NEWS

Komparasi Toyota All New Agya vs Daihatsu All New Ayla 2023

Komparasi Toyota All New Agya vs Daihatsu All New Ayla 2023 Komparasi Toyota All New Agya vs Daihatsu All New Ayla 2023

Toyota All New Agya vs Daihatsu All New Ayla tampaknya tak lagi perlu berebut segmen market.

Sementara Daihatsu All New Ayla 2023 tetap konsisten membidik pasar first buyer, Toyota All New Agya 2023 mulai merambah ke segmen non-LCGC dengan varian GR Sport.

Namun, varian New Agya GR Sport 2023 cukup jauh untuk masuk perbandingan ini. Review kali ini akan mengulas All New Agya vs All New Ayla dengan kisaran harga di bawah Rp200 juta.

Simak ulasannya.

Mesin

Membidik pasar first buyer di kelas city car, Daihatsu menyediakan alternatif mesin 1.0L dan 1.2L untuk All New Ayla. Sementara itu, All New Agya hadir dengan 1.2L saja.

Mesin 1.0L Daihatsu berkode KR-VE DOHC dan sudah menggunakan teknologi VVT-i. Hasilnya, terdapat peningkatan torsi maksimal hingga 3 PS dari generasi sebelumnya.

Untuk mesin 1.2L Daihatsu sama dengan yang terpasang pada All New Agya. Kodenya WA-VE dan sudah menggunakan Dual VVT-i. Peningkatan torsinya mencapai 3-5 PS dari generasi sebelumnya.

Kedua mobil memiliki varian dengan transmisi manual maupun CVT. Bahkan, Daihatsu Ayla 1.0L pun sudah ada yang menggunakan transmisi D-CVT.

Spesifikasi

Ayla 1.0L

Ayla & Agya 1.2L

Jenis Mesin

KR-VE

WA-VE

Tipe Mesin

DOHC, 3 silinder inline, VVT-i

DOHC, 3 silinder inline, VVT-i

Isi Silinder (cc)

998

1.198

Daya Maksimum (PS)

67/6.000

88/6.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

89/4.400

113/4.500

Performa

Menggunakan mesin yang sama, tidak ada perbedaan performa berarti antara Daihatsu Ayla vs Toyota Agya varian 1.2L.

Sebagai LCGC, kedua mobil termasuk yang paling irit di Indonesia. Baik All New Agya maupun Ayla, konsumsi BBM-nya sama-sama tembus di atas 20 km/liter.

Selain itu, peningkatan torsi hasil migrasi ke mesin 3 silinder juga membawa dampak yang memuaskan. Torsinya jadi terasa instan hingga tembus 6,7 detik untuk 0-80 km/jam.

Performa

All New Ayla 1.0

All New Ayla 1.2

All New Agya 1.2

Konsumsi BBM (km/liter)

20

20,7

21-21,7

Kapasitas tangki (liter)

36

36

33

Sensasi maksimal kian terasa saat menggunakan transmisi Dual Mode Continuously Variable Transmission. Perpindahan yang smooth dengan tarikan yang tetap bertenaga di putaran atas menghasilkan efisiensi energi yang optimal.

Eksterior

Desain Toyota All New Agya vs Ayla 2023 memiliki keunikan masing-masing.

Generasi sebelumnya memiliki dimensi dan desain eksterior mirip, tapi generasi terbaru All New Ayla vs All New Agya 2023 ini punya konsep berbeda.

Fasad depan Toyota Agya 2023 terlihat lebih agresif dan sporty dengan bentuk trapezoid yang besar. Semua tipe sudah menggunakan LED headlamp & illumination lamp.

Sementara itu, Daihatsu Ayla 2023 tampil lebih kasual dengan moncong kombinasi zigzag. Tetap terlihat sporty tapi tak nampak terlalu agresif.

Pada Ayla, LED headlamp mulai terpasang di seri 1.2R ke atas. Selain itu, terdapat varian ADS di masing-masing seri (1.0L & 1.2L) dengan tambahan aksesoris dari Astra. Contohnya: grille garnish, front body kit & bumper blackout, dan DRL.

Fitur smart entry system mulai tersedia pada Agya tipe G, sedangkan di Ayla juga mulai dari varian 1.2R. Selain itu, kedua mobil juga menggunakan velg metal alloy 14”, kecuali Agya GR Sport yang menggunakan ukuran lebih besar (15”).

