NEWS

Suzuki GSX 150 vs Yamaha Vixion, Naked-Sport 150cc Mana yang Terbaik?

Suzuki GSX 150 vs Yamaha Vixion, Naked-Sport 150cc Mana yang Terbaik? Suzuki GSX 150 vs Yamaha Vixion, Naked-Sport 150cc Mana yang Terbaik?

Jika membicarakan kelas naked-sport 150cc, sepertinya akan seru jika membahas membahas Suzuki GSX 150 vs Yamaha Vixion. Secara popularitas, Yamaha Vixion mungkin lebih unggul. Tapi secara performa, Suzuki GSX 150 tidak bisa Anda anggap remeh.

Review kali ini akan membandingkan produk spesifik yaitu Suzuki GSX 150 Bandit vs Yamaha All New Vixion.

Jangan sampai salah persepsi, pasalnya di kelas ini Suzuki dan Yamaha mengeluarkan produk yang mirip-mirip juga yaitu Suzuki GSX-S150 dan Yamaha Vixion R.

Meski namanya mirip, tapi spesifikasi produknya cukup berbeda.

Baiklah, langsung saja kita bahas  Suzuki GSX 150 Bandit vs Yamaha All New Vixion.

Tampilan atau Desain

Dari segi tampilan, bagian muka GSX 150 Bandit mengadopsi desain dari Satria F150.

Untuk Yamaha All New Vixion, desain lampunya tidak terlalu banyak perubahan. Tapi desain striping-nya jadi lebih tegas daripada versi sebelumnya.

Sebenarnya, desain body antara kedua produk ini perbedaanya tidak terlalu signifikan. Hanya desain lampu dan bagian buritannya yang cukup terlihat berbeda.

GSX 150 Bandit masih menggunakan begel besi konvensional. Sedangkan All New Vixion sudah tidak menggunakannya. Assist grip nya berada di bagian bawah, menyatu dengan body yang membuatnya terlihat lebih sporty.

All New Vixion juga sedikit lebih unggul dengan fitur Removable Mud Guard. GSX 150 Bandit tidak memilikinya, padahal GSX S150 memiliki fitur ini.

Tapi itu hanya hal minor. Removable Mud Guard memungkinkan Anda melepas spakbor belakang supaya terlihat lebih keren. Tapi secara fungsional, spakbor yang terpasang utuh akan melindungi Anda dari cipratan air.

Kedua motor ini sama-sama menggunakan jok tandem. Artinya, jok antara pengendara dan penumpang saling terhubung. Berbeda dengan GSX-S150 yang joknya terpisah.

Mengenai tampilan, keduanya masih menekankan nuansa sporty. Mengenai mana yang lebih keren, pada akhirnya kembali ke selera Anda masing-masing.

Untuk pilihan warna Suzuki GSX 150 Bandit, terdapat Titanium Black, Stronger Red/Titanium Black, Brilliant White/Aura Yellow, dan Metallic Matte Titanium Silver.

Sedangkan varian warna Yamaha All New Vixion yaitu Matte Blue, Matte Black, dan Metallic Red.

Dapur Pacu

Saat membandingkan motor, hal utama yang jadi fokus setelah tampilan yaitu performa mesinnya.

Kedua motor ini menggunakan tipe mesin berbeda. GSX 150 Bandit menggunakan DOHC sedangkan All New Vixion menggunakan SOHC.

Berada di kelas yang sama, kapasitas mesin All New Vixion sedikit lebih besar yaitu 149.8 cc. Sedangkan GSX 150 Bandit berukuran 147,3cc.

Keduanya sama-sama menggunakan pendingin berbasis cair dan menggunakan fuel injection.

Perbandingan dayanya yaitu 14.1/10.500 kw/rpm dengan torsi 14.0/9.000 Nm/rpm untuk GSX 150 Bandit sedangkan All New Vixion 12.2/8500 kW/rpm dengan torsi 14.5/7500 Nm/rpm.

Pada uji kecepatan, Suzuki GSX 150 Bandit top speed dengan racelogic nya sekitar 127,6 km/h dengan transmisi 6 percepatan. Sedangkan Yamaha New Vixion top speed racelogic nya hanya sekitar 126,3 km/h dengan 5 percepatan.

Artinya, GSX 150 Bandit lebih bertenaga di putaran atas dan sedikit lambat dalam merespon saat putaran rendah. Berbeda dengan All New Vixion yang cukup tanggap di putaran rendah.

Jadi, mesin All New Vixion lebih nyaman untuk menghadapi kemacetan kota sedangkan GSX 150 Bandit cocok untuk bermain kecepatan di jalanan lenggang.

