NEWS

Ingin Pengajuan Cicilan Mobil Disetujui? Begini Caranya

Ingin Pengajuan Cicilan Mobil Disetujui? Begini Caranya Ingin Pengajuan Cicilan Mobil Disetujui? Begini Caranya

Apa saja yang mempengaruhi persetujuan pengajuan cicilan mobil yang harus diketahui untuk mendapatkan kendaraan roda empat impian? Dalam melakukan pembelian mobil secara kredit, tentu ada beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk pengajuan kredit kendaraan yang lebih lancar. Syarat yang lengkap tentunya mampu mempermudah proses pengajuan kredit.

Untuk berbagai syaratnya, Anda bisa langsung simak ulasan yang berikut ini. Meski demikian, Anda juga harus tahu jika syarat bisa berbeda tergantung kebijakan dealer atau pihak yang memberikan kredit.

1. Mobil yang Dipilih Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mengajukan kredit sesuai kemampuan memungkinkan Anda untuk membayar cicilan dengan lancar dan menghindari berbagai pengalaman yang tidak menyenangkan nantinya.

Pembayaran kredit yang lancar juga akan mempermudah pihak kreditur atau lembaga pembiayaan lainnya karena terhindar dari kredit yang macet. Selain mempertimbangkan biaya cicilan, penting juga untuk mengetahui bagaimana sistem pembiayaan mobil di perusahaan pembiayaan yang Anda pilih. Cari informasi lebih mendalam dan sejelas-jelasnya sebelum mulai mengajukan kredit mobil.

Lakukan konsultasi dengan pihak kreditur lalu cari tahu keuntungan dan juga risiko yang bisa saja Anda hadapi ke depannya. Hindari terburu-buru mengambil keputusan dan pikirkan dulu secara matang. Jika perlu, Anda juga bisa meminta pertimbangan dari pasangan ataupun keluarga.

2. Memiliki Rekening yang Sehat

Rekening sehat adalah rekening yang memiliki pemasukan juga pengeluaran yang seimbang. Pemasukan yang sehat bisa dibuktikan dengan adanya pemasukan yang terus ada, serta tidak menunjukkan adanya kegiatan yang mencurigakan. Rekening sendiri menjadi salah satu dasar untuk mengetahui apakah calon penerima kredit layak untuk disetujui pengajuannya atau tidak.

Jika pemasukan tidak lancar, maka pihak pemberi kredit juga akan berpikir dua kali untuk menyetujui permintaan cicilan mobil Anda.

3. Membayar DP

Apa itu DP? Adalah Down payment atau uang muka yang besarannya bervariasi. Jika memiliki uang lebih, maka tidak ada salahnya untuk mengambil pilihan uang muka yang besar. Karena semakin besar uang muka yang dibayar, maka semakin ringan juga angsuran yang harus dibayarkan nantinya.

Untuk menentukan besaran uang muka dan cicilan yang sesuai, Anda bisa lakukan survei terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Anda juga bisa mencoba untuk meminta diskon supaya uang muka yang dibayarkan menjadi lebih ringan.

Sebaiknya, Anda mempersiapkan uang muka berdasarkan persentase dari harga mobil yang akan dibeli. Sebagai contoh, Anda bisa mempersiapkan uang muka mulai dari 20 sampai dengan 30 persen dari harga mobil. Jika mobil yang dibeli harganya 200 juta, maka uang yang harus disiapkan adalah sebesar 40 sampai dengan 60 juta.

Jika uang muka sudah dilunasi, maka mobil juga sudah bisa dibawa pulang atau dengan diantarkan ke alamat yang diinginkan. Meski demikian, Anda harus ingat jika transaksi kredit belum usai setelah mobil sampai di rumah. Karena tentunya Anda masih harus membayar biaya cicilan mobil setiap bulannya.

Belum lagi, Anda juga harus mempersiapkan biaya administrasi dan biaya lainnya. Untuk besaran administrasi dan biaya yang lain, Anda bisa langsung tanyakan kepada pihak kreditur yang akan Anda ajukan kredit nantinya.