Sisanya, tampilan eksterior keduanya terlihat mirip. Pintu belakang juga sudah dilengkapi dengan sistem elektronik untuk kemudahan dalam membukanya.

Akan tetapi, dimensi kedua city car tersebut ternyata berbeda.

Daihatsu All New Ayla 2023 memiliki dimensi yang lebih panjang dan tinggi. Sepertinya untuk mengadopsi konsep mobil untuk keluarga kecil seperti mottonya, “Sahabat Baru Keluarga”.

Di sisi lain, Toyota All New Agya 2023 memiliki dimensi yang lebih ceper. Ini sesuai dengan konsep sporty yang diusung dengan motto, “Move with No Boundaries”.

Dimensi

All New Agya 2023

All New Ayla 2023

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.760 x 1.665 x 1.505

4.110 x 1.655 x 1.600

Ground Clearance (mm)

150

160

Jarak Poros Roda (mm)

2.525

2.525

Interior

Interior yang nyaman menjadi andalan Daihatsu All New Ayla 2023, sedangkan Toyota All New Agya 2023 fokus memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan.

Desain dasbor kedua city car ini sekilas tak jauh beda, terutama di varian 1.2L. Head unit display 7” dan MID dengan aksen merah, digital AC, Start Stop Button, dan Tilt Steering sama-sama tersedia di kedua mobil.

Namun, Agya memberikan pengalaman berkendara lebih dengan steering switch dan dynamic paddle shift. Selain itu, semua tipe juga sudah memiliki adjustable headrest. Berbeda dari Ayla yang baru ada versi adjustable di varian 1.2L.

Khusus untuk GR-Sport, head unit berukuran 8”, terkoneksi dengan mirror link dan tampilan kamera belakang.

Untuk kamera belakang ini juga sudah tersedia di Ayla, tapi baru ada pada varian ADS saja.

Di sisi lain, Ayla memberikan keunggulan dari segi kapasitas kabin dan bagasi yang mencapai 265 liter. Meski demikian, Agya juga sebenarnya memiliki penambahan bagasi hingga sepanjang 610 mm dari generasi sebelumnya.

Dengan ciri khas tersebut, semakin tampak bahwa Daihatsu All New Ayla 2023 ditujukan sebagai alternatif mobil pertama keluarga. Adapun Toyota All New Agya 2023  membidik segmen yang lebih dinamis dan menyukai gaya hidup.

Fitur dan Keamanan

Baik Daihatsu All New Ayla 2023 maupun Toyota All New Agya 2023 sama-sama menghadirkan fitur yang memberikan rasa aman dan nyaman.

Kedua mobil sama-sama sudah menyematkan teknologi Electronic Brake Control berupa ABS+EBD+BA, serta Hill Assists. Selain itu, fitur Stability Control juga sudah tersedia di kedua mobil.

Fitur smart keyless dan rear camera & parking sensor baru tersedia di tipe-tipe tertentu saja. Pada Ayla mulai dari varian 1.2R, sedangkan pada Agya mulai dari varian 1.2L G-Type.

Untuk fitur keamanan pasif, kedua mobil sama-sama sudah menyediakan Dual SRS airbag. Akan tetapi, fitur isofix dan speed sensor lock hanya tersedia pada Toyota All New Agya saja.

Harga

Harga Daihatsu All New Ayla 2023 dibanderol termurah mulai dari Rp134 juta-an hingga termahal Rp189 jutaan. Jadi, tergolong sangat terjangkau dan cocok untuk mobil pertama Anda.

Adapun harga Toyota All New Agya 2023 mulai dari Rp167 juta-an. Semua variannya  masih di bawah Rp200 juta, kecuali GR-Sport yang mulai dari kisaran Rp237 jutaan.

Mau mendapatkan harga dan penawaran terbaik? Dapatkan promo All New Ayla 2023 dan promo All New Agya 2023 di MUF Online Autoshow. Cicilan mulai dari Rp2 juta-an. Segera tentukan pilihan Anda antara Toyota All New Agya vs Daihatsu All New Ayla. Setelah itu, hubungi MOAS (MUF Online Autoshow) untuk mendapatkan mobil idaman Anda.

< Kembali