NEWS

Mazda 2 Hatchback vs Mazda 3 Hatchback, Supremasi Desain KODO

Mazda 2 Hatchback vs Mazda 3 Hatchback, Supremasi Desain KODO Mazda 2 Hatchback vs Mazda 3 Hatchback, Supremasi Desain KODO

Membandingkan Mazda 2 Hatchback vs Mazda 3 Hatchback jelas tidak setara. Selain harganya terpaut cukup jauh, spesifikasi mesin dan fiturnya juga punya perbedaan yang lumayan.

Walau demikian, komparasi ini cukup penting bagi Anda yang tertarik merasakan keunggulan desain KODO dari Mazda, tapi masih bimbang mau pilih yang mana.

Review komparasi Mazda 2 vs Mazda 3 Hatchback berikut akan membandingkan kedua mobil dari segi:

  • Spesifikasi dan performa,
  • Desain eksterior dan interior
  • Fitur kenyamanan dan keamanan, serta
  • Rekomendasi pembelian.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Dari sisi mesin, spesifikasi Mazda 2 Hatchback dan Mazda 3 menggunakan jenis mesin SKYACTIV, tapi dengan kubikasi mesin yang berbeda.

Sementara mesin Mazda 2 berukuran 1.496 cc, mesin Mazda 3 berukuran lebih besar dengan kubikasi 1.998 cc. Hasilnya, baik torsi maupun daya maksimal Mazda 3 setingkat di atas.

Daya maksimum Mazda 2 berada di kisaran 111 PS, sedangkan torsi maksimumnya di 144 Nm. Adapun Mazda 3 cukup unggul dengan 155 PS untuk daya maksimum dan 200 Nm untuk torsinya.

Spesifikasi

Mazda 2

Mazda 3

Jenis Mesin

SKYACTIV-G 1.5L

SKYACTIV-G 2.0L

Tipe Mesin

In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve

In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve

Isi Silinder (cc)

1.496

1.998

Daya Maksimum (PS/rpm)

111/6.000

155/6.000

Torsi Maksimum (Kgm/rpm)

144/4.000

200/4.000

Performa

Di atas kertas, tampak bahwa Mazda 3 akan memberikan performa yang jauh lebih baik dari adiknya ini. Ini karena dari ukuran mesin, daya, maupun torsinya punya beda cukup jauh.

Pada pengujian, ternyata performa kedua mobil ini tak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Pada akselerasi 0-100 km/jam, kedua mobil hanya memiliki selisih 0,1 detik saja.

Tak hanya itu, konsumsi BBM kedua mobil pun hanya beda tipis, baik untuk jalur dalam kota maupun luar kota.

Selisih yang tipis ini mungkin berasal dari perbedaan bobot kedua mobil yang berbeda cukup besar, mencapai 3 kuintal lebih. Meski demikian, keduanya tergolong irit dan kencang untuk kelas mobil hatchback.

Performa

Mazda 2

Mazda 3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10

9,9

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

13,8

12,3

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

18,5

19,8

Kapasitas tangki (liter)

44

51

Selain itu, Mazda juga sudah menyematkan teknologi G-Vector Control sejak dari Mazda 2 ke atas. Ini membuat Anda dapat merasakan sensasi handling yang lebih mencengkeram saat berbelok maupun melakukan deselerasi secara tiba-tiba.

Desain Eksterior

“Sejak 2012, KODO Soul of Motion menjadi inspirasi filosofis untuk desain mobil Mazda.”

Filosofi desain KODO masih sangat terasa pada mobil-mobil Mazda generasi terbaru ini. Terlebih pada Mazda 3, eksteriornya mengingatkan pada mobil sport yang mewah.

Hal ini berkat desain grill, dan headlamp LED Mazda 3 yang cenderung melebar sehingga seolah ceper. Sedikit berbeda dengan milik Mazda 2 yang memberikan kesan tinggi.

Fitur headlamp kedua mobil sudah auto levelling yang menyesuaikan arah pancaran dengan kecepatan kendaraan dan input kemudi. Begitu juga fitur smart keyless entry sudah terpasang di keduanya.

Dimensi Mazda 3 Hatchback lebih lebar dan panjang daripada Mazda 2 yang membuatnya tampak sporty. Akan tetapi, Mazda 2 sedikit lebih tinggi yang membuatnya terlihat seperti hatchback sejati.

