NEWS

Suzuki Burgman Street 125EX: Matic Mewah, Performa Lincah

Suzuki Burgman Street 125EX: Matic Mewah, Performa Lincah Suzuki Burgman Street 125EX: Matic Mewah, Performa Lincah

Suzuki Burgman Street 125EX akhirnya hadir di Indonesia untuk berkompetisi dengan Vario dan Lexi. Simak ulasan berikut untuk mengetahui keunggulannya.

Mengusung slogan “The Elegant Performer”, Suzuki Burgman Street 125EX adalah skuter yang bergaya mewah dan memiliki performa lincah.

Diimpor secara utuh dari India, motor ini memiliki desain yang jauh lebih keren dari kebanyakan skuter matik Suzuki lainnya.

Seperti apa keistimewaan motor street performer ini? Simak review Suzuki Burgman Street 125EX berikut dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi Suzuki Burgman Street 125EX cocok untuk penggunaan di wilayah perkotaan.

Mesinnya bertipe SOHC, 4 silinder, dan berpendingin udara. Kapasitas mesin 124cc memiliki karakter overstroke dengan perbandingan bore x stroke = 52,5 mm X 57,4 mm.

Karakteristik ini membuat Burgman Street 125EX memiliki performa yang lebih baik di putaran bawah-menengah. Keluaran maksimum tenaga sebesar 8,48 hp dan torsi 10 Nm. Persis sama dengan mesin Avenis 125, matik Suzuki lainnya.

Spesifikasi

Burgman Street 125EX

Tipe Mesin

4 stroke, SOHC, air cooled

Kapasitas

125 cc

Diameter x langkah

52,5 x 57,4 mm

Daya Maksimum

8,7 PS/7.500 rpm

Torsi Maksimum

10 Nm/5.500 rpm

Mesin ini sudah mengadopsi teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) generasi alpha yang setingkat lebih irit dari generasi sebelumnya.

Selain itu, Suzuki juga sudah memasang Silent Starter System yang membuat suara saat Anda menyalakan mesin jadi nyaris tak terdengar.

Performa

Burgman Street 125EX menunjukkan performa yang lincah dan responsif saat stop n go, tapi kecepatan maksimumnya terbatas.

Turun di kelas 125 cc, performa Burgman Street 125EX memang tidak bisa dibilang buas. Tapi, tetap lincah untuk ukuran matik berbodi bongsor.

Akselerasi Suzuki Burgman Street 125EX dari 0-60 km/jam cukup memuaskan dengan mencatatkan 9,5 detik.

Namun, masuk ke putaran atas, tenaganya cukup kedodoran khas motor overstroke. Makanya akselerasi 0-100 km/jam pun butuh 25 detik.

Performa

Burgman Street 125EX

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

9,3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

25

Top speed (km)

100

Konsumsi BBM (km/liter)

52-58

Kapasitas tangki (liter)

7

Ya, betul. Kecepatan maksimumnya hanya 100 km/jam. Mau throttle diputar terus pun sulit naik, karena karakter mesinnya seperti itu. Angka ini bahkan masih di bawah Suzuki Avenis 125 yang menggunakan mesin sama.

Akan tetapi, hal ini terjadi karena memang bobot motor cukup besar, mencapai 111 kg. Sebagai gantinya, Burgman Street 125EX menjadi petarung yang lincah dan stabil saat membalap di tikungan.

Selain itu, meski beratnya cukup besar, konsumsi BBM Suzuki Burgman Street tergolong irit. Catatan pencapaian hingga 52-58 km/liter, sesuai gaya berkendara dan kondisi jalan.

Desain

Burgman Street 125EX mengkombinasikan gaya elegan dan sporty sehingga terkesan canggih dan mewah.

Bodi matik ini cukup bongsor, mirip seperti skuter Eropa dengan p x l x t = 1.875 mm, 700 mm, dan 1.140 mm. Windshield tinggi dan posisi stang sangat nyaman untuk bermanuver.

Lampu depan maupun belakang sudah LED. Bagian depan menggunakan desain lensa terpisah yang membuatnya tampak berkelas dan mewah.

Panel instrumen sudah digital, juga membuatnya tambah elegan dan canggih. Sementara itu, bodi motor terlihat mewah dengan garis yang dinamis dari depan ke belakang.

Di belakang leher, terdapat 2 kompartemen kecil dengan outlet USB 2.0. Jadi tak perlu kebingungan kalau HP kehabisan baterai di perjalanan.

Yang paling menonjol, yaitu ukuran bagasi yang super lebar, hingga 21,5 lite. Anda pun bisa memasukkan berbagai barang dan tak perlu takut kehilangan.

Fitur

Fitur Suzuki Burgman Street 125EX terdiri dari berbagai macam: fitur utama, mesin, sasis, utilitas, dan elektrik.

Semua fitur di atas seperti SEP-alpha, bagasi yang besar, lantai kaki yang luas, hingga kompartemen dengan USB 2.0, termasuk dalam fitur utama alias unggulan.

Untuk mesin, selain SEP-alpha, juga ada idle stop system bernama Engine Auto Stop Start. Kemudian, ada Silent Starter System yang menyalakan mesin dengan senyap tanpa suara.

Untuk perjalanan, ada fitur Combined Brake System yang membuat pengereman lebih responsif dan pakem.

Adapun untuk fitur kenyamanan, ada beberapa fitur praktis yang fungsional seperti: kompartemen + USB socket, LED pada area stop kontak, sepasang hook, dan sistem pencegah pencurian dengan memanfaatkan sifat magnetik.

Terakhir, ada fitur elektrik Eco Indicator yang dapat membantu Anda mengatur gaya berkendara agar hemat energi atau sesuai kebutuhan pribadi.

Harga

Harga Suzuki Burgman Street 125EX berada di kisaran Rp24 jutaan. Dari sisi harga, matik ini akan bersaing dengan Yamaha Lexi, Honda Vario 125, atau Viar Vortex 125.

Bedanya, motor ini membidik target spesifik, yaitu masyarakat urban yang menginginkan matic mewah, gaya, berkelas, dan memiliki performa memuaskan.

Tertarik untuk memiliki? Langsung saja ajukan kredit Suzuki Burgman Street 125EX ke MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan harga spesial dan bonus promonya yang terbatas.

< Kembali