NEWS

Mitsubishi Xpander Cross: Kelebihan, Spesifikasi dan Harga

Mitsubishi Xpander Cross: Kelebihan, Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Xpander Cross: Kelebihan, Spesifikasi dan Harga

Sejak diluncurkannya pertama kali, Mitsubishi Xpander Cross langsung mengalahkan varian terbaik dari Xpander, yaitu Xpander Ultimate.

Versi cross over dari Xpander ini memang tidak hanya memiliki kelebihan soal fitur seperti antar varian Xpander lain, tapi juga dari segi dimensi dan desain.

Apa saja kelebihan Xpander Cross dan apa yang membedakannya dengan varian Xpander lainnya? Simak ulasannya sampai akhir.

Mesin dan Performa

Sebelum mulai membahas kelebihan dan perbedaan Xpander Cross dengan varian Xpander biasa, Anda perlu memahami bahwa Xpander Cross dibangun dari basis Xpander Ultimate.

Xpander Ultimate merupakan varian tertinggi dari lini Mitsubishi Xpander. Jadi Anda dapat menganggap Xpander Cross sebagai Mitsubishi Xpander yang telah mengalami liftover.

Sekarang, masuk ke reviewnya.

Semua varian Xpander memakai mesin 4A91 dengan volume ruang pembakaran 14999 cc (1,5 L). Mesinnya pun sudah dilengkapi dengan desain noken as ganda (DOHC) dan teknologi MIVEC dari Mitsubishi untuk mengatur katupnya.

Khusus Mitsubishi Xpander Sport, mesin telah dilengkapi dengan cover bawaan sehingga Anda tak perlu beli dari luar. Teknologi insulation pada kabinnya juga lebih diperkuat sehingga kebisingan dapat ditekan mencapai 80%.

Untuk performa saat dibawa perjalanan, Xpander Cross memiliki tingkat kestabilan yang lebih tinggi.

Hal ini karena pihak Mitsubishi melakukan pengaturan ulang pada posisi caster angle, pegas, dan damper sehingga lebih efektif dalam meredam disturbance dan benturan.

Eksterior Xpander Cross

Bagian eksterior Mitsubishi Xpander Cross memiliki perubahan paling besar dibanding bagian lainnya dari jenis Xpander biasa.

Fasad depan tampak makin garang dan gagah dengan grill yang lebih terbuka dan kisi yang lebih lebar. Scheme pad di bagian bawah juga mengesankan kekuatan dan kekokohan ala Jeep dari Amerika.

Lampu depan Xpander Cross telah menggunakan LED. Ini tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan Xpander Sport atau Ultimate sekalipun yang masih menggunakan halogen.

Agar makin garang, bilah krom yang mengelilinginya juga didesain lebih tebal dan berkarakter,memberikan aura yang lebih kuat daripada desain lancip sebelumnya.

Ground clearance yang lebih tinggi (225 mm) menjadikan Xpander Cross layak digunakan di medan yang menantang. Begitu juga dengan penggunaan velg bintang 5 yang berukuran lebih besar (17 inch).

Sementara itu, molding di sisinya memanjang sampai ke bagian belakang dengan ukuran yang cukup besar untuk makin menunjukkan karakternya.

Perbedaan utama Xpander Cross di sisi eksterior juga dapat dilihat dari adanya rail roof di bagian atas. Ini membuat Xpander Cross sangat cocok digunakan melakukan perjalanan jauh dengan membawa banyak barang dan penumpang.

Bagian antenanya pun didesain elegan menggunakan bentuk sirip hiu (shark fin antenna); sangat jauh berbeda dengan desain antena standar mobil biasa.

Kegagahan varian Xpander satu ini juga nampak dari dimensi Xpander Cross yang tinggi dan lebarnya bertambah 50 mm dan panjangnya bertambah 25 mm.

Ini menjadikan ukuran mobil Xpander Cross bertambah menjadi P = 4500 mm, L = 1800 mm, dan T = 1750 mm.

Interior Xpander Cross

Jika perbedaan Xpander Ultimate dan Sport di bagian interior paling besar ada di warna (Ultimate beige cerah & Sport hitam elegan); maka Xpander Cross pun serupa.

Perbedaan utama Xpander Cross dan Xpander biasa di bagian interior yaitu pada warnanya yang menggunakan paduan hitam dan coklat gelap.

Tampilan dashboard relatif sama, kecuali ada tambahan tombol untuk fitur Start/Stop Engine.

Khusus jok mobil Xpander Cross, jika Anda ingin kemewahan yang lebih lengkap, Anda dapat membeli versi premiumnya yang sudah berbalut kulit sintetis.

Fitur dan Keamanan Xpander Cross

Perbedaan tipe Xpander antar variannya, mulai dari GLS, GLX, Exceed, Sport, dan Ultimate terletak pada fiturnya. Dan sebagai versi lift over, Xpander Cross memiliki semua fitur yang ada pada varian tertinggi Xpander (Ultimate).

Namun, sebagai generasi keluaran terbaru, Xpander Cross tentu sudah dilengkapi dengan tambahan fitur, meski tak berbeda jauh.

Tambahan fitur ada pada electronic spion folding yang membuat penyesuaian sudut kaca spion menjadi langsung dapat dilakukan tanpa beranjak dari belakang kemudi.

Selain itu, fitur keamanan ABS, HA, Dual Airbag, juga kamera dan ventilasi AC belakang, semuanya tetap dipertahankan dari versi Xpander Ultimate.

Harga Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross hadir dalam 3 varian dengan spesifikasi dan fitur yang tak jauh berbeda.

Ketiga varian Xpander Cross dapat dicirikan dengan 2 kata: transmisi dan kemewahan.

Berikut harga ketiga versi Xpander Cross.

Varian

Harga

Xpander Cross Manual Transmission 5x

Mulai dari Rp. 272,7 juta

Xpander Cross Automatic Transmission 4x

Mulai dari Rp. 282 ,7 juta

Xpander Cross Premium Edition (AT 4x)

Mulai dari Rp. 292,7 juta

Untuk sebuah LMPV dengan utilitas LSUV, Mitsubishi Xpander Cross adalah bentuk penghargaan value over money yang tertinggi.

Namun, biasanya Anda bisa mendapatkan penawaran menarik promo potongan harga atau cicilan kredit mobil Mitsubishi yang diadakan secara berkala di MOAS (MUF Online Autoshow). Selain itu, Anda juga bisa mengakses simulasi kredit motor yang memudahkan Anda untuk menghitung pembiayaannya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

< Kembali