NEWS

Hyundai Palisade vs Kia Carnival: SUV Murni vs Minibus Mewah

Hyundai Palisade vs Kia Carnival: SUV Murni vs Minibus Mewah Hyundai Palisade vs Kia Carnival: SUV Murni vs Minibus Mewah

Membandingkan Hyundai Palisade vs Kia Carnival adalah mengulas tentang pilihan mobil premium. Meski secara fungsi merupakan jenis mobil yang berbeda, keduanya berada pada kisaran harga yang serupa.

Hyundai Palisade adalah sebuah SUV 7 seater, sedangkan KIA Carnival merupakan jenis minivan atau minibus yang mampu memuat hingga 11 orang. Namun, ada juga varian Carnival Premiere yang juga memuat 7 penumpang.

Komparasi berikut akan mengulas tentang perbedaan KIA Carnival vs Hyundai Palisade 2022, dari segi:

  • spesifikasi dan performa,
  • desain eksterior dan interior
  • fitur kenyamanan dan keamanan, serta
  • rekomendasi pembelian.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Berada di golongan mobil premium, baik Hyundai Palisade maupun KIA Carnival sama-sama mengandalkan mesin diesel 2.2L, 4 silinder, 16 katup.

Palisade menggunakan mesin berkubikasi 2.199 cc, sedangkan volume mesin Carnival hanya 2.151 cc. Keduanya sudah mengadopsi teknologi CRDi dalam pengisian bahan bakar sehingga lebih efisien dan irit.

Dengan kubikasi yang serupa, keluaran torsi dan tenaganya pun tak jauh beda. Daya maksimum Grand Carnival sedikit lebih tinggi: 202 vs 200 PS. Begitu juga torsi maksimumnya yang selisih tipis 441 vs 440 Nm.

Spesifikasi

Palisade

New Grand Carnival

Jenis Mesin

R. 2.2 CRDi

Smartstream Engine 2.2L CRDi,

Tipe Mesin

4 Silinder, 16 katup, HLA

DOHC, 16 katup

Isi Silinder

2.199 cc

2.151 cc

Daya Maksimum

200 PS/3.800 rpm

202 PS/3.800 rpm

Torsi Maksimum

440 Nm/1.750-2.750 rpm

441 Nm/1.750-2.750 rpm


Performa

Berdasarkan spesifikasi tersebut, di atas kertas, performa kedua kedua kendaraan ini tidak akan berbeda jauh.

Pada pengujian, SUV Hyundai Palisade dapat mencatatkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 9,2 detik. Adapun minivan KIA Carnival hanya 9,1 detik.

Begitu juga konsumsi BBM-nya, tak beda jauh, terutama untuk perjalanan dalam kota. Sementara Palisade mampu mencatatkan angka 11,2 km/liter, Grand Carnival sedikit lebih baik dengan  12,4 km/liter.

Walau begitu, minivan buatan KIA tersebut mesti mengakui keunggulan SUV besutan Hyundai ini pada jalur luar kota. Pasalnya, Palisade dapat mencatatkan angka konsumsi BBM hingga 25 km/liter, sementara Grand Carnival maksimal hanya 19 km/liter.

Performa

Palisade

Grand Carnival

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

9,2

9,1

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

11,2

12,4

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

25,5

17-19

Kapasitas tangki

71

60

Desain Eksterior

Sekilas, Hyundai Palisade vs KIA Grand Carnival 2022 mengusung body yang mirip, yaitu sama-sama bongsor.

Fasad depan Palisade tampak dominan dengan desain grill yang besar beraksen parametric shield yang terlihat futuristik. Di sisi lain, Grand Carnival tampak lincah dengan bentuk grill mirip hidung cheetah, yang menurut KIA “inspired by nature”.

Tentu saja keduanya sudah sama-sama menggunakan LED headlamp dengan DRL yang kecerahannya tak perlu diragukan.

Sebagai minivan, Grand Carnival menggunakan jenis pintu sliding di bagian samping, sedangkan Palisade memakai model biasa. Ini juga bisa jadi pertimbangan karena tak semua orang menyukai model pintu geser tersebut.