4. Berkas Administrasi Harus Lengkap

Agar kredit bisa dilakukan secara lancar, Anda juga harus menyiapkan beberapa berkas administratif seperti halnya kartu identitas atau KTP, rekening tabungan tiga bulan terakhir, kartu keluarga, slip gaji, NPWP, dan lain sebagainya.

Meski demikian, berkas administratif yang diperlukan bisa berbeda tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan pembiayaan. Pastikan jika dokumen yang Anda cantumkan merupakan berkas yang terbaru.

5. Usia Minimal 21 Tahun

Penting untuk mengetahui usia minimal yang diperbolehkan dalam mengajukan kredit cicilan mobil. Adapun usia minimal yang diperbolehkan adalah 21 tahun dan jika usia Anda lebih dari 60 tahun, maka Anda juga tidak boleh mengajukan kredit. Lantas bagaimana supaya kredit bisa disetujui jika Anda tidak termasuk dalam usia persyaratan?

Jika memang usia belum mencukupi, maka tidak ada salahnya menggantinya dengan orang tua sebagai pihak pemohon. Sedangkan jika usia Anda lebih dari 60 tahun, maka bisa menggantinya dengan anak yang usianya sudah di atas 21 tahun.

6. Memiliki Tempat Tinggal yang Jelas

Dengan tempat tinggal yang jelas, hal ini juga akan memudahkan bagi kreditur untuk mendapatkan persetujuan pengajuan kredit mobil. Tempat tinggal tidak harus rumah sendiri, melainkan bisa juga jenis rumah sewa. Namun, tempat sewa tersebut sudah di sewa dalam kurun waktu selama lebih dari 3 bulan.

7. Melakukan Pengajuan Kredit

Jika berkas dan uang muka sudah ada, maka tidak ada salahnya Anda melakukan pengajuan kredit. Lamanya pengajuan kredit Anda disetujui, tentunya bisa berbeda-beda. Ada yang disetujui dalam hitungan jam, hari, bahkan ada juga yang dalam hitungan minggu.

Biasanya, kecepatan persetujuan pengajuan ditentukan oleh beberapa hal seperti halnya kelengkapan dokumen hingga profil keuangan Anda. Jika memang Anda memiliki profil keuangan yang baik yang menunjukkan kemampuan Anda dalam membayar cicilan mobil nantinya, maka pengajuan bisa saja segera disetujui. Alhasil, Anda juga segera bisa melanjutkan proses pengajuan kredit ke tahap selanjutnya.

8. Menentukan Masa Kredit yang Diambil

Untuk menentukan masa kredit, Anda bisa tentukan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Perkirakan dulu apakah Anda bisa melunasi kredit dalam waktu yang singkat atau justru dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk masalah yang satu ini sebaiknya dipertimbangkan secara matang dan bicarakan dengan pasangan atau keluarga.

Jika mengambil tempo cicilan yang singkat, maka jumlah cicilan yang harus dibayar per bulan tentunya semakin besar. Namun jika Anda mengambil tempo cicilan yang ringan, maka Anda harus melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang lebih panjang. Karena cicilan mobil bisa memberikan pengaruh pada keuangan, maka diperlukan pertimbangan secara matang.

Jika syarat cicilan mobil di atas sudah dilengkapi dengan baik dan tidak ada yang kurang, hal ini juga akan mempermudah Anda untuk segera mendapatkan mobil impian.

Sebagai calon kreditur pastikan jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai transaksi kredit yang dipilih. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa mendapatkan skema cicilan yang akan dibayarkan per bulan nantinya. Dalam melakukan konsultasi, diharapkan adanya transparansi antara kedua belah pihak supaya tidak ada yang dirugikan nantinya.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan pembiayaan cicilan mobil yang terpercaya, bisa langsung mengunjungi MOAS (MUF Online Autoshow) dari Mandiri Utama Finance. Tersedia beragam pilihan kendaraan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Dari memilih hingga pengajuan, semuanya bisa Anda lakukan secara Online tanpa harus meninggalkan rumah. Mudah dan praktis bukan?

< Kembali