Jika GSX 150 Bandit unggul dalam power di putaran tinggi, All New Vixion boleh berbangga dengan fitur “assist & slipper clutch”. Anda akan merasakan perpindahan gigi yang lebih smooth dan akan menunjang akselerasi.

Berdasarkan pengujian, konsumsi bbm Suzuki GSX 150 Bandit yaitu 45,79 km/liter. Sedangkan Yamaha New Vixion konsumsi bbm nya sedikit lebih hemat yaitu 41,6 km/liter.

Rangka dan Kaki-kaki

Basis rangka Suzuki GSX 150 Bandit dan All New Vixion ternyata berbeda. Suzuki menyematkan kerangka bertipe Cradle sedangkan Yamaha menggunakan kerangka bertipe Delta Box.

Dengan basis kerangka Cradle dan spesifikasi ketebalan joknya, GSX 150 Bandit cukup percaya diri dengan kenyamanannya. Hal ini bahkan jadi salah satu fitur yang ingin Suzuki tonjolkan.

Di sisi lain, Yamaha mengklaim bahwa All New Vixion akan membuat kendaraan lebih stabil saat bermanuver dengan basis rangka Delta Box nya.

Untuk spesifikasi suspensi, kedua motor ini menggunakan Telescopic Fork untuk bagian depan dan Monocross untuk bagian belakang.

Ban yang digunakan oleh kedua motor ini sama-sama sudah tubeless.

Ukuran ban All New Vixion yaitu: 90/80-17M untuk ban depan dan 120/70-17M untuk ban belakang.

Sedangkan GSX 150 Bandit spesifikasi ban nya yaitu 90/80-17M untuk ban depan, dan 130/70-17M untuk ban belakang.

Jadi ukuran ban belakang GSX 150 Bandit lebih lebar daripada All New Vixion.

Untuk pengeremannya, kedua motor ini sudah menggunakan dual disk brake.

Fitur Unggulan

Kelebihan Yamaha All New Vixion daripada GSX 150 Bandit terlihat juga dari spesifikasi lampunya. Baik lampu depan maupun lampu belakang sudah menggunakan LED. Produk ini bahkan sudah memiliki lampu hazard.

Sayangnya GSX 150 Bandit baru menyematkan LED pada lampu depannya saja dan belum memiliki lampu hazard.

Fitur cukup canggih yang dimiliki oleh keduanya yaitu speedometer nya yang sama-sama sudah full digital.

Untuk fitur-fitur lainnya, sebenarnya tidak terlalu menghebohkan.

Pihak Suzuki cenderung menyoroti fitur shuttered key, easy start dan kenyamanan jok.

Sedangkan Yamaha menyoroti spesifikasi lampu, pass beam dan engine cut off.

Harga

Setelah mengetahui spesifikasi spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit dan Yamaha All New Vixion, saatnya untuk membandingkan harganya. Anda nanti bisa menilai sendiri mana yang lebih worth it harganya.

Mengacu pada situs resminya, harga Suzuki GSX 150 Bandit untuk OTR Jakarta yaitu Rp. 27.300.000,-.

Sedangkan harga Yamaha All New Vixion untuk OTR Jakarta berdasarkan situs resminya yaitu Rp. 27.945.000,-.

Ternyata selisih harganya tidak terlalu jauh. Toh, dari segi spesifikasi juga tidak ada perbedaan signifikan. Masing-masing produk memiliki kelebihannya sendiri.

Tapi jika Anda mempertimbangkan harga purna jual. Harga jual Suzuki GSX 150 Bandit bekas pasti ngedrop. Harga bekas Yamaha All New Vixion tentu saja lebih baik.

Sangat wajar sebenarnya, brand Vixion sudah cukup melegenda. Sejak hadir di tahun 2007, brand Vixion sudah jadi primadona. Hingga sekarang pun, masyarakat Indonesia masih menggemarinya.

Apalagi jika harga purna jualnya Anda bandingkan dengan brand Suzuki GSX Bandit yang relatif asing bagi masyarakat awam di Indonesia.

Itu dia sedikit review perbandingan antara Suzuki GSX 150 vs Yamaha Vixion. Sebenarnya keduanya sama-sama unggul di sektor tertentu, dan harganya juga tidak banyak selisihnya. Anda bisa memilih produk sesuai kebutuhan dan karakter Anda.

Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor di MUF Online Autoshow (MOAS) yang dipersembahkan Mandiri Utama Finance.

< Kembali