NEWS

Mengulik Perbedaan Toyota Alphard vs Toyota Vellfire

Mengulik Perbedaan Toyota Alphard vs Toyota Vellfire Mengulik Perbedaan Toyota Alphard vs Toyota Vellfire

Orang-orang kerap membandingkan Toyota Alphard vs Toyota Vellfire. MPV premium dari Toyota ini memang sama-sama menyasar market kalangan atas. Tapi secara konsep dan beberapa detail pada spesifikasinya, terdapat sejumlah perbedaan.

Sebenarnya, Toyota Vellfire pada awalnya masih jadi bagian dari seri Alphard. Vellfire merupakan tipe tertinggi dari Alphard pada waktu itu.

Tapi pada akhirnya Toyota Vellfire dilepaskan dari keluarga Alphard dan berdiri sendiri sebagai satu produk. Produk ini kemudian menyasar segmen yang lebih muda.

Beberapa orang menganggap aneh langkah Toyota yang menghadirkan dua produk serupa di segmen yang sama. Pada kenyataannya, kedua MPV ini sama-sama menduduki puncak penjualan untuk kelas MPV premium.

Berarti pihak Toyota memiliki pertimbangan bisnis yang jauh lebih presisi.

Berikut ini adalah beberapa poin perbedaan Alphard dan Vellfire.

1. Konsep Desain Exterior

Secara penampakan, kedua mobil ini sebenarnya sangatlah berbeda. Meski hanya sekilas melihatnya, Anda pasti sudah bisa menandai perbedaannya.

Kedua mobil ini sebenarnya tidak seperti produk kembar lain, misalnya Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia atau Toyota Agya dibanding Daihatsu Ayla.

Vellfire memiliki aerokit yang cukup unik. Penampakan di bagian depan tampak seperti robot dengan banyak sudut.

Ciri khas utamanya adalah rumah lampu utama dan lampu sein yang terpisah atas bawah, sehingga membentuk seperti robot dengan dua mata.

Desain aerokit milik Alphard relatif konvensional, meski kesan classy nya cukup kental. Grille depannya cukup besar dan tampak memenuhi bagian muka.

Emblemnya yang dibuat khusus, menunjukan bahwa produk ini sangat eksklusif.

Alphard dan Vellfire menyasar market yang serupa tapi segmen spesifiknya berbeda.

Vellfire cenderung menyasar segmen anak muda mapan. Desain exterior nya lebih futuristik, menekankan coolness, dengan tampilan yang cukup agresif.

Di samping itu, Alphard cenderung menyasar kalangan yang sudah cukup matang. Desainnya lebih elegan, classy, eksklusif dan tampak formal.

Meski eksteriornya berbeda, basis sasis dari kedua mobil ini sama. Hanya ada sedikit perbedaan pada dimensinya.

Alphard dimensinya 10 mm lebih panjang. Sedangkan selebihnya sama saja. Spesifikasinya yaitu:

  • Lebar - 1.850 mm,
  • Tinggi - 1.895 mm,
  • Jarak sumbu roda - 3.000 mm,
  • Ground clearance - 160 mm.
  • Panjang Alphard - 4.945 mm & panjang Vellfire - 4.935 mm.
2. Fitur

Dimensi kedua mobil ini sama-sama cukup besar. Hal tersebut membuat area kabin jadi lebih lega. Hal ini jadi salah satu hal yang membuat kenyamanan dari kedua mobil ini jadi optimal.

Para pebisnis atau pejabat yang memiliki mobilitas tinggi menyukai hal tersebut. Selain kenyamanan dalam berkendara, mobil ini juga nyaman untuk bekerja ketika perjalanan.

Fitur-fitur di ruang kabin juga jadi salah satu elemen penunjang kenyamanan.

Toyota Alphard memiliki model yang lebih flagship daripada Vellfire, yaitu tipe Q. Tipe ini memiliki lebih banyak keunggulan, misalnya:

  • Panel kontrol di kursi baris kedua yang bisa mengatur kursi, AC, dan heater.
  • LCD 13,3 inch untuk menunjang entertainment di kursi belakang. LCD ini bisa Anda hubungkan dengan smartphone menggunakan HDMI atau aplikasi mirroring.
  • LCD pada head unit berukuran 10 inch.

Fitur di Vellfire setara dengan Alphard tipe G.

Spesifikasi head unitnya tetap mumpuni. Kontrol panel di setir, pintu, bahkan masih ada heater di seat depan.