Dimensi

Mazda 2

Mazda 3

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.065 x 1.695 x 1.495

4.460 x 1.765 x 1.435

Ground Clearance (mm)

152

140

Jarak Poros Roda (mm)

2.570

2.725

Curb weight (kg)

1.099

1.400

Berbeda dengan Mazda 3 yang menggunakan velg 18”, Mazda 2 menggunakan ukuran yang lebih kecil, yaitu hanya 16”. Ini menguatkan kesan sporty dari hatchback generasi terbaru tersebut.

Sementara itu, double exhaust pipe pada Mazda 3 menjadi pembeda utama di bagian belakang, bersama dengan desain rear combination lamp yang bulat. Begitu juga bagian atas Mazda 2 yang sudah dilengkapi dengan electric sunroof.

Meski demikian, kedua mobil tetap memancarkan keanggunan dari desain KODO yang minimalis dengan lekuk yang mengalir tanpa putus. Selain unggul dalam aerodinamika, desain ini juga memberikan kesan mendalam bagi yang melihatnya.

Desain Interior

“Seamless dan minimalis menjadi kesan pertama yang muncul saat memasuki bagian interior Mazda 2 Hatchback dan Mazda 3 Hatchback.”

Dasbor keduanya terlihat elegan dengan desain minimalis khas KODO. Walau begitu, interior Mazda 3 tampak lebih mewah dengan sentuhan red leather yang memberikan nuansa dual tone.

Head unit Mazda 3 menggunakan layar TFT 8,8” yang memiliki bentuk unik, berbeda dengan layar TFT 7” Mazda 2 yang konvensional. Meski demikian, keduanya dapat terintegrasi dengan smartphone untuk sistem audio dan entertainment yang menyenangkan.

Fitur-fitur pengemudi pada kedua mobil tak jauh beda. Mulai dari paddle shift, switch control, start-stop engine, electric brake, hingga tombol untuk cruise control.

Keduanya juga sudah memiliki fitur wireless charging dan active driving display yang tampak futuristik.

Secara keseluruhan, interior kedua mobil terasa elegan dan nyaman. Sementara Mazda 3 punya kelebihan di sisi legroom, Mazda 2 juga unggul di sisi headroom.

Fitur Keamanan

Meski fitur interior kedua mobil tidak terlalu banyak perbedaan, fitur keselamatan Mazda 3 memiliki keunggulan yang cukup terlihat.

Kedua mobil sudah menyematkan teknologi aktif standar seperti electric brake control, stability & traction control, hill assist dan parking sensor. Untuk teknologi pasir standar, Mazda 3 unggul dengan mengadopsi 6 SRS airbag vs dual airbag pada Mazda 2.

Adapun untuk fitur canggih i-ActivSense, Mazda 2 Hatchback hanya mengadopsi teknologi Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert.

Adapun Mazda 3 Hatchback punya fitur tambahan seperti Lane Departure & Keeping Assist, Mazda Radar Cruise Control, serta Obstruction Warning & Brake Support.

Meski demikian, fungsi fitur tersebut hanyalah sebagai pendukung saja. Faktor keamanan dan keselamatan paling utama tetap keandalan pengemudinya.

Harga

Pada akhirnya, perbedaan yang paling menentukan antara Mazda 2 vs Mazda 3 2022 hatchback adalah dari segi harga.

Harga Mazda 2 Hatchback berkisar di angka Rp300 jutaan, sedangkan harga Mazda 3 Hatchback mulai dari Rp500 jutaan.

Yang menarik, Mazda memberikan Anda kesempatan untuk membangun mobil impian Anda sendiri dengan mempersonalisasinya memakai aksesoris tambahan.

Jika Anda ingin merasakan keunggulan sempurna dari teknologi Mazda dan desain KODO yang elegan, Mazda 3 Hatchback jadi rekomendasi yang tepat.

Akan tetapi, jika harganya masih belum sesuai, maka Mazda 2 Hatchback tak akan membuat Anda kecewa.

Ingin coba test drive dan membandingkan sendiri sensasi Mazda 2 Hatchback vs Mazda 3 Hatchback? Hubungi saja MUF Online Auto Show (MOAS) di hotline WA 0821-1182-4010.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Mazda lainnya yang disajikan MOAS.

< Kembali