NEWS

Review KIA Seltos : Compact SUV Super Komplit dan Terjangkau

Review KIA Seltos : Compact SUV Super Komplit dan Terjangkau Review KIA Seltos : Compact SUV Super Komplit dan Terjangkau

Kehadiran KIA Seltos di bursa otomotif tanah air membuat para kompetitornya yang sudah mapan, seperti Honda HR-V dan Suzuki SX4 S-Cross perlu waspada.

Pasalnya, fitur dan keunggulan KIA Seltos 2021 termasuk lengkap di kelasnya. Beberapa pecinta otomotif bahkan mensejajarkannya dengan mobil-mobil Eropa.

Seperti apa spesifikasi, fitur, dan kelebihan compact SUV Garapan KIA ini?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Kia Seltos

Keunggulan Seltos pertama berasal dari spesifikasi mesinnya yang mantap. Berkompetisi di tengah pasar compact SUV yang ketat, mobil ini telah dipersenjatai dengan Mesin Kappa Turbo 1.353 cc, dual CVVT.

Ini merupakan terobosan yang berani, mengingat di kisaran harga serupa, para kompetitor lain belum melengkapi mobil mereka dengan mesin Turbo.

Dengan terobosan ini, baik daya maupun torsi maksimum dari Seltos adalah yang paling unggul di kelasnya, mencapai 140 PS dan 242 Nm berturut-turut.

Spesifikasi

KIA Seltos

Seri Mesin

Kappa Turbo

Tipe Mesin

4 silinder, 16 katup, dual CVVT

Isi Silinder

1.353 cc

Daya Maksimum

140 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

242 Nm / 1.500-3.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Direct Injection

Performa

Spesifikasi mesin KIA Seltos yang mantap tersebut berhasil mendorong performa SUV kompak ini menjadi sangat memuaskan.

Akselerasinya dari 0 hingga 100 km/jam berada di kisaran 10 detik. Tergolong cepat untuk kelas compact SUV.

Selain itu, konsumsi BBM-nya juga termasuk irit, meski tidak berbeda terlalu jauh dengan para kompetitornya. Angka 13,6 km/liter untuk dalam kota dan 17,8 km/liter untuk luar kota termasuk sangat memuaskan bagi penikmat SUV.

Performa

KIA Seltos

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

10,2

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

13,6

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

17,8

Kapasitas tangki (liter)

55

Dimensi Kia Seltos

Dimensi KIA Seltos dengan PxLxT = 4.315 x 1.800 x 1.645 mm membuatnya tergolong cukup besar daripada rival-rivalnya.

Tak perlu dibandingkan dengan Honda HRV yang cenderung ke hatchback, dengan Suzuki SX4 S-Cross pun dimensinya masih lebih besar Seltos.

Dengan ground clearance yang tinggi, bagasi yang luas dan kapasitas tangki yang besar, Seltos sangat nyaman dan mumpuni untuk perjalanan penuh tantangan.

Dimensi

KIA Seltos

Panjang (mm)

4.315

Lebar (mm)

1.800

Tinggi (mm)

1.645

Ground Clearance (mm)

190

Jarak Poros Roda (mm)

2.610

Bobot (kg)

1.361

Bagasi (liter)

433

Desain Eksterior

Di bagian eksterior depan, Seltos tampak lebih macho dengan front grille dan bumper yang lebar. Moncong kapnya yang tinggi juga memberikan kesan tangguh khas SUV.

Di samping dan belakang, elemen yang tegas memperkuat kesan “bold design that catch every eye” yang diusung oleh Seltos. Mulai dari LED lamps, strip samping, hingga dual exhaustion pipe semu yang ada di bagian belakang, semuanya menonjolkan karakter yang kuat.

Desain Interior

Sementara eksteriornya lebih berkarakter, interior KIA Seltos terasa sangat elegan dan nyaman.

Bagian dashboard terlihat futuristik dan canggih dengan panel-panel yang berukuran besar sehingga nyaman bagi pengemudi. Head unit 8 inch, 3” OLED LCD Cluster hingga auto remote control steering sangat memudahkan pengemudi dalam mengoptimalkan fungsi Seltos.

Meski begitu, ruang untuk kaki maupun kepala tetap lapang dengan wheelbase yang tergolong panjang di kelasnya serta model steering dengan potongan D-cut.

Tak hanya untuk pengemudi, bagi penumpang, perjalanan jarak jauh pun terasa nyaman dengan sentuhan material leather berkualitas premium.

Untuk kebutuhan lanjutan, jok di baris kedua dapat dilipat (60:40 folding rear seat) guna memberikan ruang bagasi yang lebih besar sesuai kebutuhan.

Fitur Keamanan

Sebagai compact SUV premium, Seltos tentu sudah dibekali dengan segudang fitur keamanan yang mumpuni.

Rangkanya sudah menggunakan baja berkekuatan tinggi (Advanced High Strength Steel) dan desain sasis yang diperkokoh. Selain itu, blind spot monitor dan parking sensor juga membantu mencegah terjadinya benturan yang tak disengaja.

Sebagai tambahan, fitur drive traction dan electronic stability control juga menjaga mobil agar tetap terkendali di berbagai kondisi. Untuk pelengkap, 6 SRS airbag menjamin keamanan penumpang dan pengemudi tetap terlindungi.

Semua fitur dan fasilitas tersebut membuat KIA Seltos termasuk dalam jajaran compact SUV terbaik di kelasnya. Artinya, masalah harga vs value, jelas tak perlu dipertanyakan lagi.

Harga KIA Seltos 2021

Tertarik untuk beli KIA Seltos?

Jangan khawatir, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 295 juta-an untuk membawa pulang SUV ini ke garasi rumah Anda.

Dengan semua kelebihan dari segi spesifikasi, performa, desain, dan fitur, jelas harga ini terasa jauh lebih murah dari benefit yang Anda dapatkan.

Jika Anda ingin mendapatkan promo harga spesial untuk compact SUV ini, Anda bisa membelinya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan DP murah mulai dari 15% dan bunga ringan dari 2,3%, serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil KIA yang disajikan MOAS.

Hubungi segera customer service kami untuk menjadwalkan test drive dan menjajal keandalan KIA Seltos di dealer terdekat di kota Anda.

< Kembali