Di bagian bawah, Palisade menggunakan velg alloy wheel 18” atau 20”, tergantung varian. Adapun Grand Carnival menggunakan alloy wheel 19” atau 20”. Kedua spionnya juga sudah punya power folding dan turning signal.

Yang unik, kedua mobil sama-sama memiliki double sunroof. Fitur tilting dan power sliding juga sudah tersemat pada atap panoramik kedua mobil tersebut.

Secara keseluruhan, eksterior Hyundai Palisade menampilkan kesan elegan dan futuristik, sedangkan KIA Carnival menunjukkan tampilan sporty dan mewah.

Untuk kenyamanan, Grand Carnival sudah dilengkapi dengan fitur remote power sliding pada pintu samping, dan smart power tailgate di pintu belakang. Adapun Hyundai Palisade hanya menyematkan fitur smart power tailgate dengan adjustable opening di pintu belakang.

Desain Interior

Baik KIA Carnival maupun Hyundai Palisade memiliki interior yang mewah, canggih, dan nyaman.

Memiliki dimensi yang tidak beda jauh, kabin kedua mobil bongsor ini terasa luas dan lapang, terutama jika Anda memilih yang KIA Carnival 7 seater. Karena jika membandingkannya dengan yang 11 seater, tentu terasa jauh.

Dimensi

Palisade

Grand Carnival

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.980 x 1.975 x 1.750

5.155 x 1.995 x 1.750

Ground Clearance (mm)

203

195

Jarak Poros Roda (mm)

2.900

2.780

Sama-sama menggunakan model dual tone, Palisade tampak lebih mewah dengan aksen kayu. Sementara itu, KIA Carnival 2022 cenderung lebih casual dengan pilihan warna yang kalem.

Bagian dasbor sama-sama menggunakan head unit 12,3” yang mampu terkoneksi dengan smartphone. Begitu juga TFT Cluster, baik Palisade maupun Grand Carnival sama-sama memiliki varian yang memakai ukuran 4,2” atau 12,3”.

Kemudi kedua mobil sudah tilt steering dengan audio paddle shift, tapi hanya Palisade yang sudah menggunakan model telescopic. Begitu juga dengan fitur pengemudi, Palisade memiliki drive mode dan multi terrain mode, sedangkan  Grand Carnival hanya drive mode saja.

Untuk jok, keduanya sudah berlapis leather premium serta mengusung desain dengan heat & ventilated. Jadi, bisa dipastikan nyaman sepanjang perjalanan.

Fitur mobil premium lain seperti Keyless Entry, Start Stop System, Remote Start Engine, hingga wireless charging juga sama-sama tersedia.

Fitur Keamanan

Untuk safety feature, KIA Grand Carnival vs Hyundai Palisade bisa dibilang setara dengan fitur keamanan lengkap dari yang standar hingga advanced.

Sebut saja electronic braking control seperti ABS+EBD+BA, Hill Assist, Stability Control, hingga camera dan parking sensor.

Kedua mobil juga sama-sama sudah menyematkan fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System), termasuk Lane Assist, Collision Avoidance Assist, hingga Cruise Control. Khusus ini hanya ada di varian tertinggi masing-masing mobil.

Walau demikian, KIA Carnival memiliki sedikit lebih banyak airbag yang berjumlah 7, sedangkan Palisade hanya 6. Namun, ini sebenarnya sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas penumpangnya.

Harga

Harga KIA Carnival 2022 berkisar di Rp800 jutaan, tidak beda jauh dengan harga Hyundai Palisade 2022 yang mulai dari Rp795 jutaan. Dari harga segitu, tentu paling baik adalah memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda butuh mobil premium yang nyaman bagi penumpang dan sedikit cita rasa SUV, maka Grand New Carnival adalah pilihan tepat.

Sebaliknya, jika Anda fokus pada performa dan tetap nyaman, tentu Palisade yang memiliki darah murni SUV lebih baik.

Manapun antara Hyundai Palisade vs KIA Carnival yang Anda pilih, pastikan untuk memesannya lewat MUF Online Auto Show (MOAS). Terdapat promo menarik yang bisa Anda manfaatkan. Langsung saja chat WA 0821-1182-4010 untuk info lebih jauh dengan respon cepat.

Dapatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Hyundai dan kredit mobil KIA yang disajikan MOAS.

< Kembali