIA Seltos mencapai 10,2 detik dari 0-100 km/jam. Sementara itu, HR-V Prestige menempel ketat di belakangnya dengan 10,5 detik. Alias, selisih hanya 0,3 detik saja.

Selain itu, konsumsi BBM KIA Seltos juga relatif lebih irit dari HR-V meski tidak terpaut terlalu jauh. Namun, dengan kapasitas tangki yang lebih besar, Seltos jelas mampu menempuh jarak yang lebih jauh dalam sekali pengisian.

Perbandingan

Honda HRV

KIA Seltos

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10,5

10,2

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

13,3

13,6

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

17,4

17,8

Kapasitas tangki (liter)

40 (Prestige = 50)

55

Dimensi Honda HR-V vs KIA Seltos

Perbedaan performa yang tidak terlalu jauh antara HRV dan Seltos ini bisa disebabkan oleh dimensi dan bobotnya.

Dengan dimensi yang lebih kecil, Honda HRV memiliki bobot hanya 1.226 kilogram, 135 kg lebih ringan dari KIA Seltos.

Selain itu, jarak wheelbase keduanya sama. Ini memungkinkan ruang kabin untuk memiliki panjang yang tak berbeda, walaupun secara tinggi dan lebar mungkin lebih nyaman di Seltos.

Meski begitu, ground clearance keduanya tidak jauh berbeda, sehingga sama-sama nyaman untuk Anda pacu di berbagai kondisi jalan.

Perbandingan

Honda HRV

KIA Seltos

Panjang (mm)

4.294

4.315

Lebar (mm)

1.772

1.800

Tinggi (mm)

1.580

1.645

Ground Clearance (mm)

185

183

Jarak Poros Roda (mm)

2.610

2.610

Bobot (kg)

1.226

1.361

Bagasi (liter)

404

433

Desain Eksterior

Sekilas dari segi desain eksterior, HRV tampak cenderung ke model hatchback. Adapun Seltos lebih cenderung ke low SUV dengan desain rear roof yang lebih tinggi.

Walau begitu, desain bagian depan sama-sama terlihat maskulin dengan tampilan bumper dan grill yang besar.

Hanya saja, HRV tampak lebih metro dengan logo besar di bagian depan, sedangkan Seltos jelas lebih macho dengan moncong yang lebih tinggi.

Sementara itu, di sisi samping, kedua compact SUV ini menampilkan desain bold dengan lekukan aerodinamis yang memberikan kesan sporty dan eye catching.

Adapun di bagian belakang, Seltos tampak lebih memiliki effort dengan menyematkan sepasang dual exhaust pipe semu. Ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri dibanding desain belakang HRV yang standar.

Desain Interior

Kesan sporty dan mewah sama-sama terpancar saat memasuki kabin HRV maupun Seltos.

Material leather menjadi andalan keduanya yang memberikan kesan maupun kenyamanan kelas atas. Begitu juga dashboard kedua mobil, sama-sama tampak futuristik dengan 8” Touchscreen Display dan fitur yang canggih.

Sentuhan berbeda diberikan oleh KIA Seltos dengan steering wheel model D-cut, yang memberikan ruang agak lega bagi driver.

Selain itu, bukaan atap panoramic sunroof juga menjadi keunggulan dari Seltos, dimana Honda hanya menyematkannya pada varian HRV Prestige saja.

Keunggulan lain, walaupun memiliki wheelbase yang sama, ruang bagasi Seltos sedikit lebih besar dengan 433 liter vs 404 liter di HRV. Ini berkaitan dengan dimensi KIA Seltos yang lebih tinggi di bagian buritan.

Meski begitu, KIA Seltos vs Honda HR-V telah mengadopsi fitur penambah luas dengan ultra seat pada HRV dan 60:40 folding rear seat pada Seltos. Ini membuat Anda memiliki banyak opsi saat membawa barang yang memiliki ukuran ekstra.

Fitur Kenyamanan

Baik Honda HRV maupun KIA Seltos sama-sama all out dalam memanjakan driver maupun penumpangnya. Berbagai macam fitur untuk kenyamanan dapat membuat Anda bingung memutuskan memilih yang mana.

Sebagai pembuka, Honda HRV telah memasang teknologi Smart Entry System yang memungkinkan Anda membuka pintu tanpa menekan tombol remote. Ini sangat praktis, khususnya bagi Anda yang sedang membawa banyak barang.

Selain itu, Honda juga sangat memperhatikan detil-detil kecil seperti LED turning signal di spion, armrest, height adjuster, pocket, cup holder, hingga kaca kecil di balik sunshade mobil.

Di sisi lain, Seltos juga menyematkan detil serupa. Bahkan, smartphone charger di KIA Seltos telah mengadopsi teknologi wireless, membuatnya lebih praktis.

Fitur Keamanan

Untuk kelas compact SUV, baik KIA Seltos maupun Honda HRV jelas sangat mumpuni dari segi keamanan.

Keduanya sama-sama menggunakan build yang kuat dengan rangka GCON+ACE pada HRV dan AHSS (Advance High Strength Steel) pada Seltos.

Fitur keamanan standar seperti ABS+EBD dan Hill Assist tak perlu ditanyakan lagi, sudah pasti tersedia.

Bahkan, fitur keamanan advance seperti Cruise Control juga ada di keduanya. Begitu juga 6 SRS airbag yang dulunya hanya ada di KIA Seltos, sekarang juga sudah terpasang di New Honda HRV.

Harga Honda HR-V 2021 vs KIA Seltos 2021

Dari uraian sebelumnya, Anda mungkin lebih tertarik dengan KIA Seltos, entah karena spesifikasi, performa, maupun fitur yang sedikit di atas Honda HRV.

Terlebih lagi, harga KIA Seltos juga relatif lebih murah, mulai dari Rp 295 juta-an. Sementara itu, banderol harga Honda HR-V mencapai Rp 300 juta-an, bahkan Rp 400 juta-an untuk varian HR-V Prestige.

Meski begitu, dukungan layanan purna jual yang kuat dari jaringan Honda yang tersebar luas jelas menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, biaya perawatan Seltos per 100.000 km juga sedikit lebih mahal dari HR-V.

Jika Anda ingin mendapatkan promo harga spesial untuk keduanya, Anda bisa membelinya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Apapun pilihan Anda antara Honda HR-V vs KIA Seltos, dapatkan DP murah mulai dari 15% dan bunga ringan dari 2,3%, serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Honda dan kredit mobil KIA lainnya yang disajikan MOAS.

Call center