NEWS

New Mazda CX-3 2024: Makin Mewah dan Fungsional

New Mazda CX-3 2024: Makin Mewah dan Fungsional New Mazda CX-3 2024: Makin Mewah dan Fungsional

Mazda CX-3 akhirnya mendapatkan pembaruan di tahun 2024 ini. Meski SUV 5-seater dari Mazda ini hanya mendapatkan upgrade minor di desain dan fitur, tapi tetap menarik bagi peminat SUV.

Apa saja pembaruan pada New Mazda CX-3 2024 ini? Ada berapa varian dan apa beda antar varian tersebut?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi

Spesifikasi Mazda CX-3 2024 masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya CX-3 2022.

Masih mengandalkan mesin Skyactiv Engine, SUV New CX-3 punya 2 varian mesin: yaitu 1.5L (Sport) dan 2.0L (Pro). Karena spesifikasinya tidak berubah, otomatis performa mesin juga tidak berbeda.

Varian 1.5 L tetap bertenaga dengan mampu mengeluarkan torsi dan tenaga maksimal 144 Nm dan 111 PS. Sedangkan untuk varian 2.0 L lebih terlihat garang dengan torsi 195 Nm dan daya maksimal 149 PS.

Spesifikasi

CX-3 1.5L (Sport)

CX-3 2.0L (Pro)

Tipe Mesin

SKYACTIV 1.5L, 4 silinder, 16 katup, DOHC

SKYACTIV 2.0L, 4 silinder, 16 katup, DOHC

Isi Silinder (cc)

1.496

1.998

Daya Maksimum (PS/rpm)

111/6.000

149/6.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

144/4.000

195/2.800

Mesin tersebut mendapat dukungan transmisi SkyActiv Drive. Ini merupakan teknologi Mazda yang membuat pengemudi merasakan kehalusan transmisi otomatis dengan sensasi transmisi manual.

Bagaimana dengan performanya?

Performa

New Mazda CX-3 memberikan performa yang memuaskan di kelas harga dan tipe mobil SUV ringkas.

Meski tidak menggunakan tenaga turbo, performa Mazda CX-3 terbilang sangat memuaskan.

Akselerasi CX-3 0-100 tembus di bawah 12 detik untuk varian 1.5L dan di bawah 10 detik untuk varian 2.0L. Catatan ini bahkan lebih baik dari Honda HR-V SE yang naturally aspirated dan mencatatkan 12,7 detik untuk akselerasi yang sama.

Selanjutnya, top speed Mazda CX-3 juga sangat memuaskan dengan kemungkinan mencapai antara 190-200 km/jam, tergantung jalan. Artinya, dari sisi performa, SUV ringkas ini tak ada keluhan meski tidak memiliki pembaruan dari sisi mesin.

Yang tak kalah menariknya, konsumsi BBM Mazda CX-3 juga sangat irit, berkat teknologi SkyActiv, bisa 4-7% lebih hemat dari generasi mesin sebelumnya, apalagi dengan adanya sistem stop idling.

Performa

CX-3 1.5L (Sport)

CX-3 2.0L (Pro)

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

11,9

9,7

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

12,2

13

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

17,3

22

Kapasitas tangki (liter)

48

48

Untuk handling, fitur G-Vectoring Control dari Mazda benar-benar bekerja membuat pengendalian lebih mudah dan nyaman. Alokasi torsi dan beban yang dinamis dari roda depan ke belakang selama manuver terasa alami dan mengalir lancar.

Eksterior

Eksterior Mazda CX-3 2024 jadi lebih terasa mewah dari generasi sebelumnya.

Yang langsung terlihat, eksterior CX-3 2024 menggunakan laminasi glossy yang mengkilap, berbeda dengan generasi 2022 yang masih doff. Ini langsung membuat SUV ringkas tersebut jadi terlihat lebih mewah.

Kemudian, generasi 2024 juga sudah memiliki headlamp dan wiper auto. Lalu, bagian velg mendapatkan model baru: palang berpiling, yang menambah kesan sporty. Di atasnya, terdapat sunroof yang tidak ada pada generasi 2022.

