NEWS

Honda WR-V, Pencuri Perhatian di Kelas Compact SUV

Honda WR-V, Pencuri Perhatian di Kelas Compact SUV Honda WR-V, Pencuri Perhatian di Kelas Compact SUV

Mengusung slogan β€œWheels to Win”, Honda WR-V tampil dominan dengan sederet keunggulan yang membuatnya layak jadi pemenang.

Mesin terbesar di kelasnya, eksterior yang maskulin, hingga fitur safety terlengkap jadi modal mobil dari Honda ini untuk merajai kelas compact SUV.

Seperti apa kelebihannya dari segi spesifikasi, desain, dan fitur? Simak review Honda WR-V Indonesia berikut.

Spesifikasi

Bersaing di kelas SUV kompak, Honda WR-V tampil unggul dengan mesin 1.5, sementara pesaingnya kebanyakan menggunakan mesin 1.0 atau 1.2L.

Spesifikasi Honda WR-V menggunakan tipe mesin DOHC yang terkenal irit, dengan 4 silinder inline, 16 katup, i-VTEC.

Semua tipe menggunakan CVT, tanpa pilihan transmisi manual. Selain itu, throttle-nya juga sudah pakai Drive by Wire yang membuat mesin lebih responsif terhadap injakan pedal gas.

Dengan spesifikasi tersebut, Honda WR-V matic mampu memuntahkan daya maksimum hingga 121 PS dan torsi maksimum 145 Nm.

Spesifikasi

WR-V

Tipe Mesin

DOHC, 4 silinder inline, 16 katup, i-VTEC Engine

Isi Silinder (cc)

1.498

Daya Maksimum (PS/rpm)

121/6.600

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

145/4.300

Transmisi

8 Speed AT

Performa

Di atas kertas, performa WR-V jelas sulit dikalahkan oleh kompetitor yang bermesin 1.0L atau 1.2L, bahkan yang sudah TURBO sekalipun.

Mengingat WR-V 1.5L berbahan bakar bensin baru World Premiere di Indonesia November ini, belum ada data resmi pengujian akselerasi dan top speed-nya.

Namun,  jika membandingkan data dari Honda HR-V yang menggunakan mesin sama dan akselerasinya 11,4 detik (0-100 km/jam), kemungkinan tidak beda jauh.

Terlebih dimensi dan bobot relatif lebih kecil. Akselerasi honda WR-V tentu lebih baik dan konsumsi BBM-nya lebih irit dari HR-V.

Performa

WR-V

Akselerasi 0-100 km/jam

kurang dari 11 detik

Konsumsi BBM dalam kota

12-14 km/liter

Konsumsi BBM luar kota

16-18 km/liter

Kapasitas tangki

40 liter

Eksterior

Eksterior WR-V terbaru ini terlihat maskulin dan sporty dengan elemen kombinasi mobil khas Honda lainnya.

Fasad depan Honda WR-V 2022 sekilas mengingatkan pada muka depan Honda Brio. Desainnya terbelah dua oleh garis horizontal yang lebar dengan grill dan lubang angin hexagonal.

Lampu depan sudah LED dari headlamp, DRL, hingga fog lamp. Desain headlamp-nya pun atraktif dengan potongan sequential turning light berbentuk C-cut.

Lekuk kap depan memberikan kesan desain BRV, begitu juga penampakan dari sisi belakang. Akan tetapi, sisi samping terasa seperti HR-V berkat handle pintu belakang yang terintegrasi di pilar akhir.

Semua varian sudah memiliki sensor kamera belakang, tapi spion tipe terendah (E) belum auto foldable. Begitu juga headlight-nya masih halogen serta velg-nya berukuran 16”.

Interior

Interior WR-V terbaru memberikan nuansa BRV. Dari desain dashboard, jok, hingga door trim, seperti BRV versi mini.

Desain interior honda WR-V terasa elegan dan mewah. Terutama pada varian RS yang menggunakan leather premium pada kemudi, jok, hingga knob.

Dasbornya dilengkapi dengan head unit 7” yang memiliki konektivitas smartphone. Khusus varian RS sudah TFT, sedangkan tipe E masih MID.

Kemudinya sudah tilt, tapi belum telescopic. Fitur Audio switch dan handsfree sudah tersemat di sana.

Ruang kabin terhitung lega untuk kelas mobil small SUV. Baik head room maupun leg room terasa lapang dan nyaman. Apalagi ground clearance-nya, juga merupakan paling tinggi di kelasnya.

Dimensi

WR-V

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.060 x 1.780 x 1.608

Ground Clearance (mm)

220

Jarak Poros Roda (mm)

2.485

Semua varian sudah memiliki fitur Engine Start Button, One Push Ignition, Smart Key dan Keyless Entry. Begitu juga power outlet di baris kedua untuk kenyamanan penumpang.

Tentunya fitur varian RS agak lebih spesial dengan 6 speaker audio dan auto AC yang semakin membuat nyaman.

Fitur Keamanan

Safety features WR-V terbilang lengkap. Fitur aktif standar seperti Electronic Brake Control (ABS+EBD+BA), Hill Assist, dan Stability Assist sudah pasti tersedia di semua varian.

Begitu juga dengan fitur pasif seperti emergency stop signal, SRS airbag, isofix, load limiter seat belt, hingga brake override. Bahkan, ada juga alat pemadam api ringan yang cukup unik untuk kelas small SUV.

Khusus fitur advanced seperti Honda LaneWatch dan Honda Sensing baru ada di varian tertinggi saja. Namun, fitur walk away auto lock sudah mulai ada pada varian RS.

Harga

Harga Honda WR-V Indonesia 2022 tergolong miring, mulai dari Rp270 jutaan untuk varian terendah (E). Adapun varian dengan Honda Sensing di kisaran Rp310 jutaan.

Untuk sebuah compact SUV dengan mesin besar, performa mantap, eksterior sporty, dan interior mewah, tentu sangat sepadan. Apalagi jika Anda memesan lewat MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan cicilan ringan mulai dari Rp4,9 juta-an saja. Tunggu apa lagi? Nikmati sensasi berkendara small SUV Honda WR-V yang world premiere di Indonesia ini.

< Kembali