Pada tahun 2020 Toyota bahkan mengupgrade fitur-fitur keamanan atau Toyota Safety Sense pada kedua mobil ini.

Beberapa fiturnya seperti:

  • Pre-Collision System (PCS)
  • Dynamic Radar Cruise Control (DRCS)
  • Lane Departure Alert (LDA)
  • Automatic High Beam (AHB)
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS)
  • Intelligent Clearance Sonar (ICS).
3. Interior

Masih membahas dalam kabinnya, Toyota Vellfire interior nya dominan dengan warna gelap. Bagian dashboard, jok, plafon hingga doortrim nya menggunakan warna hitam. Ornamen kayunya bahkan berwarna gelap.

Tak mengherankan jika Toyota menetapkan nuansa gelap pada Vellfire. Pasalnya, warna dengan nuansa gelap memang identik dengan anak muda.

Toyota Alphard interior nya sedikit lebih variatif. Aksen kayu di Alphard dibiarkan tetap natural warnanya. 

Selain itu, Anda juga memiliki keleluasaan untuk memilih. Interior di Alphard terdapat opsi dengan nuansa gelap atau warna beige.

4. Mesin

Untuk mesin, sebenarnya Toyota Vellfire menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Alphard tipe G dan X.

Mesin yang digunakan berkode 2AR-FE. Mesinnya menggunakan 4 silinder DOHC dengan kapasitas 2.500 cc dan menerapkan teknologi VVT-i.

Tenaga dari mesin tersebut bisa mencapai 180 PS pada putaran 6.000 rpm. Untuk torsinya bisa mencapai 234 Nm pada putaran 4.100 rpm.

Alphard sendiri memiliki 4 varian. Untuk Toyota Alphard Hybrid dan tipe 3.5 Q, Toyota menerapkan jenis mesin yang berbeda.

Pada Toyota Hybrid atau tipe HV, Toyota menggunakan mesin berkode 2AR-FXE. Mesinnya mengkombinasikan mesin bensin dan motor listrik.

Spesifikasi mesin bensinnya yaitu 4 silinder DOHC VVT-i berkapasitas 2.494 cc. Tenaganya mencapai 149 Hp dan torsi maksimal 205 Nm.

Dengan Hybrid Synergy Drive, mobil akan berjalan dengan motor listrik pada putaran rendah dan beralih ke motor bensin pada putaran tinggi.

Untuk tipe 3.5 Q, mesinnya berkode 2GR-FE. Memiliki 6 silinder DOHC dengan VVT-i dan kapasitas mesinnya 3.456 cc.

Tenaganya tentu lebih powerful, bisa mencapai 275/6,200 Ps/Rpm dan torsinya 34.7 / 4,700 Kgm/Rpm.

5. Harga

Kira-kira lebih mahal Alphard atau Vellfire? Secara sekilas seharusnya Anda sudah bisa memprediksinya. Toyota sudah menetapkan Toyota Alphard sebagai varian yang lebih tinggi, jadi harganya tentu lebih mahal.

Toyota New Alphard sendiri memiliki 4 tipe yaitu: 2.5 G, 2.5 X, 2.5 HV, dan 3.5 Q. Maka dari itu, harganya tentu lebih variatif.

Untuk tipe 2.5 HV atau Toyota Alphard Hybrid harganya sekitar Rp. 1.949.000.000,-

Harga tipe X yaitu Rp 1.064.550.000,-. Untuk tipe G harganya, Rp. 1.218.950.000,-. Sedangkan tipe Q harganya Rp. 1.975.450,-.

Di atas merupakan daftar harga Toyota Alphard harga OTR Jadetabek.

Toyota New Vellfire hanya memiliki satu tipe yaitu 2.5 G. Harga Toyota Vellfire untuk OTR Jadetabek kira-kira Rp. 1.216.950.000,-.

Referensi harga berasal dari situs resmi Toyota. Harga tersebut tidak fixed karena belum tentu sama untuk daerah yang berbeda dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Itu dia sedikit ulasan tentang perbedaan Toyota Alphard vs Toyota Vellfire. Semoga artikel ini bisa jadi referensi yang membantu Anda memutuskan pembelian. Setelah mengetahui perbedaannya, kira-kira Anda ingin pilih Alphard atau Vellfire?

Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil di MUF Online Autoshow (MOAS) yang dipersembahkan oleh Mandiri Utama Finance.

< Kembali