Khusus varian Pro (mesin 2.0L), mobil terlihat setingkat lebih mewah dengan sentuhan two-tone warna hitam pada bagian atas, spion, dan bawah.

Sentuhan black chrome pada grill dan cladding juga memberi kesan sama. Begitu juga dengan signature wing yang seamless khas desain KODO, bersambung dari bawah headlamp sampai belakang.

Pilihan warna Mazda CX-3 2024 terdapat 7 pilihan untuk varian Sport, dan 4 pilihan untuk varian Pro, termasuk aero grey metallic yang terkenal itu.

Interior

Interior Mazda CX-3 2024 mendapatkan peningkatan kemewahan dari generasi sebelumnya.

Secara desain, interior CX-3 tetap mempertahankan konsep KODO dan human-centric seperti pada generasi sebelumnya. Tapi, pada beberapa sisi interior mendapatkan peningkatan tampilan.

Bagian dashboard dan door trim tetap menggunakan bahan soft material yang nyaman dan enak dilihat. Tapi, untuk generasi 2024, sudah berlapis leather untuk varian Sport dengan aksen stitching oranye.

Selain itu, kisi AC juga terlihat lebih mencolok dengan sentuhan warna tembaga dan hitam elegan pada varian Pro. Sedangkan pada varian Sport berwarna merah dan silver.

Selanjutnya, seat juga menggunakan bahan leather + suede. Tapi untuk varian Pro mendapatkan sentuhan Nappa leather dan tambahan aksen pola panah yang sporty.

Head unit masih sama dengan generasi sebelumnya, begitu juga dengan active driving display (HUD) yang full color. Tapi, generasi terbaru mendapatkan tambahan mirror auto dimming pada kedua varian.

Fitur Keselamatan

Mazda CX-3 2024 mendapatkan peningkatan pada fitur i-ActivSense, jadi lebih fungsional dan memudahkan pengemudi.

Fitur i-ActivSense pada generasi 2024 ini mendapatkan penyempurnaan. Pertama pada fitur cruise control yang mengalami upgrade jadi MRCC (Mazda Radar Cruise Control). MRCC kini menggunakan gelombang radar milimeter guna tingkatkan akurasi dan sensitivitas.

Selain itu, i-ActivSense pada CX-3 2024 juga bertambah fitur. Awalnya hanya BSMS (blind spot) dan RCTA (rear cross traffic alert), sekarang tambah Lane Departure Warning System, Driver Attention Alert, dan System Brake Support.

SBS juga berfungsi saat mundur (Reverse), jadi relatif lebih aman dari menabrak saat mundur, karena panik atau tak sengaja.

Untuk fitur warisan dari CX-3 generasi sebelumnya, bisa Anda lihat di ulasan kami: Mazda CX-3, SUV Elegan dengan Fitur Unggulan.

Harga

Harga New Mazda CX-3 2024 mulai dari Rp399 juta-an untuk varian Sport, dan Rp495 jutaan untuk varian Pro. Tidak berbeda jauh dan masih di rentang yang sama dengan generasi 2022.

Perbedaan

New CX-3 1.5L (Sport)

New CX-3 2.0L (Pro)

Eksterior

Glossy

New velg

Sunroof

Black cladding

Glossy

New velg

Sunroof

Two tone

Grill, wing, & cladding black chrome

Interior

Seat Leather

Dasbor suede

Kisi AC merah + perak

Seat Nappa leather + suede

Dasbor suede + dot pattern

Kisi AC Tembaga + hitam

Fitur

MRCC

MRCC

Dengan upgrade tampilan dan penyempurnaan fitur, nilai ini masih terasa sangat worth it.

Tertarik mendapatkan SUV kompak ini? Dapatkan segera lewat MUF Online Auto Show (MOAS). Dengan skema pembiayaan Mazda CX-3, Anda bisa punya SUV elegan ini mulai dari Rp7 jutaan per bulan.

Rasakan sensasi kemewahan dan kenyamanan New Mazda CX-3 yang tak akan Anda dapatkan dari SUV lainnya.

< Kembali